thumb yogyakarta - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Ada banyak tempat yang sering dikunjungi di Yogyakarta.

Baca Juga : 15 Destinasi Wisata Indah Namun Jarang Dikunjungi di Indonesia

Hal ini karena tempat wisata di sini lumayan lengkap. Dari mulai wisata alam seperti pantai dan gunung. Wisata sejarah dengan mengunjungi banyaknya candi. Ataupun wisata pendidikan seperti datang ke museum.

Tempat Wisata yang Sering Dikunjungi di Yogyakarta

Yogyakarta memang memiliki banyak pilihan untuk berwisata. Dari mulai wisata dengan tema sejarah. Anda bisa datang ke candi atau museum yang ada di sini. Wisata alam, kota ini memiliki gunung dan juga pantai yang bisa Anda jadikan pilihan tempat wisata. Dan macam – macam tujuan wisata lainnya.

Kota ini juga tempat yang pas untuk Anda sekedar berkeliling dan mencari kuliner khas. Ada banyak pilihan wisata yang bisa dicoba. Beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi di Yogyakarta diantaranya adalah :

1. Candi Borobudur

borobudur temp - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Meskipun letaknya bukan di Yogyakarta, Secara administratif lokasi candi ini masuk ke daerah Magelang, Jawa Tengah. Namun demikian, tempat ini selalu menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin wisata ke Yogyakarta. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali. Candi Borobudur hampir selalu ada di urutan teratas tempat yang akan mereka kunjungi.

Tidak hanya untuk wisatawan lokal, lokasi wisata ini juga sudah terkenal bahkan sampai mancanegara. Candi Borobudur in merupakan candi peninggalan Budha terbesar. Candi ini juga termasuk ke dalam salah satu warisan dunia versi UNESCO. Salah satu daya tarik lain dari candi ini adalah keindahannya pada saat matahari terbit atau terbenam. Itulah mengapa banyak orang yang datang ke sini pada pagi dan malam hari.

2. Candi Prambanan

prambanan temp - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Selain Candi Borobudur, candi lain yang juga merupakan destinasi wisata terkenal di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Saat ini, Anda hanya akan melihat sebagian candi saja. Candi yang bisa dilihat tersebut merupakan candi yang berhasil dipugar kembali. Sisanya merupakan reruntuhan candi yang tidak bisa dibangun kembali dan dikumpulkan di area kompleks candi. Reruntuhan ini sendiri terjadi akibat bencana alam yang menyebabkan beberapa bagian candi menjadi rusak.

Meski demikian, hal ini tidak mengurangi keindahan candi peninggalan Hindu ini. Letak candi ini juga mudah dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Salah satu yang menarik dari tempat yang menjadi warisan dunia versi UNESCO ini adalah pertunjukan Rama Shinta. Pada hari biasa, pertunjukan ini digelar di dalam sebuah ruangan. Namun jika bertepatan dengan bulan purnama maka pertunjukan akan digelar di ruang terbuka dengan Candi Prambanan sebagai latar.

3. Keraton Yogyakarta

keraton jogja - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Dengan statusnya sebagai daerah istimewa, Yogya memang memiliki beberapa keunikan. Satu diantaranya adalah daerah ini dipimpin oleh sultan. Dan tempat tinggal dari sultan yaitu Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi sebagai salah satu wisata iconic dari Yogyakarta.

Tempat ini cocok untuk dijadikan wisata pendidikan untuk mengenal sejarah. Anda akan melihat dan mempelajari tentang sejarah panjang kesultanan Yogyakarta. Untuk berkeliling tempat ini Anda bisa menyewa pemandu ataupun berjalan sendiri.

4. Alun – Alun Selatan

alun alun selatan - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Tidak jauh dari Kraton, Anda juga bisa mengunjungi Alun – Alun Selatan. Tempat ini hampir selalu ramai setiap harinya. Banyak orang yang datang ke sini terutama pada malam hari. Di sini Anda bisa duduk santai atau bisa juga berjalan – jalan.

Salah satu hal yang menarik di sini Anda juga bisa berkeliling kawasan sekitar menggunakan kereta hias. Hal lain yang juga banyak orang lakukan di sini adalah mencoba tantangan berjalan melewati dua pohon beringin yang ada di tengah lapangan dengan mata tertutup. Menurut cerita, jika Anda berhasil melakukannya maka keinginan Anda akan terkabul.

5. Museum Ullen Sentalu

ullen museum - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Untuk Anda yang tertarik dengan wisata sejarah terutama tentang kerajaan Mataram, maka ketika ke Yogya Anda bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Museum ini berisi banyak barang peninggalan Kerajaan Mataram. Bentuk Bangunan museum ini juga sangat unik.

Jika Anda pergi ke sini, satu hal yang harus diperhatikan adalah tempat ini memiliki aturan yang sangat ketat. Anda dilarang untuk mengambil foto atau video dari semua barang yang ada di sini. Hanya di beberapa tempat saja Anda diperkenankan untuk mengambil foto.

Aturan ini sangat bermanfaat karena Anda bisa fokus mendengarkan setiap penjelasan yang diberikan. Tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata sambil mempelajari budaya dan sejarah.

6. Tebing Breksi

tebing breksi - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Salah satu destinasi wisata lainnya yang ada di Yogya adalah Tebing Breksi. Tempat ini awalnya adalah tambang kapur. Bebatuan sisa proses tambang tadi membentuk kawasan yang indah sehingga mengundang banyak orang yang datang ke sini. Ada banyak spot foto menarik di sini. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi pada sore hingga malam hari.

7. Pantai Parangtritis

parangtritis - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Untuk Anda yang suka dengan pantai, maka ketika ke Jogja bisa mengunjungi Pantai Parangtritis. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi di Yogyakarta. Ciri khas dari pantai ini adalah garis pantainya yang cukup panjang. Selain memandangi laut, ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di sini. Anda bisa mengendarai ATV atau menaiki delman di pinggir pantai, Anda bisa bermain dengan pasir, bermain paralayang, dan yang lainnya.

Salah satu waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pada pagi atau sore hari. Pada waktu ini Anda bisa melihat pemandangan sunrise ataupun sunset yang indah.

8. Kawasan Malioboro

malioboro - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Salah satu kawasan yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro ini. Ini juga merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa Anda coba kunjungi. Disini Anda bisa membeli banyak barang khas Jogja. Selain berbelanja, Anda juga bisa mencoba banyak menu kuliner khas Jogja di sini. Ini merupakan tempat yang pas untuk Anda sekedar jalan – jalan.

9. Pasar Beringharjo

beringharjo - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Selain Malioboro, tempat wisata lain di sini yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi untuk berbelanja adalah Pasar Beringharjo. Letaknya tidak jauh dari Malioboro. Anda bisa langsung menuju ke sini jika merasa barang yang Anda cari tidak ditemukan di Malioboro.

Di sini Anda akan banyak menemukan barang yang bisa dijadikan oleh – oleh. Dari mulai batik, barang tradisional, makanan dan minuman tradisional sampai barang antik bisa ditemukan di sini. Tidak ada salahnya setelah dari Malioboro Anda mengunjungi pasar tertua di Yogya ini.

10. Goa Pindul

pindul cave - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Untuk Anda yang mencari kegiatan wisata berbau tantangan maka Anda bisa datang ke Goa Pindul. Yang menarik dari tempat ini adalah Anda bisa melakukan kegiatan cave tubing. Anda akan merasakan sensasi baru dari menyusuri sebuah goa.

Goa ini memiliki panjang lebih dari 300 meter dengan lebar sekitar 5 meter. Setidaknya Anda akan melewati 3 zona ketika menyusuri goa ini. dari mulai zona terang, remang- remang, sampai zona yang gelap. Semua zona ini akan Anda lalui dengan merasakan sensasi cave tubing.

Untuk yang belum pernah melakukan cave tubing, kegiatan merupakan perpaduan antara kegiatan menyusuri gua yang dipadukan dengan body rafting. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas tantangan dengan air.

11. Kawasan Gunung Merapi

kawasan merapi - wisata yang sering dikunjungi di yogyakarta

Untuk Anda yang menyukai gunung, maka Anda bisa pergi ke kawasan Gunung Merapi. Di Sini ada 2 pilihan yang bisa Anda coba. Mendaki seperti biasa atau mengikuti tour dengan menggunakan jeep.

Selain melihat keindahan gunungnya, tour di sini juga akan membawa Anda ke daerah kaliadem. Di sini Anda akan di bawa ke bunker dan juga melihat bekas dari letusan gunung merapi beberapa tahun yang lalu.

Itulah beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi di Yogyakarta. Tempat – tempat tersebut cocok untuk dijadikan destinasi bersama keluarga. Selain tempat – tempat di atas, Yogya juga masih memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Wisata Termurah di Semarang Ini, Keren Banget!

Untuk Anda yang sekedar ingin jalan – jalan juga Yogya memiliki banyak tempat yang menarik. Anda juga bisa mencoba banyak makanan khas Yogya, salah satunya adalah Gudeg. Ada banyak tempat makan yang bisa Anda coba ketika Anda datang ke kota ini. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *