Taman Sari Yogyakarta - Wisata Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta termasuk destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, karena destinasi wisata satu ini memiliki daya tarik yang sangat banyak, sehingga banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Baca Juga : Pesona Bukit Jaddih Bangkalan yang Ada di Bangkalan, Madura

Biasanya, para wisatawan akan mengajak teman atau keluarganya untuk berlibur ke tempat ini. Destinasi wisata ini merupakan tanah bekas kebun istana keraton Yogyakarta, sehingga di dalamnya pun masih ada banyak sejarah yang dapat mengedukasi para pengunjungnya.

Berbagai Macam Daya Tarik yang Dimiliki Taman Sari Yogyakarta

Untuk bisa menikmati keindahan dan daya tarik dari Taman Sari di Yogyakarta ini, Anda perlu membeli tiket masuk yang seharga Rp. 5.000,00 untuk wisatawan dalam negeri, dan Rp. 15.000,00 untuk wisatawan dari luar negeri. Harga ini tergolong sangat murah jika melihat daya tarik yang ada di dalam tempat ini.

Sementara itu, tempat yang tergolong sangat menarik ini juga memiliki daya tarik yang beragam, yang tentunya akan semakin membuat Anda tertarik untuk berlibur ke tempat ini. Berikut kami sampaikan beberapa daya tarik yang dimiliki Taman Sari Yogyakarta, yaitu:

1. Jam Buka yang Fleksibel

Taman Sari Yogyakarta - Wisata YogyakartaKetika sebuah destinasi wisata memiliki jam buka yang fleksibel, hal ini bisa dikatakan sebagai daya tarik dari tempat tersebut sendiri. Sementara itu, untuk jam buka dari destinasi wisata yang ada di wilayah Yogyakarta ini adalah pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB.

Jam buka ini tergolong sangat fleksibel, sehingga Anda tidak perlu takut tempat ini tutup ketika Anda sedang menikmati waktu liburan Anda disini. Selain itu, tempat ini juga sangat ramah anak kecil, sehingga jika Anda ingin mengajak salah satu saudara Anda yang masih kecil, hal ini bisa Anda lakukan.

Sementara itu, destinasi wisata ini juga buka setiap hari dengan jam yang sama. Sehingga, kapanpun Anda ingin berlibur kemari, Anda bisa langsung berangkat tanpa memikirkan banyak hal lagi.

2. Lokasi yang Strategis dan Mudah Dijangkau

Taman Sari Yogyakarta - Wisata Yogyakarta

Pada saat sebuah destinasi wisata dibangun, pemilik destinasi wisata tersebut pasti akan mencari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Namun, karena situs bangunan bersejarah ini pada dasarnya adalah peninggalan tanah bekas istana keraton Yogyakarta, jadi sejak awal lokasinya sudah tergolong strategis.

Untuk lokasi tepat dari destinasi wisata ini sendiri adalah Jl. Kompleks Wisata Taman Sari Pathen, Kraton, kota Yogyakarta, provinsi DI Yogyakarta. Lokasi ini sudah cukup populer di kalangan warga sekitar Yogyakarta.

Jadi, semisal Anda mengalami kendala ketika hendak berkunjung ke tempat ini, Anda bisa bertanya ke warga setempat, dan kemungkinan besar mereka akan tahu petunjuk yang tepat untuk Anda lewati. Dengan demikian, Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan juga lancar.

3. Tersedia Banyak Transportasi yang Dapat Menjangkau Lokasi

Taman Sari Yogyakarta - Wisata YogyakartaJika Anda tidak bisa mengendarai transportasi atau kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan transportasi umum yang ada di wilayah ini. Anda tidak perlu khawatir hanya akan ada transportasi yang sedikit untuk menjangkau destinasi wisata ini.

Sebab, dari mulai transportasi umum seperti becak, taksi, bahkan hingga dokar, semua bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau tempat penuh sejarah satu ini. Selain itu, ada juga angkutan khusus wisata keraton, yang tentunya juga akan meliputi wisata Taman Sari ini.

Dengan demikian, Anda bisa menjangkau lokasi tempat ini dengan mudah, dan tentunya juga dengan biaya yang tidak akan membuat kantong Anda membengkak. Untuk angkutan umum yang khusus wisata keraton ini, dapat Anda gunakan di jam 08.00 WIB – 22.00 WIB.

4. Terdapat Objek Wisata yang Bernama Gapura Agung Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta - Wisata Yogyakarta

Untuk objek wisata yang ada di dalam wisata Taman Sari ini sendiri adalah sebuah tempat pemberhentian kereta kencana sultan dan keluaganya. Jadi, tidak sedikit dari para wisatawan atau pengunjung tempat ini yang memanfaatkan tempat ini untuk mengambil foto dengan nuansa yang vintage.

Sebab, gapura dari tempat ini memiliki desain yang sangat bagus dan menarik, yang berupa ornamen berbentuk bunga dan sayap burung. Dengan begitu, daya tarik dari Taman Sari Yogyakarta akan semakin terlihat jelas.

Objek wisata yang berada di dalam Taman Sari ini cocok dikunjungi bersama keluarga, dan Anda juga bisa membagikan momen Anda disini dengan mengambil banyak foto menggunakan latar belakang yang menarik.

5. Terdapat Objek Wisata yang Bernama Pesanggrahan

Taman Sari Yogyakarta - Wisata YogyakartaBerbeda dengan Gapura Agung Taman Sari yang berupa pintu masuk dari sebuah bangunan tertentu, untuk objek wisata yang bernama Pesanggrahan ini merupakan sebuah tempat Sultan untuk bersemedi. Sehingga, tempat ini memiliki sejarah tersendiri yang masih terasa kental di dalamnya.

Selain digunakan untuk bersemedi, tempat ini juga sering digunakan untuk menyusun strategi perang. Dulu, bagian dalam tempat ini berfungsi sebagai penyimpanan baju perang, senjata, dan ritual penyucian keris. Dengan begitu, ketika Anda mengunjunginya, Anda bisa merasakan sejarah yang mengedukasi.

Lain halnya dengan bagian dalam Pesanggrahan, bagian luar atau lapangan dari tempat ini akan berfungsi sebagai tempat berlatih pedang. Maka dari itu, selain dapat digunakan untuk tempat berlibur yang menyenangkan, destinasi wisata yang satu ini juga sering dikatakan sebagai tempat yang mengedukasi.

6. Terdapat Objek Wisata yang Bernama Umbul Binangun

Taman Sari Yogyakarta - Wisata YogyakartaKetika Anda berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta, Anda juga bisa mengunjungi objek wisata yang bernama Umbul Binangun. Objek wisata ini terdiri dari 2 kolam air berwarna biru muda. Kolam ini termasuk dari 3 Umbul Binangun yaitu Umbul Pamuncar, Umbul Kawitan, dan Umbul Panguras.

Jika Umbul Pamuncar adalah tempat pemandian selir raja, untuk Umbul Kawitan adalah tempat pemandian para putri-putri raja. Selain itu, jika kedua umbul tersebut berada di satu tempat yang sama, untuk Umbul Panguras terletak di tempat yang berbeda.

Maka dari itu, ketika Anda berkunjung kemari, Anda pasti bisa merasakan suasana yang adem dan tenang. Sebab, objek wisata yang satu ini memang masih kental dengan sejarahnya, sehingga suasana yang terpancar pun tidak akan jauh berbeda dengan dahulu kala.

7. Terdapat Objek Wisata yang Bernama Sumur Gumuling

Taman Sari Yogyakarta - Wisata YogyakartaSelain beberapa objek wisata di atas, dengan berkunjung ke destinasi wisata Taman Sari ini Anda juga bisa menikmati waktu berlibur di sebuah tempat yang bernama Sumur Gumuling. Disini, Anda bisa melihat sebuah masjid bawah tanah, yang sangat jarang kita temukan di dunia luar.

Masjid yang berada di bawah tanah ini terdiri dari 2 tingkat yang berbentuk melingkar hingga 360 derajat. Sementara itu, untuk bagian tengah dari bangunan masjid ini sendiri akan berlubang, sehingga hal ini menjadikan interior Sumur Gumuling terlihat unik.

Dengan keunikan interior yang dimiliki objek wisata ini, membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengambil banyak foto yang menarik. Bahkan, ada beberapa pengunjung juga yang memilih tempat ini sebagai tempat pengambilan foto pre-wedding.

Tentunya pengambilan foto pre-wedding ini harus dilakukan seatas ijin dari pihak yang berwajib, maksudnya pengelola objek wisata ini. Umumnya, untuk Taman Sari Yogyakarta sendiri akan membanderol harga Rp. 250.000,00 – Rp. 500.000,00.

8. Terdapat Objek Wisata yang Bernama Gedung Kenongo dan Gedhong Gapura Panggung

Taman Sari Yogyakarta - Wisata YogyakartaJika Gedung Kenongo adalah gedung tertinggi yang ada pada bangunan istana air, untuk Gedhong Gapura Panggung adalah gerbang masuk utama untuk memasuki kompleks istana. Ruangan dalam Gedung Kenongo dengan sengaja dibuat untuk tempat bersantap raja.

Sementara itu, untuk sekarang tempat ini sering dijadikan sebagai tempat menikmati pemandangan golden sunset dan pemandangan seluruh bagian taman. Sedangkan untuk Gedhong Gapura Panggung, sekarang lebih sering dijadikan sebagai spot foto, karena tempat ini termasuk tempat yang Instagramable.

Jadi, Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa takut bingung harus berfoto di bagian mana. Sebab, tempat ini menyediakan banyak spot foto yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Akhir Kata

Daya tarik yang dimiliki Taman Sari Yogyakarta ini sudah terbukti mampu memikat hati para wisatawan, sehingga mereka dengan matang merencanakan liburan kemari bersama dengan keluarganya. Namun, jika Anda lebih ingin berkunjung bersama teman, Anda juga bisa mengajak teman Anda untuk kemari.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Ciwidey Terpouler yang Wajib di Kunjungi Saat Liburan !

Sebab, destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua orang, baik dari kalangan anak muda hingga orang-orang dewasa.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *