thumbnail tempat - wisata indah yang dilarang dikunjungi

Mendekati musim liburan banyak orang yang sudah mulai merencanakan perjalanan wisata. Tempat wisata yang dipilih biasanya adalah tempat-tempat yang memiliki keindahan panorama dan nyaman. Beberapa orang juga cenderung mencari tempat-tempat yang instagramable dan unik.

Baca Juga : Destinasi Wisata di Jakarta yang Ramai Dikunjungi

Namun, tahukah kamu jika tidak semua tempat yang indah dan unik di Indonesia boleh dikunjungi. Beberapa destinasi wisata yang cukup indah dan unik ini, dilarang dikunjungi karena beberapa alasan keamanan dan cerita mistis yang beredar.

Berikut Tempat Wisata Indah yang Dilarang Dikunjungi

1. Candi Gedong Songo, Semarang

gedong 9 - wisata indah yang dilarang dikunjungi

Candi Gedong Songo tampak tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Semarang. Candi yang terletak di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini sudah menjadi destinasi wisata warga Semarang dan Jawa Tengah. Tidak hanya Lawang Sewu dan Kota Tua saja, bangunan yang terletak di dataran tinggi ini juga sudah cukup memiliki banyak pengunjung. 

Candi Gedong Songo ini memiliki arti Gedung/bangungan sembilan. Namun ketika berada disana kamu tidak akan menemukan sembilan bangungan candi seperti namanya. Hanya ada delapan candi yang berdiri terpisah di sana. Konon kabarnya, ada satu bangunan Candi yang tersembunyi berada disana dan siapapun yang melihatnya bisa meninggal dunia. Akan tetapi sampai saat ini tidak ada yang pernah bisa menemukan bangunan tersebut. Cerita semacam ini sudah menjadi urban-legend bagi masyarakat setempat. Untuk kamu yang tidak terlalu penasaran mencari candi yang kesembilan kamu bisa datang dan menikmati panorama disana.

Candi Gedong Songo lokasinya yang berada di area selatan Gunung Ungaran ini memiliki tinggi sekitar 1.200 meter dari atas permukaan laut membuat Candi Gedong Songo memiliki pemandangan yang indah. Terlebih lagi cuaca yang cukup dingin di sekitar Candi membuat siapa saja yang datang berwisata meskipun di siang hari tak terasa panas.

Di sekitar Candi juga terdapat kepundan gunung yang memiliki sumber mata air panas dengan kadar belerang yang cukup tinggi. Selain itu ada pula kawah yang asapnya masih mengepul ke udara. Jika berada di Candi 2 kamu bisa mencium aroma belerang yang kuat karena disanalah sumber belerang berada. Ada juga tempat yang bertuliskan ‘Tempat Sakral’ yang kabarnya di sana biasa digunakan untuk tempat pemujaan.

2. Pulau Sempu, Malang

pulau sempu - wisata indah yang dilarang dikunjungi

Malang terkenal dengan destinasi wisatanya yang cukup beragam dan menarik. Mulai dari yang indoor maupun outdoor. Baik wisata darat maupun di laut. Salah satu tempat yang indah di Malang yaitu Pulau Sempu. Letaknya berada di selatan Pulau Jawa yang masih wilayah dari Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Keindahan Pulau Sempu ini, sempat menarik begitu banyak antusias wisatawan untuk datang. Kebanyakan orang juga memilih Pulau Sempu sebagai destinasi yang terbaik untuk melepas penat. Berenang dan berkemah menjadi pilihan terbaik yang dapat dilakukan disana. Meningkatnya antusias wisatawan ini membuat Pulau Sempu harus ditutup dan tidak boleh dikunjungi lagi.

Pasalnya Pulau Sempu termasuk wilayah yang masuk di daftar Cagar Alam Indonesia. Memang wajib bagi kita melindungi tempat-tempat Cagar Alam seperti Pulau Sempu ini dengan tidak berkunjung kesana. Pemandangan pesisir pantai yang luar biasa, air laut yang sangat jernih, berbagai macam jenis terumbu karang yang indah dan spesies hewan-hewan sekitar hutan yang masih cukup alami itu karena Pulau Sempu tergolong masih virgin dan jarang didatangi.

Kedatangan wisatawan dalam jumlah besar akan sangat merugikan Pulau ini dan merusak ekosistem yang masih alami. Pulau Sempu yang sempat hype juga menjadi Pulau yang banyak sampah bekas barang bawaan wisatawan, hal ini membuat pemerintah setempat menutup Pulau Sempu demi kelestarian ekosistemnya.

Secara prosedural untuk memasuki Pulau Sempu seseorang membutuhkan Surat Ijin Masuk Wilayah Konservasi (SIMAKSI) dengan proses yang panjang dan ketat. Biasanya itu juga diperuntukkan orang-orang yang sedang melakukan penelitian. 

3. Pulau Karya, Kepulauan Seribu

pulau karya - wisata indah yang dilarang dikunjungi

 

Kepulauan Seribu dikenal sebagai tempat terbaik untuk melepas penat dari keramaian kota dan hingar-bingar bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Dengan banyaknya jumlah Pulau di kepulauan seribu ini membuat belum semua Pulau di sana terjamah dan juga berpenduduk. Salah satunya yaitu Pulau Karya. Pulau Karya sudah tidak asing lagi ditelinga penduduk sekitar, karena jarak antar pulau satu ke pulau lain tidak terlalu jauh banyak penduduk setempat yang bekerja mencari ikan dan lain lain ke pulau sebelah-sebelahnya.

Pulau Karya sendiri terletak tidak jauh dari Pulau Pramuka, sehingga tidak jarang melihat warga yang berlayar ke Pulau Karya untuk sekedar mencari ikan kemudian kembali lagi ke Pulau Pramuka. Dibalik pemandangan yang indah, dan tenang Pulau Karya juga difungsikan sebagai tempat pemakaman warga yang berada di Pulau Pramuka.

Hal ini juga menjadikan stigma horor Pulau Karya semakin kuat apalagi Pulau ini tidak terdapat pemukiman warga. Jika mendatangi Pulau Karya seketika kamu akan merasakan aura yang cukup berbeda dari Pulau lain. Hawa dingin dan sunyi ini sebenarnya baik untuk pikiran dan melepas penat, tapi cukup seram jika berwisata ke sana sendirian.

4. Pulau Kumala, Kutai

pulau kumala - wisata indah yang dilarang dikunjungi

Tidak banyak yang tahu bahwa Pulau Kumala sebenarnya adalah pulau yang cukup indah dan tenang. Berada di daerah delta di Sungai Mahakam berbentuk memanjang di sebelah barat Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara. Pulau yang berada di tengah-tengah arus sungai Mahakam ini sejak dahulu tidak berpenghuni. Kemudian pada tahun 2002 pemerintah setempat menjadikan Pulau Kumala sebagai tempat wisata dan memiliki area taman bermain. Jaraknya 27 km dari Kota Samarinda dapat ditempuh dengan menggunakan jembatan Kutai Kartanegara selama 30 menit. Namun untuk menjadikan Pulau Kumala sebagai destinasi wisata tampaknya sedikit mengerikan. Karena disana tidak begitu banyak orang dan masih banyak semak belukar.

Kumala berarti intan permata yang berkilau. Berdasarkan legenda dari masyarakat setempat Pulau ini terbentuk seiring kemunculan Putri Kumala dan Putri Karang Melanu yang kemudian menjadi permaisuri yang melahirkan raja-raja Kutai Kartanegera.

Tidak jauh dari Pulau Kumala juga terdapat tempat bekas karamnya kapal Inggris pada jaman dahulu. Saat itu Inggris yang ingin membuka pos perdagangan di Kutai Kartanegara, namun ditolak mentah-mentah oleh Raja Kerajaan Kutai Kartanegara karena takut merugikan. Hal tersebut membuat Inggris dan Kerajaan Kutai Kartanegara berperang dan Inggris kalah.

Setelah ratusan tahun kemudian kabarnya seorang warga tidak sengaja menemukan sebuah gua disana. Saat memasuki gua tersebut warga ini tiba-tiba berada di sebuah kapal. Kemudian tiba tiba dia berpindah di sebuah perkebunan warga. Menurut ahli supranatural, goa tersebut memiliki energi yang kuat sehingga menjadi portal yang terhubung langsung ke dua tempat. Tempat tersebut adalah kapal Inggris yang karam dan Istana Kerajaan Kutai Kartanegara yang sekarang menjadi museum Mulawarman.

5. Alas Purwo, Banyuwangi

alas purwo - wisata indah yang dilarang dikunjungi

Sebagai Taman Nasional yang dilindungi, Alas Purwo sudah terkenal dengan cerita cerita mistisnya. Terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Memiliki panorama yang cukup indah dan asri, tidak membuat Alas Purwo jauh dari kemistisannya. Alas Purwo dikenal dengan banyak cerita-cerita berbau mistis yang membuat pengunjung berpikir dua kali untuk mengunjunginya.

Kabar yang beredar seperti siapa yang masuk ke sana belum tentu bisa keluar. Kebanyakan pengunjung yang datang kesana memang karena penasaran ingin membuktikan ke ngeriannya, dan biasanya orang-orang seperti ini serta mereka yang punya niatan jahatlah yang menghilang dan tak ada kabarnya lagi. Tempat orang-orang belajar ilmu gaib. Hal ini dibuktikan dengan beberapa jejak manusia dan sesajennya di beberapa gua di Alas Purwo.

Alas Purwo juga sering dikaitkan dengan Bung Karno, banyak yang bilang jika Bung Karno sering bersemedi di sana. Ada juga yang bertutur bahwa Alas Purwo ini adalah tempat kerajaan Jin terbesar. Cerita-cerita seperti ini sudah kerap sekali terdengar namun juga ada orang-orang yang justru tertarik mengunjunginya.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Terfavorit di Lembang

Nah, itu tadi beberapa destinasi wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah namun memiliki keterbatasan bahkan larangan untuk dijadikan pilihan sebagai tempat wisata. Seperti kita tahu, akan Selalu ada alasan mengapa beberapa tempat lebih baik tidak dikunjungi, entah dari segi keamanan ekosistem maupun keselamatan diri para pengunjungnya. Apapun itu sebagai pendatang di tempat baru, ada baiknya kita mematuhi apa yang sudah menjadi peraturan di tempat tersebut. Karena, terlepas dari bahaya atau tidaknya suatu tempat lebih baik mencegah hal buruk sebelum semuanya terlanjur terjadi.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *