thumbnail wisata air indonesia - wisata air indonesia

Salah satu keberuntungan menjadi warga negara Indonesia adalah bisa dengan mudah menemukan tempat wisata alam yang indah dan menarik mulai dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya adalah wisata air Indonesia yang sangat beragam mulai dari air terjun dan sungai, hingga pantai dan lautan.

Sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau dan gunung serta berbatasan langsung dengan Laut Andaman dan Samudera Hindia, sudah tidak diragukan lagi bahwa Indonesia kaya akan berbagai macam ikan tropis, terumbu karang, dan pemandangan bawah laut yang sangat memukau.

Daftar Objek Wisata Air Indonesia

Buat kamu yang sedang ingin mendinginkan hati dan pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari atau polusi di perkotaan, tempat wisata bertema air memang paling cocok nih untuk dikunjungi. Jika kamu belum menemukan tempat tujuan yang tepat, inilah beberapa tempat yang paling banyak direkomendasikan:

1. Danau Toba

Tempat pertama yang tak hanya terkenal di dalam negeri tapi juga hingga mancanegara adalah Danau Toba di Sumatera Utara, yang dikelilingi oleh tujuh kabupaten dan termasuk danau vulkanik paling besar di Asia Tenggara.

Baca Juga : 8 Wisata yang Sering Dikunjungi di Bali dan Daya Pikatnya

Bahkan, danau yang penuh dengan urban legend ini juga menjadi salah satu dari sepuluh wisata alam prioritas di dunia. Sejarah danau ini dimulai sekitar 70.000 tahun yang lalu dan mulai ramai dikunjungi sejak akhir tahun 1980-an.

Luas danau ini sekitar 1.145 km2 dengan kedalaman sekitar 450 meter dan terdapat sebuah pulau bernama Samosir tepat di tengah danau yang luasnya hampir sama dengan negara Singapura.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini, mulai dari mengumpulkan foto-foto keindahan alam di sekitar, mendayung kayak di perairan danau yang jernih, hingga mampir ke beberapa air terjun alami di sekitar danau.

Kamu juga bisa memanjakan diri di beberapa sumber air panas alami terdekat atau mengunjungi sebuah desa kuno bernama Ambarita yang konon pernah menjadi tempat pemenggalan para penjahat sekitar 300 tahun yang lalu.

2. Nusa Penida

Tempat ini tak kalah indah dan populer dari Danau Toba. Bahkan bisa dibilang tak pernah sepi oleh wisatawan terutama para bule. Berlokasi di Pulau Bali yang sudah terkenal di kancah internasional, Nusa Penida menawarkan banyak pantai dengan landscape alam yang memiliki kecantikan beraneka ragam.

Jika kamu adalah pecinta pantai dan sunset, Nusa Penida dijamin tidak akan membuat kamu mati gaya. Secara geografis, Nusa Penida terletak di tenggara Bali, dan membutuhkan waktu menyeberang sekitar 40 menit dari pelabuhan Sanur.

Tapi untuk kamu yang berangkat dari pantai Kusamba Klungkung, waktu penyeberangan hanya sekitar 30 menit. Sejumlah pantai paling unik di Nusa Penida termasuk Broken Beach, Raja Ampat (Bukit Atuh), Angel’s Billabong, Pantai Atuh, Pasih Andus, Crystal Bay, Pantai Kelingking, dan Mantay Bay.

3. Taman Laut Bunaken

Jika Bali memiliki Nusa Penida, maka Sulawesi Utara punya Taman Laut Bunaken yang tak kalah indah. Terletak di Teluk Manado, taman ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 1991. Luasnya sekitar 80.000 hektar yang terdiri dari 3% daratan dan 97% laut.

Wisata air Indonesia yang satu ini memiliki belasan jenis terumbu karang yang salah satunya tampak unik karena menjulang vertikal hingga kedalaman 50 meter. Diperkirakan ada sekitar 2000 spesies ikan berbeda di tempat ini yang bisa kamu jumpai dengan menyelam di salah satu dari 25 titik penyelaman.

Tapi bukan keanekaragaman hayati saja yang besar, Bunaken rupanya juga menjadi rumah bagi sejumlah hewan langka yang hampir punah seperti paus dan penyu, lumba-lumba, serta coelacanth yang dikenal juga sebagai Ikan raja laut atau ikan purba Indonesia.

4. Wakatobi

Bergeser sedikit ke Sulawesi Tenggara, kamu bisa menikmati keindahan Wakatobi yang dikenal sebagai surganya para penyelam dari dalam dan luar negeri.

Memiliki luas hingga 13.900 km2, Wakatobi diberkahi dengan lebih dari 112 jenis terumbu karang yang menjadi tempat bermain bagi ribuan ikan kecil berwarna-warni dan sejumlah makhluk laut unik lainnya.

Kamu juga bisa ikut tur menyelam untuk melihat lumba-lumba berenang di habitat aslinya, bertemu dengan suku pengembara laut yang memiliki rumah kayu mengambang di permukaan laut, atau mengunjungi beberapa pulau terdekat seperti Kaledupa Hoga, Wangi Wangi, Binongko, dan Tomia.

Hal menarik lain yang sayang dilewatkan adalah menikmati senja dan sejumlah hidangan khas Wakatobi seperti Luluta, Kasuami, Ikan Parende, Kosean No Kaudafa, Sanggara Banda, dan Kapusu Nosu.

5. Kepulauan Raja Ampat

Terletak di ujung timur Indonesia, Papua memiliki tempat wisata yang sudah mendunia bernama Raja Ampat. Salah satu alasan yang membuat tempat ini disukai banyak wisatawan adalah keadaan alamnya yang masih sangat alami.

Pulau-pulaunya masih subur dengan laut biru kristal yang jernih serta berlokasi di tempat terpencil. Kepulauan Raja Ampat memiliki total wilayah seluas 4,6 juta hektar yang terdiri dari tanah dan lautan yang dihuni oleh sekitar 540 jenis terumbu karang, 700 moluska, dan lebih dari 1.500 spesies ikan.

Saat berkunjung ke Raja Ampat, kamu bisa singgah ke beberapa tempat paling hits di sana seperti Pianemo, Desa Arborek, Air Terjun Pulau Batanta, Pasir Timbul, dan Pulau Rangkong.

6. Gili Trawangan

Gili Trawangan pastinya bukan nama yang asing bagi kamu yang suka pantai. Objek wisata terkenal ini bisa kamu temukan dengan pergi ke sebelah barat laut Pulau Lombok.

Tempat ini menyediakan banyak hal yang dibutuhkan oleh para wisatawan mulai dari bermain air, berjemur di pantai, tujuan bulan madu romantis, berkunjung ke festival makanan, bersepeda keliling pantai, hingga menjelajah pulau dengan kapal.

Hal menarik lainnya tentu saja adalah diving dan snorkeling untuk bertemu dengan pari manta, hiu, dan banyak ikan kecil warna-warni lainnya.

Menghabiskan sore hari di Gili Trawangan juga akan membuat kamu mendapatkan momen matahari terbenam yang memukau dengan latar belakang Gunung Agung Bali yang megah dan siluet perahu kayu mengapung yang dramatis.

7. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu adalah objek wisata air Indonesia lain yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 50 km dari sebuah kota kecil bernama Moni yang ada di sebelah timur Kabupaten Ende.

Danau vulkanik ini terletak di puncak Gunung Kelimutu, jadi kamu harus mendaki terlebih dulu agar bisa melihat keindahannya. Menurut informasi dari para wisatawan yang pernah datang, waktu terbaik untuk mendaki adalah sebelum pagi hari, agar kamu bisa memperoleh pemandangan matahari terbit yang indah.

Sebaiknya hindari untuk berkunjung pada hari Minggu atau libur Nasional, karena harga tiketnya akan melonjak 2 kali lipat dan suasananya cukup ramai sehingga kesan alami akan terasa kurang.

Salah satu pemandangan paling cantik sekaligus unik di danau ini adalah warna air danau yang berubah secara dramatis dan tidak terduga waktunya.

Warnanya berkisar dari hijau dan biru hingga putih, merah, dan hitam. Ditambah dengan jalan curam untuk menuju danau sangat berhasil untuk menciptakan kesan mistis sekaligus misterius.

8. Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa terletak di utara Semarang di lepas pantai Jawa Tengah. Tempat ini memiliki banyak bukit dan puncak gunung yang indah, ada juga batuan karang yang belum tersentuh di sepanjang pantai berpasir putih yang hangat.

Salah satu pantai terbaik yang bisa kamu datangi saat di Karimunjawa adalah Pantai Barakuda, yang memiliki pasir putih bersih dengan banyak karang di tepi pantai sebagai spot foto.

Kamu juga bisa menyewa perahu untuk perjalanan sehari berkeliling di sekitar pulau-pulau terdekat dan melakukan diving atau snorkeling.

9. Pulau Weh

Ujung barat Sumatera memiliki pulau kecil cantik bernama Pulau Weh, yang konon menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyelam di Tanah Air. Pulau ini memiliki pantai indah dengan air biru pirus yang jernih.

Kamu bisa diving atau snorkeling untuk melihat kehidupan bawah laut pulau ini dan bertemu langsung dengan pari manta, penyu laut, lumba-lumba, dan bahkan hiu paus.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah menjelajah pulau dengan sewa sepeda motor dan menikmati hidangan seafood lezat di sejumlah warung makan tepi pantai.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Terbaik di Lombok Jadikan Liburan Makin Menyenangkan

Ada beragam tempat wisata air Indonesia yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan liburan, mulai dari Danau Toba yang tenang, Nusa Penida yang memiliki banyak pantai, Wakatobi dan Raja Ampat yang keren, hingga Gili Trawangan dan Karimunjawa yang memukau dan sudah mendunia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *