thumb keajaiban dunia - keajaiban dunia terbaru

Hampir semua orang tentunya tahu apa itu keajaiban dunia, yang hingga saat ini menjadi kebanggaan bagi banyak orang di seluruh dunia. Indonesia menjadi salah satunya karena memiliki Candi Borobudur. Kini, ada banyak lagi keajaiban dunia terbaru yang tak kalah keren dan memukau.

Baca Juga : 15 Destinasi Wisata Indah Namun Jarang Dikunjungi di Indonesia

Ada 7 keajaiban dunia yang terkenal sejak dulu seperti Patung Liberty, Menara Miring Pisa, Tanah Merah Rusia, Piramida, Acropolis, dan Candi Borobudur. Namun keajaiban dunia tersebut memang belum diperbaharui lagi, sehingga belum banyak orang yang tahu keajaiban terbaru saat ini.

Jelajahi Keajaiban Dunia Terbaru yang juga Memukau

Dari hasil 100 koresponden yang ada di seluruh dunia, akhirnya disetujui bahwa ada lagi 7 keajaiban dunia yang terkini melalui hasil voting yang panjang. Keajaiban dunia ini tak kalah memukaunya dengan keajaiban dunia lainnya.

Berikut ini sejumlah keajaiban dunia yang terbaru dan wajib kamu ketahui:

1. Tembok Besar Cina (Great Wall of China)

Apabila kamu merupakan pengagum dari karya konstruksi yang dipenuhi dengan nilai sejarah dan juga megah, maka Tembok Besar Cina menjadi salah satu dari keajaiban dunia yang juga membanggakan.

Pada umumnya tembok besar ini memiliki panjang sekitar 8850 Km, tetapi menurut hasil penelitian di Cina panjang tembok besar tersebut mencapai 21.200 Km. pembangunan Tembok Besar Cina sudah dilakukan sejak lama, yaitu abad ke-7 SM.

Kemudian pembangunan itu berlanjut ke 2 milenium berikutnya. Walaupun lebih dikenal dengan sebutan dinding tetapi tembok besar tersebut hanya mempunyai 2 buah struktur paralel yang memanjang.

Keajaiban dunia yang satu ini juga mempunyai menara barak pasukan serta pengawas, yang menempel di struktur paralel itu sendiri.

Meskipun secara umum masyarakatnya tahun bahwa tujuan dari pembangunan tembok besar ini adalah, untuk mencegah terjadinya invasi serta menjaga keamanan pada saat itu.

Menurut para ahli, pembangunan dari Tembok Besar Cina hanya dilakukan oleh politik propaganda saja.

2. Chichén Itzà

Mari kita beralih ke keajaiban dunia lainnya yang juga masih dibilang keajaiban terbaru. Salah satu keajaiban ditemukan di Benua Amerika yang dinamakan Chichén Itzà.

Sebuah kota yang pernah dibangun oleh Suku Maya dan berada di Semenanjung Yucatán Meksiko disebut dengan Chichén Itzà. Kota ini telah berkembang di abad ke-9 dan 10 M, jika dilihat dari sejarahnya.

Kamu akan menemukan sejumlah kuil dan juga monumen jika berkunjung ke keajaiban dunia yang satu ini. Gaya arsitektur dari Chichén Itzà dipengaruhi oleh Toltec dan Suku Itza.

Diantara monumen dengan kuil yang dibangun tersebut maka kamu juga bisa mengunjungi Piramida El Castillo (the castle). Piramida ini adalah adalah bangunan yang paling terkenal dan mempunyai tinggi sampai 24 m panjangnya.

Bukti dari kemampuan astronimi Suku Maya di zaman itu, bisa dilihat dari 365 tangga yang dimiliki oleh Piramida El Castillo tersebut. Jumlah tangga itu sesuai dengan jumlah hari yang terdapat pada tahun matahari.

Untuk masyarakat setempat di zaman kuno, Chichén Itzà merupakan rumah untuk lapangan olahraga terbesar yang disebut dengan tlachtli. Para penduduk bisa memainkan permainan bola yang dianggap ritual di lapangan itu.

3. Petra

Keajaiban dunia terbaru berikutnya yang bisa menjadi destinasi wisata terbaik adalah Petra, yang merupakan kota kuno di Yordania. Lokasinya berada di lembah terpencil yang dikelilingi dengan bebatuan berupa pasir, tebing, dan juga pegunungan.

Menjadi salah satu dari keajaiban dunia, Petra juga disebut-sebut sebagai tempatnya Musa dalam membuat keajaiban yaitu memecahkan batu serta membuat air yang menyembur keluar.

Hal ini membuat pemandangan yang menarik di tempat tersebut. Kombinasi antara pegunungan, pasir, dan juga batu yang indah menjadi alasan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang menarik tapi dengan pemandangan yang tak biasa, maka kamu bisa datang ke Petra tersebut. Pada abad ke 4 SM, Petra diangkat menjadi Ibu Kota oleh Suku Nabatean dan Suku Arab.

Petra juga menjadi pusat perdagangan yang penting terutama untuk rempah-rempah. Pada masa itu, para penduduk yang jumlah populasinya mencapai 30000 juga membangun sistem air untuk menambah kesuburan bagi lahan pertanian di sana.

Jalur perdagangan yang bergeser, membuat Petra berubah tidak lagi menjadi pusat perdagangan. Gempa yang hebat di tahun 363 M dan 551 M, membuat banyak orang yang meninggalkan tempat tersebut secara bertahap.

4. Machu Picchu

Bagi para pecinta hiking yang mencari pemandangan alam yang indah, keajaiban dunia Machu Picchu akan menjadi tempat yang sangat cocok untuk disinggahi. Monumen yang dimiliki oleh Suku Incayang ini letaknya berada di dekat kota Cuzco, Peru.

Pada tahun 1911 tempat ini ditemukan oleh Hiram Bingam yang percaya pada Vilcamba, yaitu sebuah benteng rahasia milik Suku Inca yang dipakai untuk tempat pemberontakan dalam melawan pemerintah Spanyol, pada abad ke 16.

Walaupun tak lama dari itu klaim tersebut dibantah, karena tujuan dari pembangunan Machu Picchu itu malah membuat para arkeolog dan juga sarjana bingung.

Menurut Bingham Machu Picchu adalah rumah dari Perawan Matahari yang ada di bawah sumpah kesucian. Tak sedikit juga orang yang berpendapat bahwa Machu Picchu merupakan tempat ziarah, atau tempatnya para raja beristirahat di masa lampau.

Hingga saat ini Machu Picchu menjadi sebuah bangunan kuno yang hampir utuh, dan ditemukan di masa pra-Colombus. Walaupun keajaiban dunia tersebut lokasinya relatif tinggi yaitu berada di Pegunungan Andes.

5. Christ The Redeemer

Untuk penyuka seni patung kuno, terutama seni patung yang bergaya art deco sebaiknya datang ke tempat keajaiban dunia terbaru ini yaitu Christ The Redeemer. Patung Christ tersebut termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia yang terbilang baru.

Patung Christ ini adalah patung Yesus terbesar yang berdiri di puncak gunung Corcovado di Rio de Janeiro. Patung ini dibuat setelah terjadinya perang dunia yang pertama, dan pada saat orang Brazil mempunyai paranoia Gelombang KetidakTuhanan.

Dari ketakutan mereka itu, mereka pun mengusulkan untuk membuat patung yang pada akhirnya dirancang langsung oleh Paul Landowski, Heitor da Silva Costa, dan juga Carlos Oswald.

Pembangunan patung dimulai pada tahun 1926 dan lima tahun kemudian patung ini selesai dibuat. Monumen tersebut memiliki tinggi 30 m dan lebar dengan tangan yang terulur sekitar 28 m.

Jika ingin melihat patung kuno tersebut sebaiknya kamu datang di Bulan Februari, karena biasanya di bulan itu digelar acara Carnival of Brazil.

6. Colloseum

Keajaiban dunia lainnya yang sudah tak asing lagi bagi banyak orang di dunia adalah Colloseum. Terutama bagi kamu yang suka dengan film dan juga sejarah Romawi Kuno.

Tempat mengagumkan ini berada di Roma dan untuk pertama kalinya dibangun di abad pertama, atas perintah dari Kaisar Vespasian. Ukuran dari bangunan amfiteater raksasa ini adalah 189 m x 156 m dengan sistem kubah yang cukup kompleks.

Bangunan Colloseum mampu menampung 50.000 penonton, dalam menyaksikan berbagai acara misalnya acara perkelahian para gladiator. Kamu juga bisa menikmati seni teater dan sejarah romawi di sana.

7. Taj Mahal

Keajaiban dunia yang juga sayang untuk dilewatkan dan sudah sangat populer adalah Taj Mahal. Arsitektur bangunannya yang megah dipadukan dengan taman yang sangat indah, sehingga disebut sebagai keajaiban dunia.

Lokasinya berada di komplek mausoleum Agra India, dan telah menjadi monumen yang paling ikonik serta menjadi contoh terbaik dari arsitektur Mughal. Pembangunannya dilakukan pada tahun 1628-58 oleh Kaisar Shah Jahān.

Tujuan dari pembangunan ini adalah sebagai penghormatan untuk istrinya yang telah meninggal dunia, pada tahun 1631 ketika melahirkan anak ke-14 mereka. Pembangunan Taj Mahal menghabiskan waktu sekitar 22 tahun dan dibangun oleh 20.000 pekerja.

Monumen makamnya dibuat dengan lantai dari marmer putih dan batu semi mulia, yang memiliki pola bunga serta semi geometris. Bangunan tersebut juga dilengkapi dengan kubah utama yang megah, dan telah dikelilingi oleh 4 kubah yang ukurannya lebih kecil.

Baca Juga : Rekomendasi 10 Wisata Terbaik di Bali yang Keren Banget Ini Harus Anda Coba!

Apabila kamu sudah tahu apa saja keajaiban dunia terbaru saat ini, maka kamu bisa mengunjunginya satu per satu untuk membuktikan keindahan dari tempat-tempat tersebut. Rencanakan liburan kamu sekarang dan pilih tempat mana yang menurut kamu paling memukau.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *