Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Destinasi wisata yang bernama Pulau Sempu ini terletak di kota Malang, dan sampai saat ini sudah terkenal sebagai cagar alam yang penuh dengan keindahan alam mengagumkan. Dikarenakan tempat ini pada dasarnya adalah sebuah kawasan konservasi, jadi tidak semua orang bisa berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga : Keberagaman Tempat Wisata di Gowa yang Menarik untuk Dikunjungi!

Untuk bisa berkunjung ke tempat mengagumkan ini, Anda akan memerlukan ijin dari pihak BKSDA setempat. Jika Anda tidak bisa mendapatkan ijin dari pihak BKSDA ini, maka Anda tidak akan bisa masuk dan menikmati waktu liburan di tempat ini.

7 Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Ketika Anda sudah mendapat ijin dari BKSDA, maka Anda bisa berjalan-jalan dan menginap di tempat ini secara leluasa. Yang terpenting, Anda selalu memperhatikan kebersihan dan ketentuan yang berlaku, karena memang Pulau Sempu adalah cagar alam yang patut dijaga dengan baik dan benar.

Selain itu, ketika Anda berkunjung ke tempat ini Anda akan disuguhkan panorama alam yang sangat cantik, yang tentunya akan membuat Anda merasa bangga telah berkunjung ke tempat ini. Sementara itu, sebelum Anda berkunjung kemari, Anda perlu mengetahui fakta-fakta penting yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Lokasi dan Akses menuju Pulau Sempu

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Pada dasarnya, pulau yang terkenal dengan panoramanya yang cantik ini terletak di Pantai Sendang Biru yang merupakan tempat pelelangan ikan yang ada di Malang. Untuk lebih tepatnya adalah, Pantai Sendang Biru ini terletak di Malang Selatan, provinsi Jawa Timur.

Untuk menjangkau lokasi cagar alam ini, sangat disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi yang berupa kendaraan roda empat. Sebab, ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi roda empat seperti ini, Anda akan lebih mudah untuk menjangkau lokasinya.

Dari kota Malang sendiri, Anda perlu melakukan perjalanan berjarak 69 km. Nantinya, setelah sampai di Pantai Sendang Biru, Anda bisa menyewa perahu boat yang memang telah disediakan. Setelah Anda sampai di pulau yang cantik itu, pengemudi perahu biasanya akan meninggalkan kontak.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda ketika harus menyeberang kembali ke Pantai Sendang Biru, sehingga Anda tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari perahu boat yang dapat disewa untuk pulang.

  • Biaya Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Ketika Anda sudah mendapatkan ijin secara resmi dari pihak BKSDA, maka untuk masuk ke tempat ini Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuknya. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini, karena tiket masuk ke Pantai Sendang Biru itu sendiri hanyalah Rp. 5.000,00.

Sementara itu, tiket masuk ini masih belum termasuk tiket masuk ke Pulau Sempu juga. Jadi, Anda masih harus membeli tiket masuk ketika sudah sampai di pulau yang menakjubkan itu. Untuk tiket masuk di pulau ini adalah Rp. 20.000,00 per orang.

Selain itu, biaya pengeluaran yang harus Anda persiapkan sejak awal tidak hanya berhenti sampai disitu saja. untuk menyewa perahu dari Pantai Sendang Biru, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100.000,00. Nantinya, kapal ini dapat memuat hingga 10 penumpang.

Jadi, akan terasa lebih hemat jika Anda sedang berlibur bersama orang-orang banyak seperti keluarga. Namun, jika Anda sedang berlibur sendiri, maka Anda bisa bekerja sama dengan wisatawan lainnya, supaya Anda bisa naik kapal atau perahu bersama mereka.

  • Panorama Samudera Hindia yang Membentang Luas

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Tak sedikit dari para pengunjung yang sangat menginginkan ke Pulau Sempu untuk melihat panorama Samudera Hindia yang membentang luas ini. Pemandangan yang sangat indah ini, bisa Anda lihat ketika sedang menumpangi kapal atau perahu yang akan mengantar Anda ke tempat tujuan.

Panorama Samudera Hindia yang bisa Anda lihat secara puas ini merupakan daya tarik tersendiri dari pengalaman perjalanan ini. Di sepanjang jalan menuju pulau yang cantik ini, Anda tidak akan berhenti diperlihatkan pemandangan-pemandangan indah yang membentang luas di berbagai sisinya.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati waktu liburan secara lebih menyenangkan dan menenangkan. Maka dari itu, tidak semua orang bisa berkunjung ke cagar alam satu ini. Sebab, keindahan alam dari tempat ini perlu dilestarikan dengan baik, supaya tidak ada pihak tertentu yang bisa merusak keindahan tersebut.

  • Tersedia Objek Wisata Danau yang Bernama Blue Lagoon Sempu

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Blue Lagoon Sempu adalah daya tarik utama dari pulau yang menakjubkan satu ini. Setelah Anda menyeberangi lautan yang panjang, maka perjalanan Anda selanjutnya bisa dimulai dari Blue Lagoon Sempu ini.

Untuk menuju objek wisata yang ada di dalam Pulau Sempu ini, Anda perlu melewati jalur yang cukup menantang, sehingga perlu sikap yang penuh hati-hati untuk menuju lokasinya. Di sepanjang jalan menuju Blue Lagoon Sempu, Anda akan ditunjukkan dengan jalanan yang penuh dengan bebatuan.

Sebab, jalur yang sering disebut sebagai jalur trekking ini pada dasarnya adalah sebuah kawasan hutan konservasi. Jadi, jika Anda hendak berlibur ke tempat ini, Anda perlu menyiapkan energi dan tenaga yang banyak.

Sementara itu, meskipun tenaga yang harus Anda keluarkan terbilang sangat banyak, ketika Anda sudah sampai di tempat ini, perasaan puas dan bangga bisa Anda rasakan. Sebab, Blue Lagoon Sempu adalah danau yang memiliki keindahan menakjubkan dan tidak dapat kita temukan di danau-danau lainnya.

  • Melakukan Berbagai Macam Aktivitas Seru dengan Memperhatikan Ketentuan yang Ditetapkan

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Disini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru yang tentunya harus dilakukan dengan memperhatikan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Sebagai pengunjung yang pintar, Anda perlu tahu bahwa ketentuan ini dibuat untuk dipatuhi dan bukan untuk dilakukan.

Jadi, ketika Anda bermain air di danau Blue Lagoon Sempu, Anda harus mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola tempat tersebut.

Kemudian, ketika Anda mengabadikan berbagai macam keindahan dari tempat ini pun, Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Yang terpenting ketika berlibur ke pulau yang berada di Malang ini adalah mematuhi peraturan yang ada, supaya keindahan alam di dalamnya tidak akan bisa tercemar.

  • Bawa Segala Peralatan yang Dibutuhkan secara Lengkap

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Untuk berlibur, Anda pasti harus membawa peralatan yang memang dibutuhkan pada saat liburan tersebut. Apalagi, jika liburan ini akan Anda lakukan di sebuah tempat yang masih kaya akan alam di sekitarnya, tentu peralatan yang harus disiapkan akan lebih banyak daripada liburan biasa.

Selain pakaian dan gadget, untuk berlibur kemari Anda juga perlu membawa jas hujan, kantong plastik, tas ransel, dan beberapa peralatan jenis lainnya yang akan sangat membantu Anda dalam melakukan liburan yang menyenangkan dan aman.

Maka dari itu, sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan Anda ke tempat ini, Anda perlu memastikan bahwa peralatan-peralatan ini sudah ada di tas ransel atau koper Anda, supaya tidak ada yang tertinggal ketika Anda sudah harus berangkat.

  • Selalu Perhatikan dan Jaga Kebersihan di Sekitarnya

Pulau Sempu - Fakta Menarik tentang Pulau Sempu Malang

Karena cagar alam yang berada di Malang ini kekayaan alamnya sangat dilestarikan, jadi Anda sangat tidak boleh membuang sampah sembarangan ketika sedang ada di tempat ini. Sementara itu, sebenarnya pernyataan jangan buang sampah sembarangan ini akan berlaku di semua tempat yang ada di dunia ini.

Jadi, Anda tidak boleh membuang sampah secara sembarangan di semua tempat dan bukan hanya di tempat ini saja. Namun, karena pulau ini memiliki ketentuan yang sangat ketat dalam hal kebersihan di area sekitarnya, jadi Anda dilarang keras meninggalkan sampai di segala sisi yang ada di tempat ini.

Disinilah fungsi dari kantong plastik yang Anda bawa akan berguna. Setiap habis makan atau melakukan suatu hal yang akan mendatangkan sampah, Anda bisa membuang sampah tersebut ke kantong plastik yang Anda bawa.

Kemudian, Anda bisa membawa kantong plastik itu, sampai Anda sudah keluar dari area cagar alam ini. Dalam perjalanan pulang Anda bisa membuang sampah itu di tempat sampah yang benar. Jangan membuang sampah di sembarang tempat, karena hal ini dapat memperburuk kondisi lingkungan kita.

Baca Juga : Tips dan Trik Penggunaan Transportasi saat Traveling yang Perlu Anda Tahu

Keseruan di Pulau Sempu ini hanya bisa Anda nikmati ketika Anda mendapatkan ijin dari BKSDA. Jadi, berlibur ke pulau ini akan memberikan pengalaman yang berbeda jika dibandingkan dengan berlibur ke pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *