Salah satu daerah perindustrian utama di Indonesia dan yang menjadi kota satelit bagi ibukota negara adalah Tangerang. Selain dikenal sebagai kota metropolitan, ternyata ada banyak tempat wisata di Tangerang yang bisa Anda kunjungi dan menawarkan keindahan serta keunikan tersendiri. 

12 Pilihan Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

Berbagai tempat wisata bisa ditemukan di Tangerang mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Wisata yang ada di Tangerang cocok dikunjungi oleh keluarga hingga generasi milenial. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Tangerang paling populer:

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Ciwidey Terpouler yang Wajib di Kunjungi Saat Liburan !

1.Pantai Tanjung Kait

Pantai tanjung kait - Wisata alam tanggerang

Salah satu tempat wisata alami yang bisa Anda temukan di Tangerang adalah wisata Pantai Tanjung Kait. Tempat wisata ini menghadirkan beragam tempat kuliner seafood di atas rumah makan panggung yang bisa Anda nikmati sepuasnya. 

Anda bisa bersantai menikmati udara pantai sembari menyantap kuliner yang disajikan. Lokasi Pantai Tanjung Kait ada di Jalan Raya Tanjung Kait, Ketapang, Mauk, Tangerang. Untuk masuk ke Pantai Tanjung Kait Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk berkisar Rp 20.000. 

Fasilitas lainnya yang ada di Pantai Tanjung Kait seperti spot untuk memancing, dermaga dari bambu, area parkir luas hingga mushola.

2. Tebing Koja

Tebing koja - Wisata Alam Tanggerang

Meski merupakan kota industri dengan beragam bangunan buatan dari beton, Tangerang sangat kaya akan spot wisata alam yang indah dan menawan. Salah satu spot wisata alam menarik adalah Tebing Koja. Tebing Koja terbentuk dari serangkaian susunan tebing batu dengan sungai berair jernih di sekitarnya.

Banyak wisatawan baik wisatawan lokal atau dari luar kota menyengaja datang untuk mengambil foto di berbagai spot foto Tebing Koja. Daerah Tebing Koja ini bahkan juga dikenal sebagai Kandang Godzilla karena lokasinya yang hijau dan seperti berada di syuting set film Godzilla.

Untuk masuk ke areal Tebing Koja, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5000. Tebing Koja atau Kandang Godzilla berada di alamat Cireundeu, Cikuya, Kecamatan Solear, Tangerang.

3. Pantai Tanjung Pasir

 Pantai Tanjung Pasir- Wisata pantai tenggerang

Objek wisata alami berikutnya yang ada di Tangerang adalah Pantai Tanjung Pasir. Pantai Tanjung Pasir berlokasi di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Tangerang, Banten. Untuk menjangkau lokasi pantai ini dari pusat kota hanya memakan waktu sekitar satu jam perjalanan saja. 

Ada berbagai fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Pasir seperti spot untuk memancing, tempat penyewaan perahu untuk berkeliling areal pantai hingga permainan air. Untuk masuk ke dalam Pantai Tanjung Pasir, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 saja.

4. Danau Cisoka

Danau Cisoka - wisata Tanggerang

 Salah satu tempat wisata di Tangerang yang wajib dikunjungi adalah Danau atau Telaga Cisoka. Kawasan Danau Cisoka merupakan kawasan wisata alam yang sangat ideal sebagai destinasi wisata keluarga. Danaunya sendiri sangat eksotik dengan warna danau yang biru terang. 

Danau Cisoka dikelilingi oleh puncak bukit berkapur yang sangat menawan. Kawasan Cisoka sendiri memang dikenal sebagai kawasan yang dikelilingi oleh keindahan danau. Ada banyak resort populer yang ada di kawasan ini. 

Keindahan Danau Cisoka tidak hanya berasal dari bentang alamnya namun juga karena aktivitas bekas galian tambang. Tiket masuk ke Danau Cisoka sangat terjangkau yakni hanya Rp 7000 saja perorang.

5. Masjid Al-Azhom

Masjid Raya Al-Azhom - Wisata Tanggerang

Anda juga bisa berwisata religi di kota Tangerang dengan mengunjungi Masjid Al-Azhom. Masjid Al-Azhom memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan masjid ini sangat tepat jika dijadikan sebagai salah satu ikon wisata Kota Tangerang.

Keunikan dari Masjid Al-Azhom adalah terdapat 5 buah kubah berwarna biru yang mendominasi bangunan masjid ini. Dari jauh, Masjid Al-Azhom terlihat sangat megah dan mewah. Anda bisa mengunjungi Masjid Al-Azhom sekaligus melaksanakan sholat 5 waktu di sini dan beristirahat sejenak saat perjalanan. 

Masjid Al-Azhom terletak di alamat Jalan Satria Sudriman, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Banten.

6. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Bendungan pintu air sepuluh - Wisata Tanggerang

Tempat wisata air buatan yang ada di Tangerang dan cukup banyak diminati adalah wisata Bendungan Pintu Air Sepuluh. Bendungan ini sendiri merupakan tempat penahan air banjir yang sudah diperbaiki sehingga bermanfaat untuk mencegah banjir. 

Meski fungsi awalnya adalah untuk menahan banjir, namun bendungan ini kini difungsikan juga sebagai spot wisata yang indah. Bendungan ini sendiri sudah dibangun pada tahun 1927 yang hingga sekarang masih kokoh berdiri. Wisatawan dapat memancing di beberapa titik bendungan. 

Untuk mengunjungi Bendungan Pintu Air Sepuluh, Anda dapat pergi ke alamat Desa Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Tangerang, Banten. 

7. Pulau Cangkir Kronjo

Danau Kronjo - Wisata Tanggerang

Wisata Pulau Cangkir Kronjo sangat disenangi oleh generasi milenial dan juga keluarga di Tangerang. Sebagaimana areal wisata yang ada di utara Tangerang, Pulau Cangkir Kronjo menyimpan pesona keindahan alam yang sangat eksotik. Hanya dengan merogoh kocek Rp 6000 Anda bisa bersantai di sini.

Alasan mengapa kawasan wisata ini disebut Pulau Cangkir Kronjo adalah karena bentuknya menyerupai cangkir. Anda nantinya akan melewati jembatan panjang penghubung pulau ke daratan. Pulau Cangkir Kronjo berada di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Tangerang.

8. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Danau situ gintung - Wisata Tanggerang

Tempat wisata di Tangerang berbasis danau lainnya yang sangat hits dan populer adalah kawasan Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Taman Wisata Pulau Situ Gintung sangat populer di kalangan masyarakat lokal karena posisinya yang mudah dijangkau dan strategis di tengah kota. 

Banyak masyarakat yang ingin melepas penatnya dengan bersantai dan menikmati kuliner di dalam areal danau buatan ini. Meski merupakan danau buatan, Taman Wisata Pulau Situ Gintung dikelilingi oleh pemandangan asri dari pepohonan hijau. 

Taman Wisata Pulau Situ Gintung berada di Jalan Pisangan Raya nomor 20, Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Harga tiket untuk masuk ke areal Taman Wisata Pulau Situ Gintung dalah Rp 45.000.

9. Taman Buaya Tanjung PasirTaman buaya tanjung pasir - Wisata Tanggerang

 

Taman Buaya Tanjung Pasir adalah tempat penangkaran satwa buaya berskala besar yang ada di kota 1000 industri ini. Pengunjung Taman Buaya Tanjung Pasir tidak hanya berasal dari wisatawan lokal namun juga dari luar kota. 

Pada awalnya, Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan tempat penangkaran buaya namun sejak 2005 tempat penangkaran ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Jumlah buaya yang ditangkarkan di Taman Buaya Tanjung Pasir bisa mencapai 500 ekor. 

Lokasi Taman Buaya Tanjung Pasir berada di Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten. Tempat wisata ini dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore. Untuk masuk ke kawasan wisata ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000.

10. Taman Potret

Taman Potret- Wisata Tanggerang

Sekedar ingin mencari spot foto instagramable yang unik dan menarik, Anda bisa berkunjung ke Taman Potret. Sesuai namanya, ada banyak spot-spot foto indah dibangun di taman ini. Beberapa spot foto yang bagus adalah di jembatan, patung artistic hingga pendopo. 

Untuk menjangkau Taman Potret sangat mudah karena berada di pusat kota yakni Babakan, Tangerang.

11. Citra Raya World of Wonders

Citra Raya World of Wonders- wisata tanggerang

Tempat wisata di Tangerang untuk keluarga adalah Citra Raya World of Wonders tidak pernah sepi oleh pengunjung tiap harinya. Tempat wisata ini mempunyai pesona berupa berbagai ragam wahana menarik yang cocok dimainkan bersama anggota keluarga. 

Anda bisa menemukan miniature Piramid, Menara Pisa, hingga Candi Borobudur. Harga tiket untuk masuk Citra Raya World of Wonders adalah Rp 60.000. Citra Raya World of Wonders berlokasi di Jalan Ecopolis Boulevard Mekar Bakti, Kecamatan Cikupa, Tangerang.

12. Situ Cihuni

Situ Cihuni - Wisata Tanggerang

Jika Anda sedang mencari spot wisata yang cocok dijadikan tempat berolahraga di Tangerang, maka Situ Cihuni adalah tempat yang cocok. Situ Cihuni berada di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Tangerang, Banten. 

Panorama danau Situ Cihuni sangat indah karena dikelilingi oleh pohon pinus lebat nan hijau. Ada banyak ikan air tawar yang hidup di dalam Situ Cihuni sehingga banyak dimanfaatkan warga untuk memancing. Ada jogging track yang bisa dimanfaatkan untuk berlari.

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Sebagai kota yang dikenal sebagai kota 1000 industri, ada sejuta pesona yang bisa Anda temukan dari tempat wisata di Tangerang. Berbagai pilihan wisata mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata edukasi bahkan kuliner juga bisa Anda eksplor sepuasnya di kota yang ada di utara Kota Banten ini.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *