thumbnail jrg dikunjungi - wisata indah namun jarang dikunjungi

Indonesia memiliki kondisi alam yang sangat cantik, dari Sabang sampai ke Merauke. Oleh sebab itu, destinasi wisata alam Indonesia juga sangat banyak. Mungkin Anda mengenal beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal seperti Pantai Selatan, Labuan Bajo, Bali, atau Raja Ampat. Namun, ada beberapa destinasi wisata alam yang indah yang jarang dikunjungi di Indonesia. 

Baca Juga : Di Indonesia Ada Wisata Indah yang Dilarang Dikunjungi Nih, Anda Sudah Tahu Belum?

Lokasi destinasi wisata tersebut seperti mutiara yang berada di kedalaman lautan. Tersembunyi, namun tetap memancarkan keindahan. Ketika mengunjunginya, Anda akan mendapatkan momen yang tidak terlupakan sepanjang masa.

Berikut Wisata Indah Namun Jarang dikunjungi 

Pasti Anda penasaran dengan destinasi wisata tersebut. Yuk simak 15 destinasi wisata indah di Indonesia namun jarang dikunjungi di bawah ini.

1. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah - wisata indah namun jarang dikunjungi

Pantai ini berlokasi di Desa Sumberagung, tepatnya di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Saat pertama kali Anda sampai di Pantai Pulau Merah, Anda akan menyaksikan pantai yang jernih dan panorama alam yang mengagumkan.

Di sekeliling pantai terdapat pegunungan hijau, cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran sambil berlibur. Pantai ini memiliki sebuah bukit kecil dengan tanah berwarna merah. Saat air laut surut, Anda dapat mengunjungi pulau dengan berjalan kaki. Meskipun destinasi wisata mempunyai pemandangan yang indah, namun cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan.

2. Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura - wisata indah namun jarang dikunjungi

Di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada sebuah destinasi wisata alam yang indah bernama Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini mempunyai tinggi mencapai 200 meter, sehingga menyandang predikat air terjun tertinggi di pulau Jawa.

Ketika Anda berkunjung ke lokasi air terjun, tersaji pemandangan alam yang elok, udara segar, dan suara aliran air yang merdu. Destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi ini juga mempunyai julukan air terjun abadi. Hal tersebut dikarenakan aliran airnya yang tidak pernah berhenti, walaupun pada musim kemarau.

3. Goa Jomblang

goa jomblang - wisata indah namun jarang dikunjungi

Goa Jomblang memiliki tinggi 60 meter dan terletak di Yogyakarta. Anda dapat menyaksikan sungai bawah tanah dan pemandangan hutan purba saat berkunjung ke goa ini. Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang suka dengan petualangan dan tantangan.

Ketika proses penelusuran di dalam goa, Anda akan didampingi oleh tim berpengalaman. Tersedia juga perlengkapan keamanan seperti sepatu boot, lampu senter di kepala, dan helm. Destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi ini pernah menjadi lokasi shooting Amazing Race Amerika pada tahun 2011.

4. Pulau Labengki

labenki - wisata indah namun jarang dikunjungi

Pulau Labengki berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Destinasi wisata ini merupakan surga tersembunyi dengan pemandangan alam yang cantik dan menyajikan kekayaan alam di bawah laut. Ketika sedang berkunjung, Anda bisa melakukan snorkeling.

5. Kayu Aro

kayu aro - wisata indah namun jarang dikunjungi

Destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi berikutnya adakah Kebun Teh Kayu Aro yang berlokasi di Kerinci dengan luas 2500 meter. Kebun teh ini adalah kebun teh hitam yang bebas bahan kimia dan menjadi kebun teh tertua di Indonesia.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa teh Kayu Aro merupakan teh favorit Ratu Belanda dan Ratu Inggris saat masa penjajahan. Saat Anda berkunjung ke destinasi wisata ini, jangan lupa untuk membawa jaket tebal. Kebun teh ini berada pada ketinggian 1600 meter dpl dan bisa Anda bayangkan betapa dinginnya udara di lokasi tersebut.

6. Kerumutan

kerumutan - wisata indah namun jarang dikunjungi

Pulau Sumatera masih banyak menawarkan destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi seperti Kerumutan yang berlokasi di Provinsi Riau. Anda dapat melihat panorama hutan gambut dengan luas puluhan ribu hektar, lengkap dengan flora endemik dan sejumlah satwa langka.

Pemandangan yang eksotis juga dapat Anda saksikan. Jika Anda berkunjung pada waktu yang tepat, Anda bisa mengamati proses migrasi sekelompok burung yang sangat unik. Pemandangan unik tersebut yang membuat Kerumutan mempunyai status sebagai kawasan Endangered Bird Area dan Important Bird Area.

7. Waduk Jangari

jangari - wisata indah namun jarang dikunjungi

Destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi berikutnya adalah Waduk Jangari di Cianjur. Anda dapat mengunjungi waduk ini bersama keluarga atau teman-teman untuk menikmati pemandangan alam sekitar. 

Di Waduk Jangari terdapat ribuan keramba ikan serta rumah apung. Saat Anda datang pada waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional yaitu Tari Jaipong. Penduduk setempat juga akan mengajak Anda untuk berkeliling di waduk menggunakan perahu.

8. Bukit Tinggi Daramista

daramista - wisata indah namun jarang dikunjungi

Ada sebuah destinasi wisata indah untuk menyaksikan keindahan alam Kabupaten Sumenep dari ketinggian, namun jarang dikunjungi bernama Bukit Tinggi Daramista. Saat berkunjung, Anda bisa berfoto selfie, menjelajahi wilayah sekitar, dan berbagai aktivitas menantang lainnya. Pemandangan di tempat ini sangat bagus ketika malam hari. Anda bisa menyaksikan kerlip lampu yang sangat indah.

9. Tumpukan Batu Eksotik

batu eksotik - wisata indah namun jarang dikunjungi

Tumpukan Batu Eksotik merupakan salah satu objek wisata indah, namun jarang dikunjungi yang berada di Goa Lawa, Tegal. Selain melihat tumpukan batu yang tersusun alami, Anda juga dapat mendakinya.

Destinasi wisata ini cocok untuk Anda yang mempunyai jiwa petualang. Anda juga bisa berfoto di sisi tebing dengan latar belakang pemandangan terbaik. Namun, sebaiknya Anda menghindari berkunjung ke lokasi ini saat musim hujan, karena kondisi lokasi pasti licin.

10. Meru Betiri

meru betiri - wisata indah namun jarang dikunjungi

Banyuwangi menawarkan destinasi wisata hutan tropis yang indah, namun jarang dikunjungi, yaitu Meru Betiri. Di lokasi wisata, ada ekosistem mangrove, hutan hujan dataran rendah, serta hutan rawa. 

Selain menjadi tempat melepas penat, Anda juga bisa menemukan tumbuhan langka seperti raflesia, rengas, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa bertemu satwa liar seperti kumbang hitam dan bajing terbang ekor merah. 

11. Air Terjun Benang Stokel

benang stokel - wisata indah namun jarang dikunjungi

Di Lombok ada destinasi wisata Air Terjun Benang Stokel yang indah, namun jarang dikunjungi. Mempunyai bentuk seperti ikatan benang dan tinggi 20 meter. Kondisi airnya sangat jernih, sehingga Anda dapat melihat dasar sungai. Di area sekitar air terjun Anda dapat melihat pepohonan rimbun yang membuat suasana semakin asri.

12. Pantai Ora

pantai ora - wisata indah namun jarang dikunjungi

Pantai Ora yang berada di Maluku mempunyai pesona yang tidak kalah indah dengan Pantai Bora-bora yang ada di Samudera Pasifik. Keindahan Pantai Ora sebanding dengan keindahan Pantai Boracay yang berada di Filipina.

Di lokasi destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi ini Anda dapat menyaksikan air laut jernih dan terumbu karang yang tinggi. Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan diving bersama pelatih professional. Keindahan ikan yang beraneka ragam dan terumbu karang akan semakin membuat Anda terpesona.

13. Teluk Kiluan

teluk kiluan - wisata indah namun jarang dikunjungi

Teluk Kiluan berlokasi di Lampung. Destinasi wisata ini sangat terkenal dengan atraksi ikan paus dan lumba-lumba di lautan lepas. Warna airnya dan sangat jernih. Cocok bagi Anda yang ingin melepas penat akibat aktivitas harian yang membosankan.

Anda juga dapat menjadikan destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi ini menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Terkadang, Teluk Kiluan menjadi lokasi lomba memancing untuk seluruh pemancing di Indonesia.

14. Danau Kaco

danau kaco - wisata indah namun jarang dikunjungi

Selain Kebun Teh Kayu Aro, Jambi juga memiliki destinasi wisata Danau Kaco. Danau ini memiliki air berwarna biru dan sangat jernih seperti kaca. Ketika Anda mengunjungi danau ini, Anda dapat menghirup udara segar, karena danau berlokasi di kaki Gunung Batuah. Jika berkunjung malam hari saat bulan purnama, Anda akan menyaksikan pantulan bulan yang indah di permukaan danau.

15. Pulau Kanawa

kanawa - wisata indah namun jarang dikunjungi

Destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi yang terakhir adalah Pulau Kanawa di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki hamparan pasir berwarna putih, perairan yang jernih, serta pepohonan hijau yang rimbun di tepi pantai.

Jika Anda mendekat ke air akan terlihat jelas sekelompok ikan yang berenang bebas. Di lokasi wisata ini Anda juga dapat berinteraksi bersama beberapa rusa jinak yang aman untuk Anda dekati.

Nah, itulah tadi 15 destinasi wisata indah, namun jarang dikunjungi yang ada di Indonesia. Sangat menarik dan tidak kalah indah dengan destinasi wisata ramai pengunjung bukan? 

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Terbaik di Malang yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Destinasi Liburan Nanti

Apakah Anda Tertarik untuk Mengunjungi Salah Satunya?

Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang menyukai tempat wisata sepi, namun tetap indah. Biasanya tempat wisata yang tidak terlalu ramai bisa membuat Anda lebih bebas dan nyaman untuk menenangkan pikiran.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *