Tempat Wisata di Kaliurang

Menjadi bagian kota wisata di Sleman, Yogyakarta, Kaliurang menyimpan banyak tempat menarik yang sarat akan sejarah. Maka tidak heran jika tempat wisata di Kaliurang benar-benar diincar oleh para wisatawan karena banyak yang tidak puas datang ke kota ini jika hanya sekali saja.

Keindahan Kaliurang yang paling menonjol adalah memanfaatkan lereng merapi dengan suasana sejuknya. Banyak wisatawan, khususnya para anak muda yang datang ke Kaliurang bersama teman-temannya untuk menghabiskan waktu berlibur di Kepulauan Jawa yang satu ini.

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Tangerang Paling Populer dan Terbaru

Tempat Wisata di Kaliurang Terpopuler

Sebagai permulaan dalam berwisata, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Kaliurang yang paling difavoritkan oleh banyak wisatawan. Kepopuleran tempat wisata ini memang dibuktikan dengan keindahannya yang tak akan Anda temukan di wilayah lainnya. Apa saja tempat wisata tersebut?

1. Bukit Klangon

Bukit klangon - Wisata alam kaliurang

Bukit Klangon merupakan tempat wisata di Kaliurang yang lokasinya dekat dengan Gunung Merapi. Hal inilah yang menjadikan Bukit Klangon sangat cocok untuk Anda ketika melakukan aktivitas downhill menggunakan sepeda dan tersedia jalurnya yang sepanjang 20 KM. Wow!

Tidak hanya aktivitas downhill, di Bukit Klangon, aktivitas lainnya seperti camping, mendaki yang diperuntukan bagi anak-anak dalam segi edukasi, dan melihat pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan.

2. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon - Wisata kaliurang

Keindahan perairan yang berwarna biru jernih, menjadikan Blue Lagoon Jogja begitu menarik minat para wisatawan. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, akan tetapi tempat wisata yang sering disamakan dengan Blue Lagoon Islandia ini begitu asri dan sangat instagramable.

3. Taman Bunga Matahari Helio Garden

Taman Bunga Matahari Helio Garden - wisata alam kaliurang

Jika Anda senang dengan bunga matahari, tidak ada salahnya melipir menuju Taman Bunga Matahari Helio Garden. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk mengabadikan foto bersama bunga yang tingginya mampu mencapai 2,5 meter dengan warna kelopaknya begitu cerah.

Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2018 ini mempunyai luas tanah hingga 2.600 meter. Maka Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan spot untuk berfoto karena akan banyak sekali space berselfie ria sampai Anda merasa puas.

Wisata Museum Bersejarah di Kaliurang

Keindahan Kaliurang tidak terlepas dari peristiwa bersejarah yang telah terjadi di kawasan wisata ini. Banyak sisi menarik yang mungkin saja tidak diketahui oleh banyak orang, sehingga melalui museum, diharapkan dapat menjadi tempat wisata di Kaliurang yang kental dengan edukasi bagi wisatawan.

1. Ullen Sentalu

Ullen Sentalu - Tempat wisata kaliurang

Museum Ullen Sentalu menekankan pada kebudayaan Jawa, khususnya sejarah kawasan Yogyakarta dan Solo. Nama Ullen Sentalu diambil dari bahasa Jawa dan merupakan singkatan dari “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang bermakna “Nyala lampu blencong”.

Blencong sendiri merupakan jenis lampu yang digunakan sebagai penerangan saat pergelaran wayang kulit dilaksanakan dan dianalogikan sebagai penerang kehidupan manusia ke arah yang lebih baik.

Namun, sayangnya, Anda tidak secara sembarangan berswafoto ria karena sudah menjadi peraturan Museum Ullen Sentalu. Telah disediakan beberapa spot khusus ketika Anda ingin mengambil foto maupun video, sehingga spot lainnya hanya bisa Anda nikmati selama berada di sana.

2. Gunung Merapi

Gunung Merapi - Tempat wisata kaliurang

Mempunyai bentuk bangunan trapesium yang begitu unik, menjadikan Museum Gunung Merapi sebagai sarana edukasi sekaligus nostalgia terkait tragedi meletusnya Gunung Merapi di tiga decade, yakni tahun 1960, 1990, dan 2000. 

Terdiri dari dua lantai, Anda akan disuguhkan dengan beragam replika hingga teater khusus untuk melihat film pendek berdurasi 24 menit. Pada film tersebut para pengunjung akan diperlihatkan efek dari letusan gunung berapi bagi alam sekitar dan sisi lain dari fisik gunung itu sendiri.

3. Museum Gempa Prof. Sarwidi

Museum Gempa - tempat wisata kaliurang

Meskipun museum ini dari segi ukuran cukup kecil, yakni hanya sekitar 6 x 10 meter, akan tetapi Museum Gempa Prof. Sarwidi tetap mampu menarik minat para wisatawan karena banyak sekali edukasi yang diberikan terkait tentang gempa bumi dan gunung berapi.

Museum yang dirancang anti-gempa ini menampilkan sejumlah edukasi menarik, khususnya untuk anak-anak, seperti pemutaran film animasi terkait gempa bumi hingga simulasinya secara langsung. 

Objek Wisata Modern di Kaliurang

Kawasan Kaliurang pun juga sudah beradaptasi dengan kebutuhan para wisatawan akan objek wisata modern dan bisa dikatakan kekinian. Tenang saja, untuk para anak muda yang sekedar ingin berselfie ria, terdapat beberapa objek wisata modern yang tentunya membuat Anda betah berlama-lama di sini.

1. Stonehenge

Stonehenge - tempat wisata kaliurang

Deretan bebatuan besar yang berdiri kokoh dan tersebar di beberapa area, menjadikan Stonehenge di Kaliurang ini mengingatkan para wisatawan dengan konsep tempat wisata yang serupa di Britania Raya, Inggris.

Stonehenge menjadi destinasi wisata modern karena banyak digunakan sebagai spot foto yang tampilannya yang begitu unik. Namun, ketika berada di Stonehenge jangan sampai mencoret-coret temboknya ya supaya kondisi asli dari batuan hasil erupsi di tahun 2010 lalu.

2. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit - Tempat wisata kaliurang

Kalau Anda mengetahui film The Lord of The Rings yang terkenal itu, salah satu ciri khasnya adalah rumah para kurcaci (hobbit) yang begitu estetik. Nah, tempat wisata Rumah Hobbit Kaliurang ini menciptakan replikanya dengan ukuran bangunannya sekitar 2 x 4 meter.

Tempat wisata di Kaliurang ini saking bagusnya sering dijadikan tempat pasangan kekasih untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Namun, kalau Anda hanya ingin sekedar bersantai, Rumah Hobbit Kaliurang juga menyediakan rerumputan sintesis untuk para wisatawan yang ingin duduk lesehan.

3. The Lost World Castle

The Lost World Castle - Tempat wisata kaliurang

Pernah diisukan akan tutup karena mempunyai permasalahan terkait perizinan, The Lost World Castle hingga saat ini memberikan pengalaman wisata tak terlupakan. Memasuki area The Lost World Castle, konsep area wisata berbentuk kastil terlihat begitu klasik dan elegan.

Terlebih lagi banyaknya spot foto yang bisa Anda manfaatkan untuk berfoto sesuka hati, terutama jika menelusuri salah satu area di The Lost World Castle dengan suasana alam negara Jepang yang begitu kental dan menjadi favorit para wisatawan untuk mengabadikan momen di tempat ini.

Ragam Desa Wisata di Kaliurang

Keberadaan desa tidak hanya sebagai tempat tinggal masyarakat serikat, akan tetapi bisa dijadikan tempat wisata menarik dan ternyata masih banyak wisatawan yang berminat mengunjungi objek wisata seperti ini.

Anda bisa melihat secara langsung aktivitas sehari-hari para masyarakat di Kaliurang tentunya. Dari sekian banyak desa, ada beberapa desa yang memang didedikasikan untuk para wisatawan, lho. Inilah daftar desa-desa tersebut dan terdapat alasan mengapa Anda wajib untuk mengunjunginya!

1. Ledok Sambi Kaliurang

Ledok Sambi Kaliurang - tempat wisata kaliurang

Jika Anda lebih senang menghabiskan waktu berlibur dengan cara camping bersama keluarga, maka silahkan datang dan nikmati suasana asri sembari berkemah di dekat sungai yang disediakan oleh Ledok Sambi Kaliurang.

Anda tidak perlu repot-repot membawa alat masak ataupun bahan-bahan makanan untuk disantap, karena pihak pengelola Ledok Sambi Kaliurang menyediakan warung khusus untuk memenuhi asupan makanan para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Suasana sejuk nan asri menjadikan pengalaman wisata Anda akan semakin berkesan dan tentunya bisa menjadikan Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

2. Desa Pulesari

Desa Pulesari - tempat wisata kaliurang

Desa Pulesari menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi wisatawan karena banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan, khususnya bagi Anda para penggemar river trekking, disinilah tempat yang tepat.

3. Pentingsari

Pentingsari - Tempat wisata kaliurang

Menjadi desa yang sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk outbound, Desa Pentingsari juga wajib untuk dikunjungi karena di area wisata pun Anda disediakan mobil jeep sebagai sarana transportasi sekaligus mengeksplorasi alam sekitar bersama dengan pemandu berpengalaman.

Berbagai macam kegiatan seperti menanam padi hingga membuat kerajinan tangan pun bisa Anda lakukan disini.

Tujuan Wisata Kuliner Terbaik di Kaliurang

Tempat wisata di Kaliurang yang tidak boleh Anda lewatkan sama sekali adalah kuliner. Banyaknya Rumah Makan di Kaliurang tentunya membuat Anda bingung ketika ingin mencicipi menu-menu terbaik dengan rasa yang lezat (tentunya harganya pun terjangkau dan ramah di kantong wisatawan).

Supaya Anda tidak penasaran, mari kunjungi tempat-tempat di bawah ini dan berkesempatan mencicipi menu-menu nikmat yang menggugah selera makan Anda.

1. D’Padukan Pie & Resto

D’Padukan Pie & Resto - Tempat wisata kaliurang

Berlokasi di tengah sawah, D’Padukan Pie & Resto menjadi tujuan wisata kuliner yang wajib Anda cicipi menu-menunya. Nuansa rumah joglo khas Yogyakarta begitu kental di D’Padukan Pie & Resto dan salah satu hidangan yang diidolakan oleh para pengunjung adalah nasi gorengnya.

2. Tengkleng Gajah Jogja

Tengkleng Gajah - Tempat wisata kaliurang

Tengkleng Gajah merupakan olahan makanan lezat dengan menggunakan daging kambing beserta dengan tulang berukuran besar. Cita rasa gurih dan pedas begitu nikmat dan bisa Anda nikmati ketika mengunjungi Rumah Makan Tengkleng Gajah Jogja.

Baca juga : Rekomendasi 12 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Populer untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kaliurang memang bisa dikatakan cukup lengkap dan setiap destinasi wisatanya sudah dikelola dengan sangat baik. Mulai dari objek wisata sejarah, alam hingga kulinernya pun juga sangat beragam dan hal tersebut tentunya menjadikan para wisatawan senang berada di kawasan ini.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *