thumb bahaya solo - trik menghindari bahaya solo travelling

Travelling adalah aktivitas yang sering dilakukan seseorang untuk menghilangkan penat akibat bekerja. Pekerjaan yang menumpuk sering kali membuat stress bahkan depresi. Sehingga penting sekali untuk merefresh otak agar tidak sampai menimbulkan bahaya untuk tubuh, salah satunya melalui Travelling ini.

Dalam Travelling, seseorang memiliki cara nya tersendiri. Ada yang lebih menyukai travelling bersama-sama namun ada juga yang lebih menyukai solo Travelling.

Solo Travelling sering dianggap lebih berbahaya daripada Travelling bersama-sama. Sehingga Anda membutuhkan trik menghindari bahaya solo travelling. Hal ini mengingat dari segi keamanannya, dimana jika sendiri seseorang akan jauh lebih cepat menghadapi kejahatan dari pada saat beramai-ramai.

Namun tentunya seseorang memilih solo travelling bukan tanpa alasan. Hal ini karena dengan solo Travelling, Anda bisa lebih bebas mengekspresikan diri dan akan lebih memungkinkan menemukan hal-hal baru daripada saat Travelling beramai-ramai.

Baca Juga : 10 Manfaat Solo Traveling Bagi Kesehatan, Berani Coba?

Namun jika mengingat bahayanya lagi. Sebaiknya saat solo Travelling Anda harus benar-benar hati-hati. Disini saya akan memberikan beberapa trik untuk menghindari bahaya solo Travelling, sehingga Anda bisa solo Travelling dengan lebih tenang.

Trik Menghindari Bahaya Solo Travelling

Berikut 12 trik menghindari bahaya solo Travelling sehingga kegiatan travelling Anda tetap aman terkendali.

1. Melakukan Riset Perjalanan

riset - trik menghindari bahaya solo travelling

Riset perjalanan ini penting untuk dilakukan sebelum melakukan solo travelling. Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang daerah tujuan Anda. Mulai dari akomodasi, tempat tinggal, harga tiket transportasi, hingga tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Dalam hal ini, Anda bisa mencari informasinya melalui website-website travelling, dan sebagainya. Anda juga bisa mengikuti forum-forum terkait untuk bertanya tempat daerah yang akan Anda kunjungi. 

2. Membuat Rancangan Anggaran Perjalanan

anggaran perjalanan - trik menghindari bahaya solo travelling

Saat bepergian sendiri, Anda tidak bisa mencari bantuan keuangan dari teman Anda. Semua keuangan perjalanan, Anda akan tanggung sendiri. Oleh karena itu, sebuah rancangan anggaran perjalanan penting Anda buat sematang mungkin sebelum melakukan perjalan. 

Anda bisa membuat rincian anggaran perjalanan mulai dari biaya tiket pesawat keberangkatan, biaya makan, biaya sewa tempat tinggal, hingga tiket masuk saat mengunjungi tempat wisata. Namun pastinya tidak semuanya akan berjalan sesuai rencana. Tapi melalui hal ini, Anda bisa mengurangi resiko buruk kehabisan uang saat solo travelling.

3. Menginap di Hostel

hostel - trik menghindari bahaya solo travelling

Saat melakukan solo travelling, sebaiknya Anda menghindari menginap di hotel private yang mewah. Hal ini bukannya berkaitan dengan biaya yang akan Anda keluarkan, tetapi juga tentang teman-teman yang akan Anda temui.

Saat menginap di hotel private biasanya Anda akan jarang bertemu dengan sesama solo traveller. Berbeda halnya dengan ketika Anda menginap di hostel yang notabenenya biasanya menyediakan dorm berdasarkan jenis kelamin dan kadang campuran. 

Di hostel inilah Anda biasanya akan bertemu dengan sesama solo traveller lainnya dari berbagai daerah. Hal ini tentunya bisa memungkinkan Anda untuk mendapatkan teman baru. Dan jika sudah seperti ini, maka kegiatan solo travelling Anda pun bisa jadi akan lebih bermakna. 

4. Memberitahu Rencana Liburan Kepada Keluarga dan Teman

call liburan - trik menghindari bahaya solo travelling

Dalam hal ini, memberitahu keluarga dan teman penting untuk dilakukan. Mulai dari kapan keberangkatan, kepulangan dan lokasi yang Anda tuju. Hal ini sebagai tindak berjaga-jaga jika terjadi hal buruk pada Anda saat melakukan solo travelling.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan update status media sosial seperti lokasi Anda, selama kegiatan travelling berlangsung. Ini bukan bermaksud untuk pamer, tetapi lebih kepada jaga-jaga jika tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Karena jika hal tersebut sudah Anda lakukan, maka keluarga atau teman Anda tahu apa yang harus dilakukan dan kemana harus mencari Anda. Namun bukan berarti kegiatan solo travelling sepenuhnya berbahaya, ini hanyalah sebuat antisipasi demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam solo travelling. 

5. Memilih Kedatangan di Pagi Hari

kedatangan pagi - trik menghindari bahaya solo travelling

Saat melakukan solo travelling, sebaiknya Anda mencari tiket pesawat atau transportasi apapun dengan kedatangan di pagi atau siang hari pada daerah tujuan Anda. Hal ini karena pagi atau siang hari dianggap lebih aman daripada malam hari.

Tidak hanya itu, saat siang hari tempat penginapan dan transportasi biasanya akan lebih banyak yang buka. Terutama bagi Anda yang sedang mencari tempat penginapan dan transportasi yang murah, maka kemungkinan Anda bisa mendapatkannya pada siang hari juga akan lebih mudah.

6. Menaruh Dokumen dan Uang Secara Terpisah

dokumen uang - trik menghindari bahaya solo travelling

Menaruh dokumen dan uang secara terpisah merupakan antisipasi yang cukup baik jika saat menghadapi kejahatan. Karena tidak ada yang tau kapan dan dimana kejahatan itu bisa terjadi. 

Alih-alih menyimpan semua barang berharga Anda pada satu dompet atau satu tempat. Anda bisa meletakkan uang, dokumen dan ATM Anda pada tempat yang terpisah. Hal sebagai cara agar Anda tetap memiliki cadangan jika misalnya nanti terjadi hal yang tidak Anda inginkan ketika melakukan solo travelling. 

Tidak hanya itu, berkaitan dengan dokumen seperti paspor, KTP, dan sejenisnya. Sebaiknya Anda scan terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika Anda kehilangan tas Anda saat travelling. 

7. Memakai Pakaian Seperti Masyarakat Lokal

pakaian lokal - trik menghindari bahaya solo travelling

Para traveller perempuan biasanya sering sekali menjadi sasaran kejahatan, apalagi jika Anda seorang solo traveller. Maka kemungkinan Anda menjadi sasaran kejahatan juga akan semakin besar.

Untuk menanggulangi atau menghindari hal ini, salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan berpakaian seperti masyarakat lokal. Hal ini ampuh karena jika Anda diketahui sebagai orang asing. Maka orang-orang jahat biasanya akan memanfaatkan hal ini.

8. Melakukan Perjalanan di Siang Hari

perjalanan siang - trik menghindari bahaya solo travelling

Waktu teraman untuk bepergian adalah saat keadaan terang seperti pagi atau siang hari. Hal ini dikarenakan kebanyakan aktivitas manusia terjadi di siang hari. Jadi jika kemungkinan terjadi hal yang tidak diinginkan, akan ada orang yang membantu Anda.

Tidak hanya itu, beberapa transportasi umum akan susah sekali Anda temukan pada malam hari. Hal ini akan diperparah lagi jika Anda sedang di perjalanan sendiri. Tentunya resiko kejahatan pun akan semakin tinggi. Jadi sebaiknya Anda melakukan perjalanan siang hari, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Memulai Pembicaraan Dengan Masyarakat Lokal

talk local - trik menghindari bahaya solo travelling

Memulai pembicaraan terkadang adalah hal sulit untuk sebagian orang, terutama bagi seorang introvert. Namun, ketika melakukan solo traveling, sebaiknya Anda memang harus memaksa diri untuk mencoba berbicara dengan masyarakat lokal. 

Hal ini akan sangat berguna untuk kegiatan travelling Anda. Melalui hal ini, Anda bisa mengetahui tempat wisata, penginapan, hingga transportasi yang cocok untuk travelling Anda berdasarkan rekomendasi dari masyarakat lokal. 

10. Meninggalkan Perhiasan di Rumah

perhiasan - trik menghindari bahaya solo travelling

Perhiasan biasanya adalah benda yang sering menjadi sasaran kejahatan. Dengan membawa perhiasan berlebih saat travelling adalah sebuah kesalahan, apalagi jika Anda melakukan solo travelling. Tentunya hal ini malah akan mengundang kejahatan menghampiri Anda.

Sebaiknya saat solo travelling, Anda meninggalkan perhiasan di rumah. Tidak hanya untuk menghindari kejahatan, tetapi demi kenyamanan travelling Anda. 

11. Mencatat Nomor Penting

phone number - trik menghindari bahaya solo travelling

Sebelum melakukan solo traveling, sebaiknya Anda mencatat nomor-nomor penting seperti nomor telepon penginapan, rumah sakit, polisi, hingga kenalan keluarga terdekat. Hal ini sebagai tindakan jaga-jaga jika Anda kehilangan ponsel Anda atau terjadi hal yang tidak diinginkan lainnya pada Anda.

12. Membawa Barang Bawaan Seperlunya

packing sep - trik menghindari bahaya solo travelling

Sebagai seorang solo traveler, Anda diharuskan untuk melakukannya sendiri. Terutama dalam membawa barang bawaan Anda. 

Anda harus menenteng barang bawaan Anda kemanapun sendiri, khususnya saat akan ke tempat penginapan. Jadi sebaiknya Anda membawa barang bawaan seperlunya sehingga tidak memberatkan Anda saat melakukan solo travelling.

Dalam hal ini, Anda bisa mengurangi baju yang Anda bawa. Cobalah untuk membawa baju yang memang sangat Anda perlukan nantinya.

Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan baju saat travelling nanti. Karena biasanya di sebuah tempat penginapan akan ada tempat untuk mencuci baju. Jadi, alih-alih membawa baju banyak tapi tidak digunakan nantinya, lebih baik membawa sedikit baju dan membuat travelling Anda lebih nyaman.

Baca Juga : 6 Bahaya Saat Solo Travelling yang Wajib Anda Hindari

Sudah Siap Melakukan Solo Travelling?

Itulah, 12 trik menghindari bahaya solo travelling yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan travelling sendiri. Intinya sebelum melakukan solo traveling, Anda sebaiknya menyiapkan semuanya dengan matang terlebih dahulu ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *