Tak jarang saat pergi berlibur ke tempat baru sembelit kerap kali datang menghantui, tapi tenang aja ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan saat masalah itu datang. Kamu hanya perlu mengikuti langkah mudahnya, berikut deretan solusi susah buang air saat traveling.

Datang ke tempat baru tentunya membuat kamu harus menyesuaikan diri dengan suasana baru, hal inilah yang kerap kali mengganggu aktivitas buang air saat traveling. Tak cuma suasana kegiatan yang padat, namun makanan yang tak biasa dimakan juga bisa jadi salah satu masalahnya lho.

Solusi Susah Buang Air Saat Traveling, Ikuti Langkah Berikut

1. Mengkonsumsi Obat Pencahar

Solusi utama saat kesusahan buang air besar saat pergi traveling adalah mengkonsumsi obat pencahar. Kini sudah banyak obat pencahar yang aman di pasaran dan tak memerlukan resep dokter saat membelinya. Langkah ini merupakan cara praktis mengatasi kesusahan buang air.

Baca Juga : 12 Tips Travelling di Alam Bebas Agar Tetap Aman

Biasanya obat pencahar ini akan bekerja semalaman dan membuat sembelit kamu teratasi dan tak perlu khawatir lagi jika terjadi sembelit. Jadi jika kamu pergi traveling atau pergi berlibur ke tempat baru jangan lupa membawa obat pencahar untuk membantu kamu mengatasi sembelit di tempat baru.

2. Beraktivitas Tepat Waktu

Salah satu tips lainnya yang perlu kamu perhatikan saat traveling adalah tetap melakukan aktivitas seperti biasanya saat tidak traveling. Usahakan untuk melakukan aktivitas tersebut kamu lakukan tepat waktu, termasuk, tidur tepat waktu, buang air besar sesuai jadwal dan makan tepat waktu.

Kebiasaan ini dapat mencegah sembelit saat pergi traveling lho, pasalnya dengan melakukan kegiatan layaknya sehari-hari dan tepat waktu maka tubuh akan memproses semuanya seperti biasa. Lebih penting apabila kamu makan tepat waktu karena usus akan terbiasa dengan hal tersebut.

3. Perbanyak Makanan Berserat

Meski pergi traveling jangan lupa untuk mejaga asupan makanan selama di perjalanan dan di tempat wisata ya. Tetap perbanyak makanan yang berserat dan mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika makan berlebihan maka usus akan meregang dan pergerakanya akan terhambat.

Pasalnya makanan yang ada di tempat wisata biasanya memiliki kandungan yang rendah serat terutama jajanan yang akan kamu makan dan membuat sistim pencernaan kamu terhambat nantinya. Tetap nikmati wisata kuliner kamu saat liburan tapi jangan lupa makanan yang berserat.

4. Minum Air Putih

Solusi susah buang air saat traveling lainnya adalah perbanyak minum air putih. Usahakan selama berpergian jauh kamu tetap meminum air putih, kamu harus menjaga tubuh kamu mendapatkan asupan air yang cukup, pasalnya hal tersebut bisa menjadi penyebab kamu sulit buang air besar.

Kamu bisa membawa botol yang berukuran cukup besar dan pastikan air minum tersebut bisa menjaga tubuh kamu dari asupan air. Minumlah minimal delapan gelas per hari, karena air putih bisa melancarkan segala sistim, dalam tubuh kamu, termasuk pencernaan kamu akan lancar.

5. Minum Kopi Hangat Saat Pagi

Selain air putih, kamu bisa mencoba tips mengatasi sembelit lainnya dengan mencoba meminum kopi saat pagi hari. Tips satu ini sudah banyak dicoba dan dibuktikan jika menikmati kopi di pagi hari bisa mengatasi susah buang air besar saat traveling, tetapi jangan lupa untuk makan dulu ya.

Dengan kopi dipercata akan meningkatkan kontraksi di usus dan mengaktifkan gerakan susu sehingga akhirnya hal yang membuat sembelit bisa kembali lancar. Tak juga saat traveling, tetapi kamu juga bisa mencoba tips ini saat kamu susah buang air besar atau sembelit di rumah.

6. Olahraga yang Cukup

Tips berikutnya untuk mengatasi sembelit kamu saat berpergian adalah berolahraga dengan cukup. Traveling ke tempat wisata boleh saja, tetapi kebugaran tubuh kamu juga harus tetap dijaga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di tempat penginapan atau hotel kamu sebelum melakukan aktivitas.

Terkadang kasus kesusahan buang air besar disebabkan karena menurunnya otot di sepanjang saluran pencernaan. Hal ini yangmengharuskan kamu tetap berolahraga agar fungsi otot serta saraf bisa bekerja dengan baik. Kamu bisa mencoba berenang atau senam yoga di dalam kamar hotel.

7. Rileks Selama Perjalanan

Berpergian jauh saat traveling memang membuat badan lebih melelahkan dari biasanya, hal ini yang membuat kamu stress dan menjadi salah satu penyebab sembelit saat sampai di tempat berlibur. Oleh karena itu, usahakan untuk rileks selama di perjalanan dan tidak stres saat menghadapi perjalanan.

Untuk menghindari rasa bosan dan stres selama perjalanan, selalu siap membawa barang yang bisa menemani kamu untuk menghabiskan waktu saat perjalanan, seperti bermain game di smartphone, memutar musik dan membawa game board seperti kartu yang bisa kamu mainkan dengan orang lain.

8. Jangan Menunda Buang Air Besar

Jangan menunda buang air besar selama perjalanan merupakan salah satu solusi susah buang air  saat traveling. Pasalnya biasanya banyak orang menunda buang air besar saat berpergian, karena tak takut tertinggal transportasi atau tak enak jika melakukannya di tempat wisata.

Tetapi hal ini bisa membuat sembelit kamu makin parah. Mengabaikan perut kamu yang sudah mulas akan membuat sembelit kamu berujung diare lho. Pasalnya feses yang dibiarkan akan mengeras dan akan susah dikeluarkan sehingga kamu akan merasa kesakitan saat buang air besar nantinya.

9. Melakukan Gerakan Berjongkok

Selain berolahraga, kamu juga bisa melakukan gerakan berjongkok untuk mengatasi susah buang air besar. Kamu bisa mencoba gerakan ini saat perut sudah terasa mulas, tetap lakukan gerakan ini sampai kamu memang benar-benar ingin buang air besar. Gerakan ini dinilai cukup ampuh.

Banyak kloset kekinian didesain duduk, padahal desain jongkok dinilai jauh lebih baik karena bisa memperlancar saat buang air besar. Posisi ini bisa membantu kotoran yang mengeras di dalam perut mudah keluar, karena memancing otot-otot dinding di perut untuk berkontraksi.

10. Tempat Buang Air Besar yang Nyaman

Perbedaan suasana bisa menjadi salah satu faktor kamu kesusahan saat buang air besar. Pasalnya tak sedikit orang yang tak nyaman untuk buang air besar di tempat baru atau tempat asing yang belum pernah dikunjungi. Hal ini merupakan hal yang wajar dialami beberapa orang kok.

Untuk itu, solusi susah buang air saat traveling selanjutnya adalah mencari tempat yang nyaman menurut kamu, Kalau memungkinkan, buat suasananya semirip mungkin dengan yang ada di rumah, sehingga kamu lebih nyaman saat buang air besar di tempat wisata atau di tempat kamu menginap.

11. Konsumsi Makanan Mengandung Probiotik

Selanjutnya, kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik saat perjalanan atau saat kamu sudah merasakan akan sembelit. Beberapa makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, tempe,dan keju bisa menjadi solusi kamu atasi sembelit.

Makanan dan minuman yang mengandung probiotik ini akan menekan pertumbuhan bakteri berbahaya dan melindungi saluran pencernaan kamu. Penelitian menyebutkan jika makanan dan minuman dengan probiotik ini akan melunakan feses yang mengeras dan memperlancar saat tengah sembelit.

12. Minum Air Lemon

Selain makanan dan minuman di atas, perasan air lemon juga membantu pencernaan kamu kembali lancar sekaligus membersihkan racun yang ada di dalam tubuh sehingga bisa mengatasi sembelit. Asam sitrat yang ada di persan lemon akan merangsang saluran pencernaan kamu nantinya.

Kamu bisa menyiapkan perasan sari lemon segar ke dalam segelas air setiap paginya atau kalau kamu menyukai campuran lain, kamu bisa mencampurnya dengan segelas the hangat. Jika kamu rutin mengonsumsinya setiap hari maka kamu akan terhindar dari yang namanya sembelit saat traveling.

Baca Juga : Berikut Solo Traveling Dengan Segala Manfaat Yang Bisa Kamu Dapat

12 tips di atas bisa menjadi solusi susah buang air saat traveling kamu dengan cepat. Deretan cara di atas juga bisa mencegah serta menghindari sembelit datang kembali saat kamu tengah asyik berlibur. Meski tengah liburan, jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan dan minuman kamu.

Beberapa hal di atas bisa menjadi acuan kamu untuk mengatasi sembelit, terutama jangan panik dan tetap menjaga pola makanan dan asupan yang masuk ke tubuh agar pencernaan tetap lancar.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *