Ingin bepergian tanpa harus menyesuaikan dengan gaya liburan partner perjalananmu, akan memberikan ketenangan tersendiri kepadamu yang memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan gaya solo.

Traveling sendiri memberikan manfaat yang sangat besar kepadamu. Keuntungan dan manfaat dari solo traveler sangat tidak terbatas. Kamu bisa membuka wawasan mengenai cakrawala hati dan pikiranmu. Keluar dari rasa nyaman dan inner circle mu yang membosankan, bertemu orang baru dengan tempat dan tentu saja suasana baru.

Tentu saja semua hal baru akan memberikan kenangan baru yang tak terlupakan dalam kehidupanmu selanjutnya. Segala kenangan yang tersimpan akan membentukmu menjadi pribadi baru yang lebih baik dan dengan langkah yang lebih mantap kedepannya jika kamu menjalani  solo traveling.

Baca Juga : Tips Solo Travelling Murah Meriah ini Berguna Bagi Solo Traveller Seperti Anda!

Solo traveling akan memberikanmu manfaat serta sensasi yang sangat unik dan berbeda dibanding kamu bepergian berkelompok atau bersama teman-temanmu. Jadi, jangan merasa ragu dan takut untuk merasakan manfaat dari bepergian sendiri, asal kamu paham dengan semua track destinasi liburanmu dan dengan planning yang matang.

Manfaat Solo Traveling

Berikut, 5 manfaat nyata dari solo traveling yang pasti akan membuatmu segera merealisasikannya!

1. Saving Cost

Ketika kamu berencana melakukan perjalanan atau traveling sudah pasti akan membutuhkan biaya untuk segala keperluan untuk kebutuhan dalam perjalananmu. Otomatis anggaran yang direncanakan meliputi transportasi, makan, bahkan tempat tinggal ketika kamu traveling. Nah, apabila kamu melakukan perjalanan bersama teman atau bahkan kerabatmu tentu, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Solo traveling menjadi salah satu solusi serta jawaban untuk kamu yang gundah karena biaya apabila ingin melakukan perjalanan. Kamu bisa memilih moda transportasi, waktu pergi, pilihan destinasi bahkan tempat makan atau menu makanan sesuai dengan selera kamu sendiri tanpa harus repot-repot memikirkan kebutuhan atau selera orang lain.

Beberapa hotel bahkan sudah banyak yang menyediakan tempat menginap untuk para solo traveler dengan harga yang sangat terjangkau seperti hotel kapsul misalnya. Ruangan yang dikhususkan untuk para single fighter didesain dengan praktis dan juga efisien namun ramah di kantong.

Biaya yang dikeluarkan apabila pergi dengan banyak orang, bisa kamu alokasikan untuk rencana perjalanan solo traveling kamu ke tempat lain, jadi kamu tentunya bisa efektif dan berhemat. Tentunya, semua keputusan ada di tangan kamu dan bisa kamu atur sendiri sesuai dengan selera kamu tanpa ada gangguan.

2. Menambah Relasi Baru

Bepergian sendiri atau solo traveling, tentunya, memaksamu untuk membuka diri untuk bertanya kepada orang lain apabila membutuhkan bantuan atau hanya sekedar bertanya sebuah alamat.

Hal-hal seperti ini, menambah manfaat dari solo traveling yaitu menambah relasi baru yang pasti akan kamu temukan tanpa sengaja di saat kamu menikmati perjalananmu yang seorang diri. Terlebih, jika tujuan perjalananmu adalah luar negeri, yang jelas akan sangat berbeda dari segi budaya atau hal kecil seperti kebiasaan dan menu makanan.

Bertanya atau mencari referensi dari penduduk lokal bisa menjadi jawaban dari semua masalahmu ketika kebingungan. Apalagi, kalau tempat destinasi yang sudah kita planning untuk dikunjungi sedang tutup atau bahkan berpindah tempat tanpa kesempatan update di situs pencarian atau media sosial. 

Otomatis, pilihan terakhirmu adalah bertanya kepada penduduk lokal atau masyarakat sekitar. Memaksamu melawan rasa malu dan mulai membuka diri kepada orang baru.

Nah, ini bisa membuatmu menambah kenalan baru yang akan memberikan relasi baru yang tidak akan kamu temukan dalam inner circle mu. Sesekali out of the box, biar hidup tidak terlalu monoton, bukan! 

3. Relaksasi

Traveling sendirian atau solo traveling memberikan manfaat yaitu pelajaran untuk memahami berbagai hal termasuk bagaimana diri kita dalam mengandalkan diri kita sendiri. Entah itu upaya mencari solusi permasalahan suatu masalah atau mencari solusi saat dilanda kesulitan.

Segala hal yang mengandalkan kemampuan sendiri terkadang membuat kita kelelahan secara psikis hingga akhirnya berakibat buruk juga pada fisik. Traveling memberikan kesempatan kepada hati dan pikiran kita agar lebih rileks dan santai dalam menjalani kehidupan.

Kita jadi paham bahwa hidup tidak melulu tentang berjuang dan bekerja keras, tapi kita juga harus istirahat dari segala kepenatan sesekali. Jadikan solo traveling untuk beristirahat, rileks dan melepas semua penat, melakukan perjalanan dengan gaya kamu sendiri tanpa perlu takut mendapatkan distraction dari orang lain.

Relaksasi pikiran akan bermanfaat untuk relaksasi otot-otot di tubuhmu yang kelelahan dengan segala pertarungan hidup. Manfaat dari solo traveling bisa membuatmu kembali fresh dan rileks ketika pulang dari liburan mu sehingga kamu siap menghadapi hari dan tantangan baru.

4. Be More Confident!

Sering mempertanyakan kemampuan dirimu sendiri dalam pekerjaan atau kamu mulai malas bersosialisasi karena rasa tidak percaya diri mulai menghinggapi tandanya kamu perlu keluar dan pergi.

Solo traveling bisa menjadi solusi atas semua rasa ketidakpercayaan pada dirimu. Kamu bisa merefleksikan semua pengalamanmu jauh lebih baik apabila dengan solo traveling, yang akan mengambil keputusan berani dan tindakan untuk pergi ke tempat-tempat menarik yang belum pernah kamu kunjungi.

Refleksi diri saat melakukan perjalanan seorang diri, akan membuatmu menyadari semua hal yang sudah terjadi dan kamu pelajari dalam hidup. Persahabatan yang kamu pilih untuk kamu jalin, segala pilihan dalam hidup dan tantangan yang sudah dilalui dan akan kamu buat lagi. 

Sosokmu yang sempat kamu ragukan bahkan pesimis dalam mencapai life goals mu, akan terkikis bahkan menghilang seiring perjalananmu saat solo traveling.

Segala pemikiran positif yang kamu susun tanpa kamu sadari ketika melakukan solo traveling memberikan manfaat pada rasa percaya diri kamu yang sempat menipis atau bahkan perlahan menghilang.

Kamu akan menemukan kepercayaan dalam diri, bahwa semua baru dimulai dan hari yang baru akan lebih baik ketika kamu menyadari bahwa petualanganmu belum selesai dan akan kamu selesaikan dengan cara dan solusi yang lebih baik tanpa harus terpengaruh gaya atau metode seseorang yang membuatmu melupakan siapa dirimu sebenarnya. 

5. Self Healing

Sudah menjadi fakta yang tak bisa dipungkiri apabila traveling menjadikan kita lebih bahagia dan bersemangat karena terhindar dari rasa stress. Menenangkan tubuh dan pikiran serta menenangkan diri dari kejauhan hiruk pikuk yang setiap hari kita hadapi, membuat kita menyadari esensi kita sebagai makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Kembali ke alam bisa menjadi terapi untuk jiwa dan hatimu yang butuh hal baru untuk nafas baru ketika kamu harus kembali ke rutinitasmu. Kamu akan mendapatkan semua manfaat ini ketika melakukan perjalanan ini dengan solo traveling.

Sensasi nyaman dan tenang, memutuskan rute perjalanan yang kamu ambil adalah singkat atau memutar sesuai dengan mood dan seleramu, bisa menjadi kepuasan tersendiri yang tanpa kamu sadari sedikit demi sedikit menyembuhkan luka di hati dan jiwamu.

Lelah, kehilangan, sedih akan berubah menjadi hal yang biasa saja dalam hidup karena kamu akan lebih memahami arti dari eksistensi dirimu di dunia ini. Kamu mulai memaafkan dirimu sendiri, yang sering rendah diri dan berburuk sangka terhadap kemampuan diri. 

Kamu pun merasa lebih berharga dan rendah hati ketika melihat semua destinasi perjalananmu begitu luas dan menakjubkan, akan membuatmu merasa seperti terlahir kembali ketika kepulanganmu dari solo traveling.

Nafas baru yang tiba-tiba melesak masuk ke hidungmu dan memenuhi rongga paru-paru seakan membuat langkahmu menjadi lebih ringan sebab beban hidupmu yang kamu tahan, seakan lepas seiring langkah demi langkah yang telah kamu jejakkan di tempatmu bermeditasi diri secara tidak langsung, ketika kamu traveling sendirian.

Yuk, Rasakan Sensasi Manfaat Dari Solo Traveling!

Nah, tunggu apalagi. Segera realisasikan mimpi dan jiwa berani untuk melakukan perjalanan solo traveling ke tempat-tempat impianmu dan nikmati sendiri manfaatnya secara langsung. Tapi tetap jika kamu ingin melakukan solo traveling, lakukan dengan persiapan yang matang agar semua manfaat yang kamu idamkan tercapai.

Baca Juga :

Tidak akan indah ceritanya kalau ternyata liburanmu malah membuat mood jadi berantakan karena planning yang seadanya. Bukannya manfaat yang kamu dapat malah liburan terasa fana.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *