thumbnail mental - manfaat travelling untuk kesehatan mental

Travelling identik dengan perjalanan keliling berbagai daerah atau keliling ke berbagai negara tetangga bahkan negara belahan dunia lainnya. Incaran traveller tentunya tempat yang memiliki objek wisata menarik dan unik.

Sebelum pandemik covid-19 menyerang, trend travelling orang Indonesia ke luar negeri merangkak naik. Maskapai penerbangan memberikan beragam tiket promo spesial, agen travel menawarkan paket liburan hemat serta menjamurnya aplikasi travelling untuk memudahkan kita.

Membeli tiket pesawat untuk pergi ke Malaysia, Singapura dan Thailand bak membeli tiket bioskop. Liburan ke destinasi populer seperti Jepang dan Korea pun bukan hal asing lagi. Backpackeran ke Eropa bukan hal yang tidak mungkin atau hanya angan saja di siang bolong.

Bagi anda yang belum pernah travelling mungkin bertanya-tanya alasan mengapa ada orang sampai ketagihan travelling. Alasan sebagian orang mungkin ingin mendapatkan pengalaman baru. Ada juga yang menjadikan travelling sebagai mata pencaharian dengan menjadi travell blogger, travell vlogger, tour guide atau mendirikan agen travel. Sedangkan sebagian yang lain mungkin terbawa arus dan tidak ingin ketinggalan trend.

Terlepas dari berbagai alasan yang melatarbelakangi travelling, kegiatan yang satu ini terbukti memberikan banyak manfaat pada kita. Salah satu manfaat travelling adalah menjaga kesehatan mental. Banyak dari kita yang kurang paham mengenai kesehatan mental dan cenderung abai.

Padahal menjaga kesehatan mental sama penting dengan menjaga kesehatan fisik. Kesehatan mental adalah tingkatan kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan psikologis. Terdapat berbagai macam bentuk gangguan psikologis contohnya seperti kecemasan, stress hingga depresi.

Baca Juga : 8 Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Jiwa yang Wajib Anda Ketahui

Jika kesehatan mental anda menurun maka akan berdampak pada kegiatan anda sehari-hari anda. Hal ini sangat merugikan karena menurunnya kesehatan mental akan menurunkan produktivitas anda. Anda akan cepat kesal dan marah, berkurangnya nafsu makan, kehilangan fokus, susah tidur, terjangkit psikosomatis seperti sakit kepala dan lain-lain.

Manfaat Travelling Untuk Kesehatan Mental

Travelling dapat menjadi pilihan untuk anda meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan mental yang akan anda dapatkan saat anda travelling.

1. Menangani Stress dengan Baik

stressed - manfaat travelling untuk kesehatan mental

Penelitian pertama datang dari APA (American Psychological Association). Penelitian APA menunjukan bahwa mereka yang sering travelling mampu menangani stres dengan lebih baik. Senada dengan APA, Dr. Tamara McClintock Greenberg, seorang psikolog sekaligus penulis Psychodynamic Perspectives on Aging and Illness, juga menyebutkan bahwa rasa jenuh akan mengalihkan perhatian kita terhadap hal-hal positif. Greenberg merekomendasikan sekedar travelling sebentar saja sudah cukup untuk menurunkan hormon kortisol sehingga pikiran akan lebih tenang.

Kortisol adalah hormon yang akan meningkat jika anda stress dan tertekan. Dengan menurunnya kadar stres anda, anda dapat berpikir lebih jernih dan mengurangi resiko gangguan psikologis yang lebih berat.

Kebisingan tempat tinggal, perjalanan berangkat dan pulang bekerja yang menguras tenaga, deadline pekerjaan dan rekan kerja yang menjengkelkan dapat menjadi sumber stress anda. Dengan travelling anda dapat menarik diri untuk sementara waktu dari lingkungan tempat tinggal, tempat kerja atau situasi yang membuat anda tertekan.

Anda dapat memanjakan diri dengan bersantai, rileks, melakukan aktivitas baru yang menyenangkan. Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan penduduk lokal atau sesama traveller untuk berbagi pengalaman. Anda juga bisa menambahkan daftar kegiatan berbelanja souvenir sebagai oleh-oleh dan kenangan yang dapat anda bawa pulang ke rumah. Agar bisa merilekskan diri dengan maksimal, anda bisa memilih travelling ke daerah atau negara yang memiliki objek wisata alam yang menyejukkan.

2. Perasaan Aman

aman - manfaat travelling untuk kesehatan mental

Banyak orang termakan rumor mengenai suatu tempat, misal rumor mengenai aksi teror atau kriminalitas sehingga berpikir bahwa tempat tersebut tidak layak ditinggali. Dengan travelling kita dapat memahami tempat yang kita kunjungi dengan lebih baik. Anda dapat memahami budaya dan orang-orang yang tinggal di sana sehingga anda akan merasa lebih percaya, memahami dan toleran pada orang lain.

Hal ini sesuai dengan penelitian dari Momodo yang menunjukkan bahwa 76 persen dari peserta yang melakukan travelling mendapat pandangan lebih positif pada orang, budaya, perbedaan, dan keanekaragaman dari tempat-tempat yang telah mereka kunjungi. Perasaan aman tentu berkaitan erat dengan kesehatan mental. Ketika anda merasa aman, anda akan lebih tenang dan menikmati apa yang sedang anda lakukan.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

pd - manfaat travelling untuk kesehatan mental

Rasa percaya diri memiliki hubungan positif dengan kesehatan mental. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah melakukan travelling. Travelling akan melatih kepercayaan diri anda sejak anda memutuskan kemana tempat tujuan travelling anda, menyusun persiapan travelling dan selama travelling.

Kesempatan anda bertemu dengan orang baru saat travelling juga sangat besar. Kesempatan ini membuat anda secara tidak langsung melatih kepercayaan diri berbicara dengan orang yang tidak anda kenal. Tidak jarang anda akan berinteraksi dalam intensi tolong menolong saat dalam perjalanan bersama traveller lain. Maka anda harus memaksimalkan travelling anda untuk membangun relasi baru dengan orang-orang yang anda temui.

4. Menemukan Ide dan Inspirasi Baru

ide - manfaat travelling untuk kesehatan mental

Berkat kesempatan bertemu dengan orang, suasana, budaya dan lingkungan baru maka tak ayal anda akan mendapat ide dan inspirasi baru selama liburan. Ide dan inspirasi baru ini akan mengasah kreativitas yang anda miliki untuk out-of-the-box dari biasanya.

Kreativitas juga berhubungan positif dengan kesejahteraan mental. Orang yang kreatif akan lebih mudah menyelesaikan masalah yang ia miliki sehingga kecenderungan stress yang dimiliki pun rendah. Otomatis kesehatan mental orang yang kreatif terjaga dengan baik.

5. Meningkatkan Kebahagiaan

kebahagiaan - manfaat travelling untuk kesehatan mental

Perasaan bahagia tentu meningkatkan kesejahteraan mental. Salah satu cara meningkatkan kebahagiaan adalah travelling. Penelitian dari Cornell University membuktikan adanya peningkatan kebahagiaan yang dirasakan orang saat melakukan travelling. Perasaan bahagia karena travelling juga lebih kuat dibandingkan dengan kita mendapatkan barang yang telah lama kita impikan seperti rumah atau mobil baru.

Kebahagiaan pun sudah muncul sejak anda menyusun rencana perjalanan. Anda akan merasakan kebahagiaan saat memilih tempat yang akan anda datangi. Melihat beragam fasilitas mewah hotel yang akan anda nikmati. Mencatat kuliner khas yang tidak sabar anda cicipi. Serta membayangkan aktivitas menyenangkan yang akan anda lakukan disana. Seperti berenang atau menyelam untuk menyegarkan kepenatan anda.

Kebahagiaan pun semakin meningkat saat anda berkemas dan berangkat menuju tempat tujuan yang telah lama anda nantikan. Saat anda sampai dan disambut pemandangan menakjubkan, maka anda akan merasa kerja keras anda selama ini telah terbayar lunas.

Perasaan bahagia oleh travelling ini pun cenderung lebih lama terasa pada individu. Berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah travelling anda tetap akan merasa bahagia dan membuat anda semangat setiap harinya. Maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa travelling dapat meningkatkan kesejahteraan atau kesehatan mental seseorang.

Apakah anda semakin tertarik untuk travelling?

Sebelum melakukan travelling pastikan rencana travelling anda tidak mengganggu performa di tempat kerja dan memakan biaya yang sangat banyak. Jangan sampai travelling yang diniatkan untuk membuat anda senang malah berbalik membuat anda semakin stress sepulangnya karena menjebol kantong atau membuat anda kehilangan pekerjaan.

Anda dapat melihat review orang lain mengenai pengalaman travelling untuk membantu anda memilih tempat yang cocok dikunjungi. Tentunya anda harus menyusun rencana travelling anda sesuai dengan kebutuhan, preferensi dan budget anda sendiri.

Baca Juga : Destinasi Wisata di Jakarta yang Ramai Dikunjungi

Demikian ulasan manfaat travelling untuk kesehatan mental anda yang lebih baik. Meskipun travelling identik dengan perjalanan ke luar daerah atau ke luar negeri, anda bisa travelling di daerah anda sendiri. Tidak perlu mengalokasikan banyak biaya dan membutuhkan waktu lama. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang tengah bergulat dengan kepenatan hidup sehari-hari.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *