thumbnail diri - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Sebagian besar orang beranggapan bahwa traveling hanya untuk menghamburkan banyak uang dan bersenang-senang. Selain membuat hati menjadi bahagia, sepertinya tidak ada manfaat positif lainnya dari kegiatan traveling. Namun, tahukah Anda bahwa traveling memberikan manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : 5 Manfaat Travelling Bagi Kesehatan Mental yang Wajib Anda Ketahui

Banyak sekali penelitian yang menyatakan beragam manfaat traveling baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan jiwa. Bahkan dengan melakukan traveling dapat mencegah Anda terserang beberapa penyakit tertentu. 

Apa sajakah manfaat traveling bagi kesehatan tubuh Anda? Yuk simak beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan di bawah ini.

Berikut Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Penyakit Demensia dan Alzheimer

demensia - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Penyakit demensia dan Alzheimer umumnya diderita oleh beberapa orang lanjut usia. Berdasarkan hasil studi dari Transamerica Center For Retirement, Global Commission on Aging, dan the U.S, travel association pada akhir 2015. 

Studi tersebut mengungkapkan bahwa traveling memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu bisa mengurangi risiko demensia dan Alzheimer secara signifikan. Khususnya untuk segelintir orang yang sudah lanjut usia. 

Saat Anda melakukan traveling, otak Anda akan dipakai untuk beradaptasi dengan suasana baru, aroma, cuaca, dan juga suara. Pengalaman yang Anda dapatkan selama traveling akan membentuk banyak sekali koneksi sinapsis, sehingga ingatan akan semakin tajam.

Penyakit Alzheimer bekerja untuk merusak sinapsis tersebut. Jika Anda sering melakukan kegiatan traveling, maka lapisan sinapsis di otak Anda akan semakin tebal. Hal tersebut dapat mengurangi serta menghentikan efek dari penyakit Alzheimer.

2. Menyembuhkan Luka Luar dan Penyakit Kulit

luka luar - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Saat Anda melakukan traveling ke objek wisata pantai, basuh dan rendam bagian tubuh Anda yang mengalami luka dengan air laut. Seperti yang Anda ketahui bahwa air laut mengandung garam. Garam sangat ampuh untuk mensterilkan luka pada kulit.

Manfaat garam pada air laut tersebut dapat menyembuhkan luka luar dan juga penyakit kulit lainnya. Jadi, kalau Anda mempunyai luka luar pada bagian tubuh atau penyakit kulit, sebaiknya menyediakan waktu untuk traveling ke pantai.

3. Mencegah Obesitas

obesitas - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Manfaat selanjutnya dari kegiatan traveling bagi kesehatan tubuh adalah mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Ketika Anda sedang melakukan kegiatan traveling pasti akan melakukan banyak pergerakan tubuh.

Setiap pergerakan tubuh tersebut membuat semua organ tubuh Anda bekerja dan metabolisme tubuh Anda juga dapat bekerja dengan baik. Semua lemak yang mengendap di dalam tubuh Anda juga dapat terbakar secara sempurna.

Kegiatan traveling sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Impian memiliki bentuk tubuh yang ideal serta terhindar dari risiko obesitas dapat Anda wujudkan dengan traveling.

4. Mencegah Penyakit Jantung

obesitas - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Sering berjalan kaki akan menjaga kesehatan jantung Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, seorang pria yang tidak melakukan aktivitas liburan selama beberapa tahun mempunyai risiko sebesar 20% terkena penyakit mematikan. Selain itu, pria tersebut juga mempunyai risiko sebesar 30% lebih tinggi meninggal akibat penyakit jantung.

Sedangkan untuk wanita mempunyai risiko terkena serangan jantung jika tidak melakukan kegiatan traveling selama kurang lebih 6 tahun. Oleh sebab itu, sebaiknya melakukan kegiatan traveling minimal 2 kali dalam setahun.

Studi lainnya yang dilakukan oleh Framingham Heart, mereka melakukan tes kepada para wanita yang berumur sekitar 45-64 tahun. Hasil wawancara dengan para wanita tersebut, beberapa orang mengatakan sering melakukan traveling dalam waktu satu tahun.

Setelah 20 tahun kemudian, para peneliti kembali untuk mempelajari para wanita tersebut. Mereka menemukan sebuah fakta, beberapa wanita yang sering melakukan traveling memiliki risiko kecil terkena penyakit jantung.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan manfaat traveling bagi kesehatan tubuh, yaitu bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kondisi kesehatan tubuh Anda juga akan terjaga secara keseluruhan.

Kegiatan traveling yang sebagian besarnya dilakukan dengan berjalan kaki juga dapat menyembuhkan penyakit jantung. Oleh karena itu, jangan lupa meluangkan waktu untuk traveling sejenak.

5. Menyembuhkan Penyakit Rematik

rematik - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Salah satu destinasi wisata alam Indonesia adalah kolam air hangat. Berendam di dalam kolam tersebut dapat menyembuhkan penyakit rematik. Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit rematik sangat cocok untuk berkunjung ke lokasi destinasi wisata tersebut.

Air hangat yang bersumber dari perut bumi dapat mengobati berbagai penyakit kulit dan juga rematik. Kandungan mineral dan sulfur yang tinggi pada air hangat tersebut yang bekerja untuk menyembuhkan penyakit kulit dan rematik.

Selain di Indonesia, negara Jepang juga mempunyai destinasi wisata kolam air hangat, yaitu Onsen, Uunartoq di Greenland. Sedangkan di Indonesia, Anda bisa mengunjungi Guci di kota Tegal dan Cangar di Kota Batu. Bagi Anda yang malas minum obat rematik, terapi kolam air hangat ini wajib Anda coba.

6. Menyembuhkan Penyakit Asma

asma - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Penyakit asma adalah penyakit yang mengganggu sistem pernapasan Anda. Mengidap penyakit asma atau sesak nafas cukup mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, traveling dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, yaitu menyembuhkan penyakit asma.

Jika Anda berpikir akan sangat sulit untuk melakukan traveling dengan kondisi sakit asma, Anda bisa menyiasatinya dengan mengunjungi wisata alam. Beberapa objek wisata alam yang masih alami dan mempunyai udara yang sejuk bisa menjadi terapi penyembuhan untuk penyakit asma.

Di Indonesia sangat banyak destinasi wisata alam yang masih sangat alami dan menyajikan beragam keindahan alam dengan udara sejuk. Mulai dari Labuan Bajo, Bali, Bandung, Padang, dan masih banyak lagi. 

7. Menghindari Penyakit Asam Lambung

asam lambung - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Umumnya penyebab utama penyakit asam lambung berhubungan dengan pikiran atau stress. Anda dapat mengurangi atau menghilangkan stres dengan cara melakukan traveling atau berlibur. Traveling sangat berdampak besar untuk mengurangi kondisi pikiran Anda yang stres.

Berdasarkan studi dari Global Commission on Aging, the U.S. Travel Association, dan the Transamerica Center for Retirement. Hasil studi tersebut mengungkapkan 9 dari 10 orang yang melakukan liburan dalam satu atau dua hari mengalami penurunan level stres. Studi tersebut juga sekaligus menggambarkan manfaat traveling bagi kesehatan tubuh Anda.

Jika level stres Anda berkurang, resiko terkena penyakit asam lambung atau penyakit lainnya dapat Anda hindari. Selain itu, perasaan hati Anda juga akan mendapatkan kebahagiaan dalam waktu yang cukup lama setelah melakukan traveling.

8. Memperpanjang Umur

panjang umur - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Sebagian besar orang yang sering melakukan traveling baik ke luar negeri atau di dalam negeri cenderung panjang umur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan traveling dapat menjaga kesehatan dalam dan luar tubuh, mengurangi stres, serta meningkatkan kesehatan otak.  

Semua manfaat traveling bagi kesehatan tubuh tersebut dianggap menambah harapan hidup seseorang menjadi lebih lama. Membuang pikiran untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri. Mengapa bisa demikian? Karena dengan traveling Anda akan merasakan kebahagiaan dan juga ketenangan.

Lepas dari semua beban pikiran, keluar dari kegiatan rutinitas harian yang monoton dan membosankan, bertemu suasana baru dan pemandangan indah. Suatu kombinasi yang sangat tepat untuk mengurangi stres dan membuat Anda ingin hidup lebih lama. Agar bisa menikmati setiap keindahan tersebut dalam waktu yang panjang.

9. Membuat Tubuh Semakin Bugar

bugar - manfaat traveling bagi kesehatan tubuh

Kegiatan rutin harian Anda seperti bekerja, kuliah, atau sekolah yang cenderung monoton pasti membuat Anda jarang olahraga dan kurang tidur. Melakukan aktivitas traveling membuat Anda keluar dari semua kegiatan tersebut.

Traveling memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda dengan menikmati waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Tubuh Anda akan semakin aktif untuk bergerak menyusuri pantai, mendaki gunung, atau berenang di lautan. Melakukan semua kegiatan tersebut akan membuat semua organ tubuh Anda bergerak.

Otot-otot tubuh Anda akan semakin lentur dan tidak kaku. Melancarkan sistem peredaran darah dan menghindari penyumbatan darah atau penyakit darah tinggi. Umumnya penyakit darah tinggi akibat dari stres berlebihan. Namun penyakit tersebut dapat Anda hindari dengan traveling.

Baca Juga : Yuk Belajar Tentang Traveling, Kata yang Tidak Asing di Telinga

Baik, itulah 9 manfaat dari traveling bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini dapat membangun kesadaran Anda tentang pentingnya kesehatan dan peran traveling untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak masalah mengeluarkan uang untuk traveling, karena hal tersebut dapat meningkatkan kondisi kesehatan Anda serta mencegah tubuh terserang berbagai penyakit.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Health

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *