Thumbnail kesehatan jiwa - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Traveling menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak orang untuk mengisi hari libur. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa menyukai aktifitas ini. Kegiatan traveling begitu disukai karena selain menyenangkan juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : 12 Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Diri Ini, Penting Banget

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik karena bisa menggerakkan tubuh lebih aktif dari biasanya. Tetapi ada juga manfaat traveling bagi kesehatan jiwa Anda. Terutama bagi Anda para pekerja yang super sibuk yang rentan akan stress. Sehingga traveling menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan Anda terutama bagi kesehatan jiwa.

Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Jiwa

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat traveling bagi kesehatan jiwa yang wajib Anda ketahui.

1. Mengurangi Stress

stress - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Salah satu alasan utama seseorang melakukan traveling adalah untuk menghilangkan stress akibat penat bekerja. Traveling menjadi pilihan yang tepat untuk menjauhkan diri dari aktivitas atau kesibukan dengan tingkat stress yang membahayakan.

Melalui traveling, Anda dapat menemukan ketenangan jiwa karena keindahan lokasi wisata yang Anda tuju. Contohnya saat Anda berlibur ke pegunungan yang notabene nya penuh dengan pepohonan berwarna hijau yang dapat menyegarkan mata dan pikiran Anda. Tidak hanya itu, udara segar yang ada di pegunungan juga sangat bagus untuk menenangkan pikiran Anda.

Tidak sampai disitu saja. Karena manfaat traveling ini yang dapat membantu Anda mengurangi stress yang berarti bahwa pikiran Anda akan lebih tenang. Berdampak pada peningkatan kualitas hidup Anda, yang juga akan bermanfaat untuk meningkatkan performa kerja Anda di tempat kerja. Karena saat pikiran tenang dan segar Anda bisa menghasilkan ide-ide baru untuk pekerjaan Anda.

Jadi, sebisa mungkin saat traveling Anda menjauhkan urusan pekerjaan Anda agar manfaat traveling dapat Anda rasakan terutama untuk kesehatan jiwa. Bila perlu, handphone dan alat komunikasi lainnya Anda matikan saat traveling agar tidak ada gangguan. 

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

confident - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Traveling menjadi salah satu ajang Anda bertemu dengan banyak orang terutama orang-orang baru. Karena sangat jarang sekali jika Anda berkunjung ke tempat wisata dan hanya Anda disana.

Bagi Anda yang biasanya menyendiri pun dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dalam lingkungan tersebut. Yang secara tidak langsung, ini pun dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Berkomunikasi dan bertemu orang baru atau mempererat hubungan yang sudah dijalin dapat menciptakan kedekatan yang lebih hangat dengan orang lain. Hal ini pun dapat membuat Anda lebih bahagia sehingga bisa menyehatkan jiwa Anda.

3. Menjadi Lebih Produktif

produktivitas 2 - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Meningkatnya kuantitas pekerjaan yang sering sekali dibarengi dengan stress berkepanjangan dapat menghambat kinerja otak. Jika kinerja otak sudah terhambat, hal ini pun berakibat pada produktivitas Anda dalam bekerja yang juga akan semakin menurun. 

Jika seperti ini terus, maka dapat membahayakan kesehatan jiwa Anda dan pekerjaan Anda kedepannya. Traveling menjadi salah satu solusi tepat untuk masalah ini. Karena traveling dapat menciptakan rasa bahagia, yang dapat mengurangi kadar stress dalam diri Anda. 

Hal ini pun akan berdampak pada peningkatan kinerja otak dan tentunya juga berdampak positif pada produktivitas Anda dalam bekerja.

4. Meningkatkan Rasa Bahagia

happy - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Hingar bingar pekerjaan dan tugas sekolah sering kali membuat otak penat. Apalagi jika mempunyai pekerjaan yang banyak dan menumpuk. Bisa dipastikan, wajah Anda akan murung atau bahkan marah-marah  setiap hari. 

Berbeda halnya ketika Anda traveling. Apalagi jika traveling bersama dengan rekan atau keluarga Anda. Anda bisa bercanda tawa sambil menikmati pemandangan dan udara segar di pegunungan atau pantai. Dan bisa dipastikan dapat membuat pikiran Anda langsung tenang. 

Sehingga wajah murung atau rasa marah sebelumnya bisa langsung tergantikan dengan senyum bahagia, bahkan Anda pun dapat melupakan semua masalah di pekerjaan Anda.

Apalagi jika Anda traveling ke tempat wisata yang sangat Anda impikan sebelumnya. Hal ini pasti akan mendatangkan kebahagian dan kepuasan tersendiri untuk Anda. Bahkan saat Anda mulai memikirkan untuk mengadakan traveling pun, otak Anda pun langsung menstimulasi perasaan bahagia.

Tidak hanya saat traveling, emosi positif tersebut bisa bertahan lama bahkan hingga berminggu-minggu. Yang kemudian berefek pada kesehatan jiwa Anda yang jauh lebih baik.

5. Mengurangi Resiko Gangguan Psikologis

psikologi - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Stress sering kali dikaitkan dengan gangguan psikologis. Stress yang berkepanjangan yang biasanya disebabkan karena pekerjaan seringkali dapat menimbulkan gangguan-gangguan psikologis seperti depresi atau perasaan cemas berlebih. 

Depresi dan kecemasan berlebih yang tidak ditangani secepatnya dapat menimbulkan bahaya. Tidak hanya bagi penderitanya tetapi juga bagi orang lain disekitarnya. Hal ini karena gangguan ini bisa membuat seseorang bertindak tanpa berpikir panjang yang secara tidak langsung dapat membahayakan dirinya ataupun orang lain. 

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan traveling. Karena traveling dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan jiwa. Salah satunya adalah mengurangi depresi dan kecemasan berlebih.

Hal ini dikarenakan traveling dapat menjauhkan Anda dari aktivitas atau orang-orang yang dapat memicu produksi hormon penyebab stress dalam diri Anda. Walaupun kegiatan traveling dilakukan dengan singkat, itu pastinya akan sangat membantu untuk menurunkan hormon stres tersebut.

6. Meningkatkan Kreativitas

kreatif - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Traveling menjadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kreativitas Anda. Hal ini karena selama traveling, Anda bisa menjumpai orang-orang baru, budaya baru, serta makanan baru yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Ini pun berdampak pada meningkatnya wawasan Anda.

Adanya tambahan wawasan tersebut tentunya dapat memunculkan inspirasi baru dan secara tidak langsung hal ini berarti traveling dapat meningkatkan kreativitas Anda.

Kreativitas yang tinggi tentunya sangat diinginkan oleh banyak orang. Karena seseorang yang memiliki kreativitas tinggi biasanya memiliki pengaruh besar terhadap suatu pekerjaan. Jika kreativitas Anda meningkat, maka pekerjaan Anda juga semakin lancar kedepannya.

Hal ini pun berefek pada tingkat kebahagian dan penurunan stress Anda. Dan rasa bahagia biasanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jiwa Anda.

7. Meningkatkan Kesabaran

sabar - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Saat traveling terkadang ada beberapa hal yang terjadi dan tidak sesuai dengan keinginan.seperti kedatangan pesawat yang terlambat, penerbangan ditunda, barang bawaan hilang, cuaca tidak mendukung, sampai bertemu dengan orang yang tidak kita inginkan. 

Anda dituntut untuk menghadapi dan menerima keadaannya. Hal ini pun bisa melatih kesabaran Anda serta dapat mengasah pikiran agar lebih terbuka untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. 

Anda akan terlatih untuk mengatasi amarah dan kekesalan sehingga menimbulkan pembawaan tenang dalam menghadapinya kendala tersebut. Hal ini pun akan berdampak pada sikap Anda ketika menghadapi masalah di masa depan. 

Anda dapat menyelesaikan masalah Anda dengan baik kedepannya. Yang tentunya akan berdampak pada penurunan tingkat stress dan hal ini pun dapat meningkatkan kesehatan jiwa Anda.

8. Meningkatkan Aura Positif

aura - manfaat traveling bagi kesehatan jiwa

Tuntutan pekerjaan sering sekali membuat beberapa orang mau tidak mau harus menghadapi stress. Stress yang berkepanjangan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Karena dapat menyebabkan penderitanya akan sering marah, malas bekerja bahkan sampai putus asa.

Jika hal ini berlangsung lama, maka akan berdampak pada lingkungan sekitar. Orang-orang mungkin akan membenci Anda dan mulai menjauhi Anda. Sehingga menyebabkan tingkat stress Anda pun akan meningkat. Jika sudah seperti ini, aura negatif dalam diri Anda pun akan semakin membesar dan jika tidak diselesaikan dengan cepat akan membahayakan Anda dan orang lain.

Traveling menjadi solusi ampuh untuk kondisi tersebut. Traveling bisa membuat Anda bertemu dengan orang baru dan lingkungan baru yang bisa memperbaiki suasana hati dan mengurangi stress Anda. Jika suasana hati Anda membaik, maka tidak ada lagi kemarahan dan kekesalan atau stress Anda menghilang. 

Aura negatif dalam diri Anda pun juga menghilang digantikan dengan Aura positif, yaitu Anda yang penuh semangat untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Baca Juga : Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling di Masa Pandemi

Itulah 8 manfaat traveling bagi kesehatan jiwa yang wajib Anda ketahui. Beberapa manfaat tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memulai traveling. Jangan lupa untuk menyempatkan traveling di tengah kesibukan Anda. Karena terlalu banyak bekerja dapat menimbulkan stress yang dapat membahayakan diri Anda.

Jadi, mari sayangi diri Anda mulai dari sekarang dengan melakukan traveling secara berkala. Semoga artikel ini bermanfaat.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *