thumbnail health travel - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Traveling atau jalan-jalan memang kegiatan yang menyenangkan, baik pergi sendiri, berdua, ataupun beramai-ramai. Sebagian besar orang beranggapan bahwa traveling jauh lebih menyenangkan dan banyak manfaatnya jika bersama teman. Namun, selain beramai-ramai, ternyata ada juga manfaat solo traveling bagi kesehatan yang tidak bisa kita abaikan saat kita hanya ingin berpergian sendiri.

Berdasarkan studi dari Queensland University of Technology Business School di Australia, mereka mencoba menulis motivasi orang yang hobi solo traveling. Apakah suatu kebutuhan atau pilihan, dan alasan bepergian seorang diri daripada dengan teman atau keluarga?

Menurut Profesor Connie Bianchi, seorang peneliti utama, beliau menemukan bahwa solo traveling merupakan tentang kebebasan dan kesenangan tanpa kompromi. Selain itu, dengan melakukan solo traveling bisa bertemu orang-orang baru berdasarkan kebutuhan untuk mempunyai pendamping sebagai tempat berbagi pengalaman.

Baca Juga : 6 Bahaya Saat Solo Travelling yang Wajib Anda Hindari

Beliau juga mengungkapkan, meskipun mereka memiliki pilihan untuk pergi bersama-sama atau sendiri, mereka akan tetap memilih untuk pergi seorang diri. Hal tersebut karena mereka lebih menikmati kesendirian.

Berikut Manfaat Solo Traveling Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Tubuh

sehat tubuh - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Berdasarkan sebuah studi kolaborasi U.S. Travel Association dan Global Commission on Aging, bepergian secara aktif akan membuat Anda lebih sehat. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang pergi liburan dua kali dalam setahun, menunjukkan risiko menderita serangan jantung yang lebih rendah. Jika Anda bandingkan dengan wanita lain yang pergi berlibur setiap enam tahun sekali atau lebih.

Terhindar dari penyakit jantung adalah salah satu manfaat solo traveling bagi kesehatan. Hal yang sama juga berlaku pada pria. Pria yang tidak mengambil jatah cuti libur tahunan untuk pergi berlibur menunjukkan risiko terserang penyakit jantung sebesar 30% lebih tinggi. Pria tersebut juga memiliki risiko kematian 20% lebih tinggi. Jika Anda bandingkan dengan pria yang hobi traveling atau jalan-jalan.

2. Meningkatkan Kebahagiaan dan Kepuasan

bahagia puas - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Manfaat kedua melakukan solo traveling bagi kesehatan adalah meningkatkan rasa kebahagiaan dan kepuasan. Sebagian besar orang cenderung merasa lebih bahagia saat sedang bepergian dan tidak perlu mengkhawatirkan tentang pekerjaan.

Menurut hasil studi pada Universitas Cornell di Amerika Serikat, seseorang juga dapat mengalami peningkatan rasa bahagia ketika sedang merencanakan perjalanan. Perjalanan liburan memang selalu menyenangkan. Mengunjungi tempat yang baru, alam yang indah, dan beragam kegiatan menarik yang hanya bisa Anda lakukan saat berlibur.

3. Efek Positif pada Psikis

psikis - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Dari laman Health, perusahaan wisata bernama Trafalgar mengatakan 57% wanita yang melakukan kegiatan solo traveling merasa lebih terinspirasi dan kuat. Sebuah testimoni menyebutkan ada suatu kegembiraan ketika sedang menjelajah tempat baru seorang diri.

Ha tersebut membuat pelaku solo traveling menjadi lebih mandiri, meraih pencapaian tertentu, dan bebas. Ada pula orang yang merasa secara psikis mereka lebih matang. Inilah yang menjadi salah satu manfaat melakukan solo traveling bagi kesehatan psikis Anda.

4. Melepas Stres

stres - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Meskipun terkadang kegiatan traveling cukup menguras tenaga dengan perjalanan yang jauh dan padat. Namun, kegiatan berlibur sudah membuktikan secara ilmiah bisa menurunkan tingkat stres yang Anda alami secara signifikan.

Berdasarkan sebuah penelitian, 3 hari sesudah pulang berlibur, beberapa orang melaporkan adanya penurunan rasa cemas. Selain itu, suasana hati mereka juga membaik dan kualitas istirahat mengalami sebuah peningkatan. Beberapa manfaat tersebut dapat bertahan dalam beberapa minggu setelah Anda pulang dari kegiatan liburan.

5. Menurunkan Risiko Depresi

depresi - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Depresi masih menjadi sebuah masalah utama untuk sebagian besar orang. Beruntungnya, menurut sebuah penelitian, traveling merupakan salah satu cara terbaik untuk terhindar dari depresi. 

Hasil studi dari Klinik Marshfield, Wisconsin, AS, menemukan sebuah fakta bahwa wanita yang pergi berlibur minimal 2 kali dalam setahun. Wanita tersebut cenderung tidak akan menderita stres dan depresi kronis. Jika Anda bandingkan dengan wanita yang liburan kurang dari satu kali setiap dua tahun.

6. Mengurangi Kontak Fisik dengan Orang Banyak

kontak fisik - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Solo traveling dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berlibur di masa pandemi. Salah satu manfaat solo traveling bagi kesehatan adalah mengurangi kontak fisik dengan orang-orang sekitar. Seperti yang Anda ketahui, virus covid-19 dapat menular karena kontak fisik.

Memilih solo traveling saat menjalankan liburan adalah keputusan yang sangat tepat. Anda akan lebih mudah menerapkan physical distancing. Jika Anda pergi bersama rombongan teman atau keluarga, pasti Anda akan lupa untuk menjaga jarak.

Beda halnya saat bertemu dengan orang baru yang tidak Anda kenal, pasti Anda akan lebih waspada untuk menjaga jarak. Selain masalah kesehatan, terlalu dekat dengan orang asing juga bisa berbahaya dalam hal keselamatan dan keutuhan barang bawaan Anda. Anda tidak pernah tahu isi kepala dan hati seseorang. Apalagi dia adalah orang yang baru Anda kenal, pasti akan sangat berbahaya.

7. Meminimalisir Penularan Virus

virus - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Anda ingin berlibur, tetapi mempunyai orang tua yang telah berumur senja? Atau teman yang ingin Anda ajak berlibur mempunyai anak kecil? Jika Anda tinggal sendirian dan terpisah dari anak kecil atau lansia, sebaiknya memilih untuk solo traveling.

Selain dapat melepas penat, solo traveling juga memberikan manfaat bagi kesehatan untuk meminimalisir penularan virus terhadap orang-orang terdekat Anda. Melakukan solo traveling juga dapat menjaga kesehatan orang lain dan Anda memiliki kendali penuh terhadap diri Anda sendiri. 

8. Menyembuhkan Patah Hati

brokenhearted - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Biasanya Anda akan bercerita terbaik Anda bahwa Anda sedang galau dan patah hati. Namun, kali ini tidak. Anda justru dapat bercerita dengan alam tentang isi hati Anda yang sedang risau. Menikmati semilir angin segar dan panorama keindahan alam akan menyembuhkan luka hati Anda secara perlahan.

Sangat banyak sekali hal menarik yang akan Anda temukan saat solo traveling. Anda bisa menemukan beberapa orang baru misalnya. Orang tersebut bisa jadi sahabat atau pacar baru Anda nantinya. Anda juga tidak akan merasa menjadi orang paling sedih, karena masih sangat banyak orang yang tidak seberuntung Anda.

9. Meningkatkan Kesehatan Mental

mental health - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, solo traveling memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan mental seperti mengurangi stres, depresi, dan memperbaiki mood. Beberapa manfaat tersebut bisa meningkatkan kesehatan mental Anda secara signifikan.

Rasa tekanan dari tuntutan pekerjaan, tuntutan keluarga, atau beban hidup bisa berkurang ketika Anda melakukan solo traveling. Anda akan merasakan sebuah kebebasan, melepas setiap belenggu dari berbagai tuntutan yang datang dari segala arah.

Lepasnya berbagai belenggu merupakan salah satu manfaat solo traveling terhadap kondisi kesehatan mental Anda. Kondisi mental Anda akan kembali kuat, meningkatkan rasa semangat hidup, dan mengasah kreativitas serta rasa percaya diri.

Rasa insecure pada diri sendiri akibat dari opini orang lain yang mengganggu mental Anda juga dapat perlahan menghilang. Anda akan lebih menghargai diri sendiri, mensyukuri segala hal yang Anda punya, dan tidak mudah menyerah akan kehidupan. 

10. Mencegah Terserang Berbagai Penyakit

penyakit - manfaat solo travelling bagi kesehatan

Selain mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan terpapar virus covid-19, melakukan kegiatan solo traveling juga dapat mencegah penyakit lainnya. Beberapa penyakit yang dapat Anda cegah saat traveling adalah flu, asam lambung, gangguan pencernaan, insomnia, dan lain-lain.

Saat traveling, terutama ketika Anda mengunjungi wisata alam yang masih asri dapat memberikan udara sejuk dan memperbaiki sistem pernapasan Anda. Waktu tidur Anda juga akan lebih berkualitas ketika sedang traveling, karena terlepas dari berbagai pikiran tentang pekerjaan.

Stres yang bisa memicu naiknya asam lambung Anda, dengan traveling akan dapat Anda hindari. Kondisi kesehatan tubuh Anda akan menjadi jauh lebih baik setelah melakukan solo traveling. Itulah beberapa manfaat solo traveling bagi kesehatan tubuh Anda.

Dengan tubuh yang sehat, semua kegiatan rutin Anda akan berjalan lancar tanpa hambatan. Anda juga bisa kembali merencanakan hal-hal penting untuk meraih mimpi dan berbagai harapan tentang kehidupan yang lebih baik.

10 manfaat melakukan solo traveling bagi kesehatan tubuh dan mental di atas membuktikan betapa pentingnya traveling. Tidak hanya sekedar jalan-jalan, membuang waktu, menghabiskan uang, atau buang-buang tenaga.

Baca Juga : 9 Manfaat Travelling Bagi Kesehatan Tubuh yang Bisa Diri Anda Rasakan

Ternyata traveling dapat memperbaiki kualitas hidup dan mental Anda. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu lagi untuk melakukan solo traveling! Dapatkan semua manfaatnya sekaligus kebahagiaannya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *