thumb solo mental - manfaat solo traveling bagi kesehatan mental

Manfaat solo traveling bagi kesehatan mental ternyata sangat banyak. Dimana liburan selalu menjadi momen yang dinantikan setiap orang dengan alasan yang bermanfaat untuk melepaskan stress dan penat yang sudah lama ada di kepala.

Berbagai rancangan liburan pun pasti sudah tergambar rapi di kepala, keluar kota, mendaki gunung, berselancar di pantai, staycation atau bahkan mencoba hal-hal yang sedikit ekstrim namun seru. Bisa dibayangkan betapa banyak manfaat dari menyenangkannya sebuah perjalanan jika sesuai keinginan bukan! 

Tapi apakah pernah terlintas di benakmu untuk melakukan solo traveling? Untuk mencoba segala keseruan itu sendirian? melakukan terapi healing untuk mental dengan caramu sendiri? 

Melakukan solo traveling nampaknya seru dan praktis karena kamu tidak perlu berkompromi dengan teman seperjalanan. Tidak perlu memikirkan pendapat siapapun karena kamu hanya sendiri. Kamu juga bisa menentukan destinasi perjalananmu sesuai yang kamu inginkan. 

Bisa memilih hari liburmu tanpa harus menyesuaikan jadwal dengan partner traveling-mu. tidak perlu memikirkan style gaya perjalananmu. Membantu kamu untuk tidak memikirkan banyak hal, sehingga pasti berpengaruh positif terhadap kesehatan mental mu.

Baca Juga : 11 Tips dan Trik Solo Travelling Terbaik Untuk Pemula

Tidak perlu takut akan hal buruk yang dapat menimpamu jika kamu melakukan perjalanan sendiri, asalkan semua direncanakan dengan matang kamu dapat meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi. 

Berikut Manfaat Solo Traveling Bagi Kesehatan Mental

Jangan membuat mental dan pikiran yang negatif menguasaimu. Akan ada banyak hal baik yang bisa kamu dapatkan saat melakukan solo traveling yang akan berdampak positif bagi kesehatan mental kalian, antara lain sebagai berikut :

1. Kamu Jadi Lebih Mandiri

Apakah solo traveling beresiko? Bagaimana jika terjadi hal buruk? Tidak terbiasa berada di tempat asing? Segala pilihan yang kamu buat nantinya akan memiliki resiko positif maupun negatif. Bebaskan beban mental mu dari segala hal yang membuat pikiran rumit. Tapi jika hanya dipikirkan dan tidak mencoba bagaimana kamu akan tahu?

Melakukan solo traveling memang membuatmu dapat menentukan semuanya sendiri. Mulai dari merancang rencana perjalanan, mengalokasikan biaya, memilah-milah barang bawaan, melakukan perjalanan dan lain-lainnya kamu lakukan sendiri. 

Kamu perlu mempersiapkan segalanya dengan matang dan detail. Kamu hanya tergantung dengan diri sendiri, tanpa memerlukan bantuan orang lain dan bila kamu mampu menjalankan semuanya sendiri itu adalah hal yang sangat luar biasa.

Cepat atau lambat kamu mulai menyadari bahwa kamu telah berubah menjadi sosok yang mandiri. Merancang perjalanan bukanlah hal yang mudah. Untuk sebagian orang hal tersebut dinilai rumit dan menghabiskan waktu, karena saat merencanakan trip memang perlu mencari informasi yang cukup akurat dan tepat.

Misalnya ketika kamu akan memilih destinasi wisata mana yang akan kamu lakukan. Penting untuk mengetahui jenis perjalanannya, rute menuju tempat tersebut, kemudian kamu juga perlu memperkirakan cuaca saat kamu sampai disana. Segala hal harus dipersiapkan dengan sangat detail mengingat kamu akan bepergian sendiri.

Maka dengan begitu kamu juga perlu bersiap untuk kemungkinan terburuk, seperti saat kamu berencana pergi ke pantai ketika meski musim hujan. Kemungkinan terburuknya adalah akan hujan ketika kamu sampai sana. Maka sebagai solo traveler kamu perlu mempersiapkan ‘plan B’ dengan membawa payung, atau memilih destinasi wisata indoor.

Hal seperti inilah yang terkadang tidak disadari sebagian orang. Bahwa merancang semua dan menjalaninya sendiri mampu meningkatkan kemandirianmu. Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri, sehingga kamu pasti ingin semuanya direncanakan dengan baik dan matang. 

Segala hal yang dipikirkan dengan baik dan terencana akan berdampak kepada kesehatan mental kamu sendiri sebagai solo traveler. Semua manfaat ini bisa kamu rasakan jika kamu melakukan solo traveling, meskipun kadang terasa rumit dan malas justru dengan melawan rasa itu membuat kamu mandiri dan tidak perlu mengandalkan orang lain.

2. Membuatmu Menemukan Jati Diri

Sebagai manusia biasa kamu pasti pernah berada dalam fase dimana kamu sering menanyakan siapa kamu sebenarnya, apa saja pencapaian kamu selama ini. Atau kamu pernah membandingkan diri dengan orang lain, sepertinya kurang ini-itu, sepertinya dia lebih ini-itu. Ini semua hal yang normal dialami semua orang. Ketika kamu merasa tidak menemukan jawabannya, mungkin kamu harus mencoba solo traveling.

Solo traveling membuatmu menemukan seperti apa dirimu sesungguhnya, yang mungkin selama ini terpendam dalam-dalam karena kamu hanya terpaku pada hal-hal monoton saja. Rutinitas harian kamu yang terus membuatmu membandingkan diri dengan orang lain. Membuatmu kadang merasa kesehatan mental yang tidak stabil. 

Ketika melakukan perjalanan sendiri, kamu dipaksa untuk ‘survive’ di tempat asing. Mau atau tidak kamu akan menjadi pribadi yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Kamu bisa jauh lebih memahami situasi, bertanggung jawab dan bersyukur atas dirimu sendiri. Membuatmu lebih merasa dekat dengan Sang Pencipta yang membentukmu menjadi pribadi baru dengan mental yang lebih tangguh karena memberikan kesempatan untuk melihat betapa indah dan menakjubkannya segala hal yang ada di depan matamu saat ini. 

Solo traveling membuatmu lebih paham dengan dirimu sendiri baik dari segi  yang utama pasti mental kemudian fisik kamu dan memahami bahwa kamu juga memiliki keunggulan. 

Misalnya,  ketika kamu memiliki waktu yang terbatas untuk mengejar jadwal kereta padahal kamu masih berada di sebuah destinasi perbelanjaan. Tanpa disadari kamu hanya membutuhkan waktu singkat untuk menempuh jarak ke stasiun tersebut. 

Dari sini kamu menyadari bahwa ternyata kamu adalah seorang yang cukup cekatan dan efisien. Hal yang mungkin tidak akan kamu sadari ketika melakukan rutinitas dirumah seperti biasa karena semuanya sudah tertata seperti biasa. Tapi justru itulah serunya!

3. Menjadi Sosok Yang Percaya Diri

Para solo traveler kebanyakan adalah sosok yang sangat percaya diri. Kenapa? Karena mereka membiasakan diri untuk ‘terjun langsung ke lapangan’. Solo traveling membuatmu menghadapi segalanya sendiri, kamu dituntut untuk percaya pada dirimu bahwa kamu mampu bepergian jauh meskipun sendiri dan dengan cara kamu sendiri. Tidak harus memikirkan segala kerumitan yang seharusnya tidak perlu dan malah membebani mental kamu yang seharusnya malah segera mendapatkan penyegaran untuk membuat keputusan-keputusan hebat dan menghadapi rasa takutmu sendiri.

Jika sebelumnya kamu bahkan tidak berani membayar barang belanjaan ke kasir, atau pergi ke suatu tempat harus selalu ditemani seseorang. Solo traveling akan membuatmu belajar menghadapi ketakutan ini. Kamu akan sadar betapa mudahnya dan enaknya dapat melakukan semuanya sendiri tanpa harus ditemani kawan. 

Tidak perlu takut disangka seperti orang hilang, seperti tidak punya teman. Justru sebenarnya tidak akan ada orang yang berfikir seperti itu, mungkin sebaliknya kamu akan terlihat keren. Bagaimanapun juga jika kamu sendiri tidak percaya diri bagaimana orang lain akan percaya padamu, jadi jangan takut solo traveling.

4. Bebas!

Siapa yang tidak menyukai kebebasan? Bebas dalam berpendapat, bebas menentukan pilihan destinasi, bebas memberikan nafas baru untuk kesehatan mental dan jiwa kamu. Bebas dalam segalanya. Solo traveling membuatmu tidak terpaku dengan orang lain karena kamu tidak bersama siapa pun. 

Apakah kamu pernah berwisata bersama temanmu ke suatu tempat namun kamu dan temanmu memiliki keinginan yang berbeda? Kamu ingin makan bakso tapi temanmu alergi ‘perdagingan’. 

Kamu ingin jalan-jalan outdoor tapi temanmu lebih suka indoor dan pada akhirnya kamu harus mempertimbangkan keinginanmu. Terlebih lagi jika kamu pergi bersama teman yang tidak se-frekuensi, moody dan ribet pasti sepanjang perjalanan akan terasa lebih menyebalkan yang berkepanjangan. 

Kamu juga harus pandai-pandai berkompromi dengan partner travelingmu agar suasana jadi lebih baik. Tapi akhirnya kamu justru tidak release stress tapi menambah stress karena perjalanan menjadi lebih rumit.

Tidak seperti saat kamu melakukan trip sendiri, kamu bebas menentukan destinasi tujuanmu, menentukan hotel, menentukan makan siangmu bahkan menentukan moda transportasi. 

Kebebasan menentukan pilihan, bebas berekspresi dan kamu bisa jadi dirimu sendiri selama trip akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan dan berkualitas. Perjalanan akan sangat menyenangkan saat kamu sendiri juga senang, menjalaninya tanpa beban. 

5. Open Minded

Traveling bersama teman atau rombongan adalah hal yang menarik, namun terkadang kamu tidak menyadari sekitar karena sudah terlalu fokus dengan partnermu. Sehingga tidak ada bedanya dengan saat berkumpul dirumah saja. Pikiranmu juga hanya sebatas inner-circle mu saja.

Namun, saat kamu menjelajah tempat baru sendirian maka kamu akan bertemu orang-orang baru lagi yang sebelumnya belum pernah kamu kenal. 

Beradaptasi dengan hal baru membuat pikiranmu terbuka dan ada vitamin baru untuk kesehatan mental kamu. Kamu berkenalan orang dari daerah, ras, dan bahasa yang berbeda. Membuatmu memahami indahnya keberagaman.

Solo traveling membuatmu harus beradaptasi dengan hal baru, karena kamu hanya sendirian dan kamu mungkin akan membutuhkan orang-orang setempat yang baru kamu temui itu. Secara otomatis kamu akan tahu caranya bersikap di hadapan berbagai macam sifat orang. 

Kamu bisa dengan mudah menyesuaikan diri dan pola pikir pun dapat berubah menjadi jauh lebih simpel. Selain menambah pengetahuan, menambah relasi siapa tahu kamu justru menemukan hal-hal menarik yang sebelumnya tidak pernah kamu ketahui. 

Ternyata Solo Traveling Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental!

Solo traveling sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan mental, dan membuat kamu melihat hal-hal positif yang terdapat dalam dirimu yang sebelumnya tidak kamu ketahui. 

Baca Juga : Berikut Solo Traveling Dengan Segala Manfaat Yang Bisa Kamu Dapat

Jangan takut untuk memulai solo traveling, karena kamu tidak akan pernah tahu seberapa besar manfaatnya untuk kesehatan mental kamu dan sekeren apa diri kamu kalau tidak mencobanya, bukan?. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *