thumb apa itu paspor - apa itu paspor

Paspor adalah sejenis dokumen yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang secara resmi, dari suatu negara. Fungsinya adalah sebagai identitas pengguna yang berlaku untuk perjalanan antar negara. Kamu harus tau apa itu paspor dan mengenal paspor lebih dalam supaya paham pengertian dan fungsinya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Alat-alat Traveller Yang Wajib dibawa

Pada saat kamu mulai memasuki perbatasan suatu negara maka kamu harus memperlihatkan paspor tersebut. Paspor tersebut juga akan dicap atau disegel dengan visa, oleh petugas imigrasi di negara yang kamu tuju nantinya.

Apa itu Paspor?

Bagi kamu yang sudah terbiasa berlibur atau melakukan perjalanan ke luar negeri tentu sudah tahu apa itu paspor, dan apa saja fungsinya. Namun jika kamu belum pernah berlibur atau bepergian ke luar negeri sebaiknya pahami dulu pengertian dan penjelasan mengenai paspor tersebut.

Paspor adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas penggunanya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Untuk sebagian masyarakat Indonesia yang tidak pernah bepergian ke luar negeri, memang akan terasa asing mendengar kata paspor tersebut. Tidak semua masyarakat Indonesia diwajibkan mempunyai paspor, kecuali bagi mereka yang akan pergi ke luar negeri.

Perjalanan yang hanya sekadar liburan saja atau melakukan perjalanan bisnis/pekerjaan, tentu membutuhkan paspor. Petugas imigrasi negera tujuan tidak akan memberi izin pada setiap orang yang masuk ke negaranya, tanpa membawa paspor.

Bahkan kamu bisa dideportasi ke negara Indonesia secara langsung, jika datang ke suatu negara tanpa membawa paspor. Sepenting itulah peran paspor dalam hal perjalanan antar negara. Sebelum masuk ke suatu negara, kamu wajib memperlihatkan paspor tersebut.

Paspor dikeluarkan oleh setiap negara secara resmi, dan di dalamnya terdapat identitas penggunanya sebagi warga negara dari suatu negara tertentu yang terdaftar secara resmi dan legal. Paspor ini hanya bisa dipakai jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri saja.

Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan antar negara maka kamu wajib membuat paspor terlebih dahulu. Kamu bisa membuatnya di lembaga khusus yang berwenang, yang mengatur keimigrasian di Indonesia.

Datang saja ke Direktorat Jenderal Keimigrasian secara langsung, atau bisa menggunakan jasa dari penyedia jasa pembuat paspor secara khusus.

Jenis dan Fungsi Paspor Secara Umum

Fungsi utama dari paspor adalah sebagai identitas kewarganegaraan seseorang, yang melakukan perjalanan ke negara lainnya. Kebutuhan penggunaan paspor ini murni untuk perjalanan internasional, yang wajib diperlihatkan saat kamu sudah berada di perbatasa negara.

Kamu tidak akan bisa masuk ke suatu negara apabila tidak memiliki paspor. Untuk mengenal paspor lebih dalam, mari kita bahas mengenai fungsi paspor itu sendiri jika dilihat dari masing-masing jenisnya seperti berikut ini:

1. Fungsi Paspor Biasa

Paspor biasa adalah jenis paspor dari Negara Indonesia untuk digunakan oleh warga Negara Indonesia. Warnanya adalah hijau dan hanya berguna sebagai surat perjalanan resmi dari negara Indonesia, untuk melakukan kegiatan liburan misalnya ke luar negeri.

Paspor biasa digunakan saat kamu mulai bepergian dan saat kamu kembali pulang ke Indonesia.

2. Fungsi Paspor Diplomatik

Fungsi lainnya dari paspor diplomatik adalah untuk digunakan oleh sejumlah pegawai pemerintahan. Jadi paspor diplomatik ini adalah paspor yang khusus dipakai oleh para anggota TNI, PNS, Polri, DPR, DPD, dan lain sebagainya.

Paspor tersebut berguna ketika para pegawai pemerintahan tersebut melakukan perjalanan dinas ke luar negeri, yang sifatnya diplomatik. Itulah sebabnya disebut dengan paspor diplomatik. Warna dari paspor tersebut adalah warna hitam.

3. Fungsi Paspor Dinas

Jenis paspor berikutnya yang harus kamu ketahui dan sesuai dengan fungsinya adalah paspor dinas. Paspor yang satu ini dikeluarkan oleh Negara Indonesia bagi para pegawai pemerintahan yang melakukan tugas/pekerjaan ke luar negeri.

Pekerjaan itu dilakukan dalam rangka perjalanan dinas atau penempatan dinas, tetapi bukan yang sifatnya diplomatik. Warnanya juga berbeda dengan warna dua jenis paspor lainnya, yaitu berwarna biru.

Tips Mengatasi Paspor yang Hilang di Luar Negeri

Sebagai dokumen wajib yang harus ada saat kita melakukan perjalanan ke luar negeri, tentu paspor ini tidak boleh hilang dan harus bisa dipastikan selalu ada. Namun bagaimana jika saat kamu sedang berlibur di luar negeri kemudian paspor kamu hilang.

Banyak hal yang bisa terjadi begitu saja saat kamu sedang dalam perjalanan atau sedang berlibur di luar negeri. Mengalami kehilangan barang saja tentu tidak akan terlalu menyulitkan, lain halnya dengan kehilangan paspor saat sedang berada di negeri orang.

Namun jangan langsung panik, jika kamu mengalami kehilangan paspor saat sedang berada di luar negeri maka lakukanlah tips berikut dengan langkah yang benar dan tepat:

1. Melapor ke Kantor Polisi Terdekat

Ketika kamu sadar bahwa paspor kamu telah hilang, maka segeralah melapor ke kantor polisi terdekat yang ada di negara yang sedang kamu datangi. Jangan pernah ragu untuk menceritakan kondisi kamu saat itu yang sedang kehilangan paspor.

Nanti petugas polisi di sana akan meminta keterangan lengkapnya mengenai kronologis hilangnya paspor tersebut. Ceritakan dengan detail dan lengkap agar memungkinkan bagi petugas untuk menemukan paspor yang hilang tersebut.

Kamu juga akan diminta untuk mengisi form kehilangan dengan data diri yang benar dan jelas. Supaya tak ada masalah saat petugas polisi mensinkronkan data kamu dengan data yang ada di paspor.

2. Datang ke Kedutaan Besar

Cari juga informasi tentang lokasi KBRI di negara yang sedang kamu kunjungi tersebut. Bawa surat pernyataan hilang yang kamu peroleh dari pihak kepolisian, kemudian ajukan permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

Fungsinya adalah sebagai paspor sementara yang bisa dipakai sebagai pengganti paspor kamu yang hilang. Namun SLPP itu memiliki masa berlakunya, dan setiap negara memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Pastikan kamu menyesuaikan masa berlaku SLPP tersebut dengan jadwal pulang kembali ke Indonesia. Syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan SLPP adalah:

  • Kartu identitas diri misalnya berupa KTP, akta kelahiran, KK, buku nikah, dan sebagainya.
  • Fotocopy paspor yang sebelumnya.
  • Surat kehilangan dari kepolisian.
  • Pas foto dengan ukuran background yang terang seukuran paspor.
  • Formulir SLPP yang sudah diisi dengan lengkap dan tanda tangan.
  • Membayar permohonan SLPP dengan ketentuan yang juga tergantung pada masing-masing KBRI.

Bawa syarat-syarat tersebut saat kamu datang ke KBRI, supaya bisa mengurusnya dengan lebih mudah dan cepat. Biasanya proses pembuatan SLPP ini sekitar 1 hari jam kerja atau maksimal 1 minggu.

3. Mengantisipasi Kehilangan dengan Langkah yang Tepat

Jika Anda memang berencana untuk tinggal lebih lama di luar negeri misalnya 1 minggu, maka sebaiknya kamu datang ke KBRI untuk lapor mengenai kedatangan. Walaupun hal ini tidak wajib tetapi bisa mengantisipasi kehilangan paspor dengan baik.

Proses pelaporannya juga mudah, datang saja ke KBRI secara langsung dan bawa 2 buah pas foto dengan background warna terang. Lalu isi formulir yang diberi oleh KBRI dengan benar dan detail.

Hal itu menjadi bukti pelaporan kedatangan kamu di negara tersebut, yang fungsinya adalah untuk memudahkan kamu melapor atau mengurus kehilangan paspor jika hal itu terjadi.

4. Mengurus Paspor Baru Secepatnya

Langkah terakhir dalam mengatasi kehilangan paspor adalah dengan segera mengurus kembali paspor yang baru. Kamu masih bisa pulang ke Indonesia dengan SLPP yang sudah dibuat di KBRI, yang tentunya masih berlaku.

Kemudian urus kembali pembuatan paspor di kantor imigrasi yang ada di Indonesia. Persyaratan membuat paspor yang hilang dengan yang baru adalah:

  • Persiapkan dahulu kartu identitas atau bukti domisili, yang bisa berupa apa saja misalnya KTP, izasaj, akte kelahiran, KK, atau buku nikah.
  • Kemudian tunjukkan surat laporan kehilangan paspor yang sudah kamu buat di KBRI negara yang dituju.

Nanti kamu akan memperoleh jadwal untuk Berita Acara Pemeriksaan yang diberikan oleh petugas imigrasi. Kamu juga akan diwawancara oleh petugas mengenai kronologis kehilangan paspor tersebut.

Alasan kehilangan bisa memengaruhi biaya pembuatan paspor yang baru supaya tidak terlalu mahal.

Akan lebih baik lagi jika kamu tidak mengalami kehilanan paspor ketika sedang berlibur atau melakukan perjalanan dinas. Supaya liburanmu tidak terganggu, sebaiknya jaga paspor dengan baik jangan sampai hilang.

Baca Juga : Ada Tips Dan Trik Packing untuk Traveller Agar Travelling Menjadi Nyaman Nih!

Selain itu, dengan mengetahui apa itu paspor dan mengenal paspor lebih dalam, kamu menjadi lebih tahu mengenai penggunaannya sekaligus fungsinya ketika melakukan perjalanan antar negara. Pastikan kamu menyimpannya di tempat yang tidak mudah jatuh, dan aman.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *