thumbnail traveling 2 - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Masa liburan adalah waktu yang paling tepat untuk Anda melakukan traveling. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah, destinasi wisata alam yang asri, atau berkunjung ke luar negeri. Tahukah Anda? Melakukan traveling membawa manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan juga mental diri sendiri.

Manfaat tersebut berhubungan dengan setiap kegiatan traveling yang membuat hati Anda bahagia, tertawa, dan menikmati udara yang segar. Umumnya sebagian besar orang melakukan traveling untuk melepas penat atau keluar dari aktivitas rutin harian.

Baca Juga : Yuk Belajar Mendalam Tentang Traveling, Kata yang Tidak Asing di Telinga!

Kira-kira apa sajakah manfaat traveling bagi kesehatan tubuh dan mental untuk diri sendiri? 

Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental:

1. Memberikan Rasa Bahagia dan Kepuasan

bahagia - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Momen liburan bisa memberikan kepuasan kepada diri sendiri baik dari segi psikologis maupun fisik. Saat liburan atau traveling, Anda akan mendapatkan keseimbangan antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Ketika berlibur Anda juga bebas dari tuntutan rutinitas pekerjaan.

Hal tersebut membuat Anda merasa bahagia dan merasakan kepuasan. Tidak hanya saat masa liburan, emosi positif yang Anda dapatkan dari kegiatan traveling dapat bertahan sampai berminggu-minggu kemudian. Emosi positif tersebut akan membuat kesehatan mental Anda semakin terjaga baik.

2. Mengurangi Risiko Gangguan Psikologis

psikologis - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Aktivitas traveling memberikan manfaat bagi kesehatan psikologis diri sendiri, yaitu mengurangi gangguan kecemasan dan risiko depresi. Saat melakukan traveling, Anda akan terhindar dari aktivitas dan orang-orang yang dapat memicu produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres.

Tidak membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menurunkan produksi hormon kortisol. Jika Anda memiliki waktu selama minimal 3 hari saja untuk traveling ke destinasi wisata terdekat, sudah cukup untuk mengurangi stres.

3. Meningkatkan Semangat

semangat - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Berdasarkan salah satu hasil penelitian, setelah melakukan aktivitas traveling selama 3 hari, kualitas mood dan tidur para responden mengalami peningkatan. Para responden tersebut juga merasa lebih bersemangat, kemampuan berpikir meningkat, dan jarang mengeluh. 

Efek ini berlangsung sampai 5 minggu ke depan, terutama bagi responden yang banyak memakai waktu untuk dirinya sendiri saat liburan.

4. Meningkatkan Produktivitas

produktivitas - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Mengalami stres berkepanjangan akibat kehidupan sehari-hari dan pekerjaan bisa menghambat kinerja otak Anda. Hal tersebut mengakibatkan Anda mengalami kesulitan fokus dan menurunkan produktivitas.

Traveling memberikan manfaat bagi kesehatan mental diri Anda dengan mengurangi hormon stress dan meningkatkan produktivitas. Rasa bahagia yang Anda dapat saat melakukan traveling juga meningkatkan kinerja otak yang akan berdampak positif terhadap pekerjaan Anda.

Fakta tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah survei di dalam Harvard Business Review. Berdasarkan survei tersebut, karyawan yang melakukan aktivitas liburan atau traveling dapat menyelesaikan pekerjaan secara lebih mudah. Karyawan tersebut juga lebih produktif jika dibandingkan dengan rekan karyawan lain yang tidak berlibur.

5. Meningkatkan Kreativitas

kreatif - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Saat melakukan traveling, Anda akan berkunjung ke tempat baru, bertemu dengan orang yang baru, makanan baru, dan budaya yang berbeda. Semua pengalaman tersebut membuat wawasan dan pengetahuan Anda menjadi lebih beragam dan luas.

Wawasan yang luas itu berasal dari pengalaman yang Anda dapat ketika sedang traveling, sehingga memunculkan inspirasi baru. Hal inilah yang akan menjadi cikal bakal kreativitas Anda yang hobi traveling.

6. Memperkuat Hubungan Bersama Orang Lain

relasi - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Ketika berbagi pengalaman traveling atau menjalani aktivitas traveling bersama orang lain bisa memperkuat hubungan Anda dengan orang tersebut. Pengalaman buruk atau unik akan menjadi topik perbincangan yang sangat menarik bersama orang lain.

Kegiatan traveling juga dapat mempererat ikatan emosional dan Anda akan semakin memahami orang lain. Apalagi saat sedang traveling Anda pergi bersama orang terdekat seperti keluarga atau pasangan. Hubungan Anda dengan mereka pasti akan semakin hangat dan harmonis.

7. Latihan Fisik

latihan fisik - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Saat melakukan aktivitas traveling, Anda pasti akan lebih banyak berjalan kaki menyusuri setiap sudut area objek wisata. Kegiatan tersebut dapat melatih fisik Anda menjadi lebih kuat dan sehat. Inilah salah satu manfaat traveling bagi kesehatan tubuh diri Anda.

Terutama bagi Anda yang hobi berjalan-jalan ke taman atau trekking, sangat baik sekali untuk melatih otot dan fisik. Rutinitas pekerjaan terkadang membuat Anda tidak memiliki waktu atau malas berolahraga. Saat ada waktu untuk traveling, secara tidak langsung Anda juga melakukan kegiatan olahraga.

Aktivitas berjalan kaki membuat tubuh Anda semakin bugar dan sehat, mencegah penyakit osteoporosis, dan meningkatkan kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Empati dan Rasa Syukur

empati - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Saat traveling, Anda juga akan melihat berbagai aktivitas harian penduduk setempat di lokasi objek wisata dengan latar belakang yang berbeda-beda. Hal tersebut akan membuat Anda takjub dan kagum kepada penduduk setempat serta meningkatkan rasa empati di dalam diri Anda.

Memilih traveling ke berbagai destinasi wisata alam seperti danau, gunung, pantai, sungai, dan lain-lain juga bisa meningkatkan rasa empati Anda. Anda akan merasakan kenyamanan serta ketenangan ketika berada di lokasi tersebut.

Melihat keindahan alam saat berkunjung ke tempat baru secara tidak langsung akan meningkatkan rasa syukur Anda kepada Tuhan. Salah satu rasa syukur adalah menikmati berbagai keindahan alam tanpa merusaknya.

9. Pikiran Menjadi Lebih Fresh

fresh mind - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Manfaat lain dari traveling bagi kesehatan diri Anda adalah membuat pikiran menjadi lebih fresh saat menikmati udara bebas alam terbuka. Pikiran Anda yang sebelumnya penuh dengan aktivitas harian, tuntutan pekerjaan, atau masalah keluarga bisa lepas sejenak.

Anda dapat berhenti sejenak memikirkan semua hal tersebut ketika sedang melakukan traveling. Fokus Anda akan beralih ke pemandangan alam, aktivitas liburan seperti berenang atau berburu kuliner setempat. 

Menghirup udara segar bisa memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh Anda saat terpapar sinar matahari. Hal tersebut akan sangat berdampak positif bagi kesehatan tubuh Anda.

10. Mengurangi Tekanan Hidup

tekanan - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang sedang mengalami depresi atau tekanan berat dalam menjalani kehidupan akan sangat berdampak buruk untuk kesehatan Anda. Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan pergi liburan atau traveling ke suatu destinasi wisata alam.

Anda bisa berkunjung ke gunung, danau, sawah, pantai, atau tempat-tempat lain yang mempunyai panorama keindahan alam. Melakukan aktivitas dapat perlahan mengurangi rasa depresi dan tekanan dalam batin Anda. Bisa saja setelah pulang dari traveling Anda akan menemukan ide-ide baru untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang sedang Anda hadapi.

11. Beristirahat Sejenak

break - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Jika Anda seorang pegawai kantoran yang memiliki jam tidur tidak teratur atau kurang akibat lembur karena pekerjaan yang menumpuk. Hal tersebut tidaklah baik bagi kesehatan tubuh maupun mental Anda. Anda akan mudah terserang penyakit dan juga lemas saat menjalani aktivitas harian.

Tahukah Anda? Kurang tidur juga bisa menyebabkan stres yang membuat tubuh Anda mudah terserang berbagai penyakit. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, sebaiknya ambil cuti atau waktu berlibur selama beberapa hari.

Waktu liburan yang Anda dapatkan bisa Anda manfaatkan untuk traveling ke destinasi wisata alam terdekat. Pergi sejenak dari aktivitas pekerjaan Anda yang menguras waktu, tenaga, dan juga pikiran. Traveling memberikan manfaat untuk kesehatan diri Anda dengan waktu tidur yang cukup dan bisa menghirup udara segar tanpa polusi.

12. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

jantung - Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Jika jantung Anda sehat, maka risiko penyakit jantung pun akan menurun dengan sendirinya. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Memiliki jantung yang sehat akan membuat aktivitas harian Anda semakin mudah dan lancar. Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan atau sering keluar masuk rumah sakit. Terkena penyakit jantung pasti akan sangat membuat Anda menderita, tidak hanya dari segi kondisi tubuh tapi juga segi financial.

Tidak ada satupun orang yang menginginkan terkena penyakit fisik maupun mental. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan fisik dan mental Anda sebelum terserang penyakit. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan traveling.

Baca Juga : Hotel Murah di Bandung yang Cocok Untuk Backpacker Dan Solo Traveling

Setelah membaca berbagai informasi di atas, Anda lebih mengetahui berbagai manfaat traveling bagi kesehatan tubuh dan mental diri Anda. Jangan terlalu perhitungan dengan diri sendiri! Lebih baik mengeluarkan sedikit uang untuk menjaga kesehatan daripada Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Travel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *