thumb trans unik - transportasi unik

Indonesia adalah negara tropis yang ramah dengan traveller baik dari lokal maupun mancanegara. Hal ini tentunya disokong oleh mode transportasi yang mendukung di setiap daerah. 

Baca juga : Yuk Simak! Banyaknya Manfaat Menggunakan Transportasi Umum

Hay hay! Apakah kamu seorang traveller sejati? Pastinya kamu harus mencoba beberapa transportasi unik ini dibeberapa tempat di Indonesia. Penasaran? Yuk simak artikel ini siapa tahu ada di dekat mu!

Traveller Wajib Coba Transportasi Unik Ini

Mengingat setiap daerah terdapat beberapa wisata eksotis yang akan memanjakan para petualang. Transportasi menjadi hal yang lumrah di setiap daerah, apalagi jika kita menjumpai transportasi unik seperti :

1. Ojek

Ojek adalah salah satu transportasi umum yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan perkembangan ojek di Indonesia semakin maju saat munculnya startup ojek online yang kini sangat marak. 

Ojek disebut juga dengan ojek atau beda penulisan huruf akhirnya, tetapi tetap sama maknanya. Ojek sendiri adalah kendaraan motor beroda dua yang disewakan dengan cara memboncengkan penumpangnya. 

Ojek adalah transportasi ilegal yang tidak di sahkan oleh pemerintah tetapi tidak dilarang. Para pengguna ojek juga sangat banyak karena dapat meringkas waktu perjalanan. 

Biasanya jika dalam keadaan macet, ojek bisa menjadi alternatif untuk menuju ke tempat tujuan. Ojek sendiri dapat menembus padatnya kemacetan di jalanan, hal ini dikarenakan body motor yang ramping dan lebih cepat. 

Pembayaran biasanya ditentukan oleh si penyewa atau tukang ojek dan bisa ditawar oleh penyewanya. Banyaknya ojek bahkan dapat memunculkan kelompok seperti adanya pangkalan ojek.

2. Delman

Delman adalah kendaraan tradisional yang memiliki roda beragam, kadang dua, tiga ataupun empat. Delman tidak menggunakan teknologi mesin, melainkan menggunakan tenaga kuda sebagai sumber penggeraknya. 

Delman di Indonesia sudah ada sejak masa kolonial Belanda dan di ciptakan oleh orang Belanda di Indonesia. Sesuai dengan namanya, delman diciptakan oleh Charles Theodore Deeleman yang merupakan seorang insinyur dan litografer berkebangsaan Belanda. 

Delman juga memiliki berbagai variasi yang dapat dilihat dari bentuk body pengangkutnya. Walaupun diciptakan sejak masa kolonial Belanda, delman masih dapat kita temui di beberapa daerah salah satunya seperti di Yogyakarta. 

Delman sendiri memiliki berbagai variasi yang dapat dibedakan berdasarkan beberapa ciri khasnya dan juga daerahnya. Hal ini membuat delman menjadi beragam seperti adanya kahar atau kretek di bumi pasundan, nayor di Sukabumi, dokar dan andong di tanah Jawa, dan bendi di Minangkabau. Delman termasuk transportasi unik yang harus kamu coba.

3. Becak

Becak adalah kendaraan roda tiga yang sekarang sudah jarang dijumpai, tetapi masih ada. Becak merupakan kendaraan dengan dua atau tiga penumpang di bagian depan dan satu pengemudi dibagian belakang. 

Awalnya para pengemudi becak sangatlah marak di berbagai wilayah. Setelah diteliti, banyaknya para pengemudi becak dikarenakan tingginya angka pengangguran yang menyebabkan banyak orang beralih menjadi pengemudi becak. 

Caranya mendapat uang pun sangat mudah, tetapi hal ini justru menjadi masalah di beberapa daerah karena menimbulkan kemacetan. Melihat keunikan yang ada pada kendaraan ini, becak juga mengalami perkembangan. 

Awalnya para pengendara becak mengoperasikannya dengan cara mengayuh seperti sepeda. Kemudian karena adanya teknologi mesin yang mempermudah atau lebih efisien maka muncullah bentor dan helicak yang menggunakan mesin sebagai sumber penggeraknya.

4. Bemo

Bemo adalah salah satu transportasi unik yang keberadaanya sebenarnya adalah pengganti dari becak. Bemo sendiri merupakan singkatan dari kata “becak dan motor”. 

Kendaraan bemo sering dijumpai di wilayah ibu kota dan sudah ada sejak tahun 1962 atau masa orde lama. Selain di ibu kota, bemo juga hadir di wilayah Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Padang, Denpasar, dll. 

Seperti namanya, bemo merupakan kendaraan roda tiga dimana pengemudinya terletak di bagian depan dengan kapasitas penumpang 6 –  8 orang. Namun, masa sekarang sudah jarang sekali bemo yang masih beroperasi. Ada juga bemo yang sekarang beralih profesi menjadi kendaraan kereta hiburan anak-anak.

5. Bajaj

Bajaj adalah salah satu transportasi umum yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 70-an. Cara penyebutan bajaj yaitu “bajaj”, pelafalan ini mengadopsi dari negara asal bajaj sendiri yaitu India. Ya benar sekali, bajaj bukanlah kendaraan asli Indonesia melainkan kendaraan yang diimpor dari India oleh PT Bajaj Auto. 

Secara fisik, bajaj adalah kendaraan bermesin yang memiliki tiga roda dengan letak pengemudinya di bagian depan. Kapasitas bajaj adalah dua sampai tiga orang penumpang yang terletak dibelakang pengemudinya. Di indonesia terdapat dua jenis bajaj yang dapat dibedakan berdasarkan warnanya yaitu orange dan biru. Kalau kamu biasanya naik bajaj warna apa?

6. Odong – Odong

Odong – odong adalah salah satu transportasi unik yang bisa ditemui di beberapa daerah. Odong – odong merupakan kereta hiburan untuk anak -anak maupun orang dewasa dengan berbagai keunikannya. 

Kita dapat menjumpai odong – odong dengan berbagai bentuk yang sangat unik, biasanya terdapat di tengah kota ataupun alun – alun kota. Odong- odong termasuk wahana bermain yang digunakan dengan cara sewa. 

Biasanya pembayaran berdasarkan putaran ataupun menggunakan waktu. Secara fisik, odong – odong sangat beragam karena keunikannya tergantung dari si pemiliknya. Odong – odong sendiri sudah pernah dilarang oleh pemerintah karena mengganggu laju lalu lintas. 

Odong – odong menurut pemerintah adalah transportasi yang dipermak sedemikian rupa tanpa memperhatikan aspek keselamatan, keteraturan, kenyamanan, kesetaraan, keterjangkaun dan keamanan. Walaupun sudah dilarang, odong – odong tetap beroperasi tetapi dijadikan sebagai angkutan wisata.

7. Bus Tingkat

Bus tingkat adalah transportasi unik yang memiliki dua lantai yang mampu menampung penumpang dua kali lipat dari bus biasanya. Bus ini sangat cocok untuk para traveller dalam menikmati perjalannya. 

Bus tingkat ini dapat ditemukan di beberapa wilayah Indonesia yaitu di Solo, Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan Makassar. Bus tingkat digunakan di beberapa daerah untuk keperluan wisata daerah tersebut. 

Bus ini digunakan agar para penumpang memiliki keleluasaan dalam melihat pemandangan dari dalam bus. Bus ini tentunya memiliki manfaat yang banyak terutama jika digunakan di daerah yang memiliki persentase pengguna bus tinggi seperti di ibu kota. 

Namun, selain adanya kelebihan atau manfaat tentunya juga ada kelemahannya yaitu hanya bisa digunakan pada wilayah yang stabil atau medan yang datar.

8. Getek

Getek adalah salah satu kendaraan alternatif yang medannya berada di perairan seperti sungai dan danau. Getek secara fisik biasanya terbuat dari rangkaian bambu yang diikat. Biasanya penggunaan getek dikarenakan adanya kondisi yang tidak memungkinkan jika melewati jalan biasanya. 

Selain itu, penggunaan getek biasanya karena tidak adanya jalan yang menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lainnya yang lebih efisien. Pada beberapa daerah. Penggunaan getek masih sangat umum dan biasanya dijadikan wahana hiburan. 

Melihat kegunaannya, getek mampu mengangkut beberapa orang hingga mampu mengangkut kendaraan bermotor. Apakah kamu termasuk pengguna getek?  

9. Oto Kayu

Oto kayu adalah transportasi unik yang berasal dari Flores. Mungkin kamu masih asing dengan nama kendaraan ini ya. Kendaraan oto kayu adalah bus yang menggunakan kayu. Orang – orang flores menyebut kendaraan dengan kata “oto” karena kebiasaan mereka. 

Oto kayu secara fisik adalah mobil truk yang kemudian diberi tambahan fitur dengan menggunakan kayu. Truk tersebut didesain untuk tempat duduk penumpang yang dapat menampung banyak orang. 

Uniknya oto kayu ini adalah kayu yang didesain untuk tempat duduk penumpang yang terdiri dari delapan deret menyerupai kursi ini dapat dipasang dan copot sesuai kebutuhan. 

Hal ini menjadi keunikannya sendiri dimana kendaraan ini dapat mengangkut segala barang dan kadang juga sebagai pengangkut hewan ternak. 

Selain itu, keunikan kendaraan dari Flores ini adalah adanya musik yang mengalun sangat keras dimana hal ini sangat umum karena kebiasaan warga Flores yang suka mengcustom kapasitas kekuatan volume. 

Banyak sekali kelebihan kendaraan ini tetapi juga terdapat kelemahannya, kelemahan kendaraan ini adalah saat turun hujan dimana air dapat merembes masuk dan membasahi para penumpang.

Baca juga : Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Transportasi Unik Mana yang Akan Kamu Coba?

Setelah membaca artikel ini, kamu sebagai traveller sejati apakah sudah pernah menggunakan salah satu kendaraan diatas? Yuk langsung saja kita pergi travelling menggunakan transportasi unik yang pasti seru!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Transportasi

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *