thumb transp trav - transportasi yang biasa digunakan oleh para traveller

Melakukan perjalanan merupakan sebuah aktivitas yang sangat bagus untuk mengurangi stress akibat bekerja. Bahkan dapat melatih diri keluar dari zona nyaman melalui berbaur dengan orang baru.

Baca Juga : Jenis Transportasi Umum Para Traveller Dapat  Menemani Masa Liburan Anda

Saat Travelling terutama Travelling ke luar daerah atau ke luar negeri, sebuah transportasi mutlak diperlukan oleh seorang traveller. 

Berikut Transportasi yang Biasa Digunakan Oleh Para Traveller

Ada banyak transportasi yang biasa digunakan oleh para traveller beberapa diantaranya yaitu:

1. Pesawat terbang

Transportasi ini merupakan transportasi yang banyak dipilih oleh para traveller terutama bagi yang travelling ke luar negeri. Hal ini karena transportasi ini memiliki banyak kelebihan yang akan sulit Anda temukan pada transportasi lain. Adapun kelebihan dari pesawat terbang yaitu:

Pertama, resiko kecelakaan lebih rendah. Kecelakaan adalah hal yang tidak dapat diprediksi. Namun lebih baik menghindarinya sebisa mungkin. Dan dalam hal ini, pesawat terbang dianggap sebagai salah satu transportasi yang paling aman jika dibandingkan transportasi lainnya.

Kedua, menghemat waktu perjalanan. Pesawat terbang merupakan salah transportasi tercepat bagi para traveller. Jarak tempat wisata akan terasa jauh lebih dekat jika Anda menggunakan pesawat. 

Misalnya saja ketika Anda dari Surabaya hendak menuju Yogyakarta, jika menggunakan kereta api anda membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Tetapi jika Anda menggunakan pesawat terbang, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Ketiga, Menghemat tenaga. Perjalanan jauh akan jauh lebih melelahkan. Ditambah lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi yang notabene nya Anda yang menyetir sendiri. Pasti jauh lebih melelahkan.

Dengan menggunakan pesawat, Anda akan lebih menghemat tenaga. Karena Anda hanya perlu duduk dan hanya hitungan jam Anda sudah sampai ditempat tujuan.

Tetapi pastinya semua hal memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan menggunakan pesawat adalah harga tiketnya yang cukup tinggi. Dan biasanya akan jauh lebih mahal daripada transportasi lainnya.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya sudah tersedia banyak promo tiket pesawat yang bisa Anda temui di beberapa aplikasi dan platform pemesanan tiket pesawat seperti Traveloka, pegipegi dan banyak lagi.

2. Mobil

Mobil adalah salah satu transportasi pribadi bagi para traveller. Mobil biasanya digunakan ketika Travelling bersama keluarga atau teman dan membawa banyak barang bawaan.

Travelling menggunakan mobil menjadi pilihan beberapa orang karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya diantaranya bisa membawa banyak barang bawaan sehingga lebih nyaman daripada menggunakan motor atau transportasi lainnya, lebih fleksibel untuk waktu travelling karena Anda tidak perlu berburu tiket dan bergantung pada jam keberangkatan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyalakan hiburan seperti musik atau televisi sesuai keinginan Anda, tanpa gangguan apapun. 

Namun semua hal juga ada resikonya. Travelling dengan menyetir sendiri biasanya akan sangat melelahkan. Apalagi perjalanan jauh. Jadi Anda harus benar-benar berhati-hati. Jika Anda lelah atau mengantuk jangan pernah paksakan diri Anda, karena itu sangat berbahaya seperti bisa menyebabkan kecelakaan.

Dalam hal ini, Anda bisa berhenti di sebuah tempat wisata, melihat pemandangan, atau tempat makan terlebih dahulu. Saat Anda sudah merasa bugar lagi, Anda bisa menjalankan perjalanan Anda.

3. Bus

Bus menjadi salah satu transportasi yang banyak dipilih para traveller. Hal ini karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki bus yang akan jarang Anda temukan di transportasi lainnya seperti harga tiket murah, pilihan jurusan dan destinasi yang beragam serta fasilitas yang lengkap.

Harga tiket bus biasanya jauh lebih murah daripada pesawat terbang. Bahkan terkadang jauh lebih murah daripada tiket kereta api. Tidak hanya itu, pilihan jurusan dan destinasi tujuan dari bus biasanya akan lebih beragam daripada pesawat maupun kereta api.

Hal ini karena tidak semua daerah memiliki jalur kereta api maupun bandara. Namun seperti yang diketahui sendiri bahwa akses jalan saat ini bahkan sudah sampai ke pedesaan. Jadi dengan menggunakan bus, Anda akan lebih mudah ke tempat yang Anda tuju. 

Anda juga tidak perlu khawatir jika mengantuk atau lelah, bahkan sakit perut di perjalanan karena bus biasanya menyediakan bantal, AC, hingga toilet yang bisa Anda gunakan. Selain itu, dengan menggunakan bus Anda tidak perlu menyetir sendiri yang terkadang sering membahayakan Anda.

Namun biasanya bus memiliki waktu tempuh nya yang relatif lebih lama jika dibandingkan menggunakan kereta api, pesawat terbang, maupun sepeda motor. Apalagi disaat-saat ramai seperti adanya festival atau hari libur, karena bus pastinya akan kesulitan untuk menyalip kendaraan satu dengan yang lainnya tidak seperti saat menggunakan sepeda motor.

Jadi sebaiknya Anda menghindari waktu-waktu tersebut saat travelling menggunakan bus. Tapi jika Anda adalah tipe orang yang menikmati perjalanan. Maka bus tetap bisa menjadi pilihan transportasi yang tepat untuk Anda.

4. Sepeda Motor

Sepeda motor menjadi salah satu pilihan banyak traveller karena biasanya travelling dengan sepeda motor akan jauh lebih menghemat biaya, lebih seru dan lebih menantang serta biasanya akan lebih terhindar dari kemacetan.

Travelling dengan menggunakan sepeda motor akan lebih hemat biaya daripada mobil. Hal ini karena motor jauh lebih menghemat bensin serta biaya parkir saat ke tempat wisata. Selain itu, biaya angkut motor ketika Anda menyeberang pulau akan jauh lebih murah jika dibandingkan mobil.

Ukuran sepeda motor yang lebih ramping akan sangat memungkinkan Anda untuk menghindari kemacetan daripada ketika menggunakan bus atau mobil. Tidak hanya itu, dengan menggunakan motor, Anda bisa menikmati pemandangan sekitar secara langsung bahkan dapat melewati medan yang sempit tanpa harus berjalan jauh

Namun menggunakan motor saat travelling juga memiliki resiko yang cukup besar. Apalagi jika Anda travelling ke luar kota atau tempat-tempat jauh. Anda akan membutuhkan stamina yang cukup besar untuk itu. Dan juga, biasanya resiko kecelakaan saat menggunakan sepeda motor akan jauh lebih besar daripada menggunakan transportasi lainnya.

Jadi, sebaiknya ketika Anda travelling menggunakan sepeda motor. Anda tidak disarankan travelling sendiri. Hal ini karena dengan travelling beramai-ramai Anda bisa saling bergantian mengendarai sepeda motor atau beristirahat bersama untuk mengusir rasa lelah.

Anda juga bisa mencoba komunitas touring agar bisa travelling beramai-ramai dengan sepeda motor. Sehingga dapat memperkecil kemungkinan buruk yang bisa Anda alami saat travelling menggunakan motor. Selain itu, Travelling beramai-ramai ke berbagai destinasi wisata biasanya akan terasa sangat seru daripada travelling sendiri.

5. Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu transportasi andalan para traveller ketika travelling ke pulau jawa. Hal dikarenakan kelebihan dari kereta apai diantaranya lebih ekonomis daripada pesawat maupun mobil, lebih cepat daripada bus, praktis dan nyaman, dan resiko kecelakaannya pun sangat kecil.

Kereta api dipilih sebagai salah satu transportasi para travell karena biayanya yang lebih ekonomis jika dibandingkan pesawat maupun mobil. Kenapa biaya travelling dengan mobil bisa menjadi lebih mahal daripada kereta api. Hal ini dikarenakan mobil membutuhkan bahan bakar yang notabenenya lebih mahal daripada membayar tiket kereta api.

Selain itu, dengan menggunakan kereta api, maka Anda dijamin akan terhindar dari macet yang biasanya terjadi ketika Anda menggunakan bus maupun mobil. Sehingga waktu tempuh saat Anda menggunakan kereta api akan jauh lebih cepat jika dibandingkan kedua angkutan tersebut.

Tidak hanya itu, kereta api juga dianggap sebagai salah satu transportasi darat yang paling asyik untuk menemani perjalanan Anda. Hal ini karena Anda bisa menikmati pemandangan cantik selama di perjalanan mulai dari persawahan yang hijau, gunung, bahkan lembah yang bisa Anda temui saat kereta api berjalan.

Anda tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah tetapi juga oleh fasilitas-fasilitas yang ada seperti tempat duduk yang cukup luas, alat pendingin sehingga Anda terhindar dari kepanasan, dan stop kontak sehingga Anda tidak perlu takut jika HP Anda kehabisan daya baterai.

Namun biasanya tiket kereta api cepat habis, sehingga Anda perlu memesan tiket kereta api jauh sebelum keberangkatan sehingga travelling Anda tetap aman terkendali.

Baca Juga : Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Jenis Transportasi Mana yang Akan dicoba Untuk Menemani Travelling Anda?

Itulah 5 transportasi yang biasa digunakan oleh para traveller. Anda bisa mencoba salah satu dari kelima transportasi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menentukan pilihan transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk travelling. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Transportasi

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *