thumb transport bali - transportasi umum termurah di bali

Pulau Bali merupakan destinasi liburan terpopuler di Indonesia. Oleh sebab itu, tersedia berbagai fasilitas pendukung pariwisata yang cukup memadai, salah satunya adalah transportasi umum. Kira-kira apa sajakah jenis transportasi umum termurah di Bali?

Baca Juga : Yuk Simak! Banyaknya Manfaat Menggunakan Transportasi Umum

Varian atau jumlah angkutan umum yang tersedia di Pulau Bali tidak sebanyak daerah atau kota lain. Meskipun ada, rute angkutan umum cukup terbatas. Hal ini disebabkan banyaknya warga lokal yang sudah banyak memiliki kendaraan pribadi. Sehingga, jumlah angkutan umum di Bali tidak begitu banyak.

Berikut Transportasi Umum Termurah di Bali

Berikut ini beberapa jenis transportasi umum termurah di Bali yang bisa Anda gunakan saat liburan dengan budget minim:

1. Bus Trans Sarbagita

Peluncuran bus pertama kali pada tahun 2011. Awalnya, bus ini beroperasi dengan dua koridor, yaitu Batubulan-Nusa Dua PP dan Kota-Garuda Wisnu Kencana PP. 

Namun, pada tahun 2015 ada penambahan dua koridor lagi, yaitu Mahendradatta-Sanur-Lebih dan Tabanan-Mengwi-Bandara I Gusti Ngurah Rai. Tetapi, dua koridor terakhir saat ini sudah tidak beroperasi lagi atau tutup.

Transportasi umum termurah di Bali ini dulu sempat berhenti beroperasi. Kemudian, di bulan Mei 2019, bus kembali beroperasi dengan izin pemerintah setempat. Tentunya setelah melewati uji coba operasional dari tanggal 26 April sampai 1 Mei 2019.

Pengoperasian kembali bus ini melayani rute dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Batubulan PP. Rute lainnya adalah dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Nusa Dua PP. Jumlah bus yang beroperasi sebanyak 6 armada bus.

Tarif bus Trans Sarbagita, yaitu:

  • Bandara ke Nusa Dua Rp3.500,-
  • Mulai dari Banda ke Tabanan Rp7.000,-
  • Bandara ke Batubulan Rp3.500,-

2. Kura-Kura Bus

Layanan transportasi umum jenis bus ini beroperasi setiap hari di kawasan daerah pariwisata yang cukup populer di Bali. Misalnya Kuta, Seminyak, Jimbaran, Ubud, Legian, Jimbaran, Sanur, dan Nusa Dua.

Operator transportasi umum termurah di Bali ini biasanya akan menjemput para wisatawan mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kemudian, para wisatawan akan diantar menuju sejumlah spot wisata Anda inginkan atau ke lokasi penginapan.

Berikut ini daftar tarif Kura-Kura Bus berdasarkan jenis Line:

  • 3A dan 4A Rp20.000,-
  • 1A, 1B, 2A, dan 2B Rp40.000,-
  • 1C, 2C, 3B, 3C, 4B, dan 4C Rp80.000,-

3. Trans Metro Dewata

Sama seperti transportasi umum sebelumnya, Trans Metro Dewata juga berbentuk bus. Peluncuran pertama pada awal bulan September 2020 dengan empat buah koridor di area aglomerasi Trans Sarbagita. Rute bus ini mencakup Denpasar, Gianyar, Badung, dan juga Tabanan.

Transportasi umum termurah di Bali ini adalah perluasan dari bus Trans Sarbagita. Ketika merealisasikan layanan transportasi masyarakat ini, pemerintah memberikan dana subsidi sebesar 100% untuk biaya operasional kendaraan.

Bus Trans Metro Dewata memiliki 105 armada bus dengan empat buah rute, yaitu:

  • GOR Ngurah Rai ke Bandara I Gusti Ngurah Rai
  • Pantai Matahari Terbit ke Dalung
  • Terminal Persiapan ke Central Parkir Kuta Badung
  • Terminal Ubung ke Sentral Parkir Monkey Forest

Bus ini memiliki beberapa fasilitas, seperti:

  • CCTV
  • Sensor penghitung jumlah penumpang
  • Sensor alarm pengemudi mengantuk, tidak memakai seatbelt, merokok, atau keluar dari jalur.
  • Reader kartu non-tunai.

4. Komotra

Transportasi umum termurah di Bali yang telah beroperasi sangat lama adalah Komotra. Komotra berbentuk mini bus dengan kapasitas 20 penumpang. 

Agar bisa menarik perhatian para wisatawan, pengelola Komotra umumnya mendesain tampilan kendaraan dengan warna dan gambar yang tidak biasa. Misalnya menggunakan warna merah menyala, kuning mencolok, dan beberapa gambar unik.

Rute perjalanan mini bus Komotra tidak begitu banyak. Anda bisa menemukan angkutan umum ini jika sedang berada di area Kuta. Komotra bisa mengantar Anda untuk berkunjung ke Tanjung Benoa, Jimbaran, atau Sanur dengan tarif rata-rata per orang sebesar Rp10.000,-.

5. Ojek Online

Transportasi umum termurah di Bali berikutnya yang sudah tidak asing pada era digital ini adalah ojek online. Transportasi yang berbasis aplikasi mobile seperti Grab, GoJek, serta Uber bisa mendukung perjalanan liburan Anda. Cara memesannya juga sangat mudah, cukup hubungi driver ojek melalui ponsel pintar milik Anda.

6. Sewa Sepeda Motor

Jika Anda ingin merasa lebih bebas untuk mengeksplor Pulau Bali, Anda dapat menyewa sepeda motor. Jenis transportasi ini termasuk yang paling praktis untuk Anda gunakan saat berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bali. 

Ketika menggunakan sepeda motor, Anda akan terhindar dari kemacetan dan perjalanan bisa jauh lebih cepat. Tempat layanan sewa motor ini umumnya buka sejak pukul 07.00 sampai dengan 22.00 WITA. Tarif sewa motor mulai dari Rp50.000,- saja.

Transportasi umum termurah di Bali ini dapat Anda sewa harian atau mingguan. Persyaratannya juga sangat mudah, bahkan Anda bisa memesan sewa motor sebelum sampai di Bali. Tentunya Anda melakukan pemesanan via online agar tidak kehabisan stok sepeda motor.

Keuntungan Menggunakan Transportasi Umum di Bali

Menjadi seorang backpacker akan jauh lebih hemat jika Anda menggunakan transportasi umum saat berlibur di Bali. Meskipun jumlah transportasi umum di Bali tidak begitu banyak, namun Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan saat menggunakan transportasi umum tersebut.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan transportasi umum termurah di Bali:

1. Menghemat Pengeluaran

Keuntungan pertama menggunakan transportasi umum adalah menghemat jumlah pengeluaran. Biaya transportasi angkutan umum sangat jauh berbeda dengan menyewa mobil. 

Apalagi saat Anda sedang berwisata, tarif angkutan umum cukup terjangkau dan juga murah. Hal ini pastinya akan menekan jumlah pengeluaran biaya liburan Anda.

2. Tidak Bingung Mencari Lahan Parkir

Ketika menggunakan transportasi umum termurah di Bali, Anda tidak perlu bingung untuk mencari lahan parkir saat berwisata. Hanya tinggal turun dari angkutan umum tersebut saat sudah sampai di destinasi wisata tujuan Anda. Hal ini pasti akan membuat waktu berlibur Anda lebih efektif dan efisien.

3. Membuat Tubuh Lebih Banyak Bergerak

Saat Anda menggunakan transportasi umum, Anda harus berjalan menuju halte atau terminal terdekat. Kemudian, Anda akan menuju tempat wisata populer di Bali. Proses ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih banyak bergerak dan membuat tubuh semakin bugar dan sehat.

Menurut pakar kesehatan, berjalan minimal selama 30 menit per hari akan membuat jantung Anda lebih sehat. Saat Anda menggunakan transportasi umum, pastinya akan lebih banyak berjalan kaki. Hal ini bisa menjadi suatu kegiatan olahraga yang cocok untuk Anda yang jarang berolahraga.

4. Mengamati Tren atau Perubahan Terbaru

Ketika Anda menggunakan transportasi umum termurah di Bali, Anda kan lebih sering mengamati berbagai perubahan yang ada di sekitar. Misalnya tren busana para wisatawan atau warga setempat sampai perilaku setiap penumpang angkutan umum tersebut.

5. Hemat Tenaga

Mengendarai atau menyetir mobil atau motor sewaan pasti akan menguras tenaga Anda dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum. Ketika Anda menggunakan angkutan umum, Anda hanya perlu duduk manis dan menunggu sampai ke lokasi tujuan.

6. Mendukung Lingkungan Sehat dan Bersih

Menggunakan transportasi umum bisa membantu mendukung program untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Karena dapat mengurangi potensi peningkatan terhadap polusi udara dari kendaraan. 

Selain itu, jika semakin banyak orang menggunakan transportasi umum termurah di Bali, maka tingkat kemacetan juga akan ikut berkurang. Kemudian, Anda juga bisa ikut berpartisipasi membantu Pemerintah untuk lebih mengoptimalkan subsidi bahan bakar.

Tertarik Untuk Mencoba Transportasi Umum Termurah di Bali?

Beberapa jenis transportasi umum termurah di Bali mulai dari bus Trans Sarbagita, Kura-Kura bus, dan lain-lain sangat cocok untuk backpacker. Selain biaya transportasinya yang murah, Anda juga bisa mengamati budaya dari warga setempat saat menggunakan angkutan umum.

Perjalanan liburan Anda pasti akan jauh lebih berkesan dan menyenangkan saat menaiki transportasi umum. Karena Anda bisa bertemu secara langsung dengan para wisatawan lain serta warga Bali.

Baca Juga : Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Selain itu, saat menggunakan transportasi umum Anda tidak akan mudah tersesat. Karena sopir angkutan umum sudah memahami jalur di Pulau Bali. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan menuju lokasi wisata yang salah.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Transportasi

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *