Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

 Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi – Dimasa pandemi seperti ini semua orang pasti ingin sekali merasakan yang namanya liburan. Saat pandemi corona muncul di indonesia kita semua harus berdiam diri dirumah dan keluar hanya seperlunya saja. Otomatis tidak banyak kegiatan yang bisa kita lakukan jika hanya dirumah saja. Saat melakukan traveling, masih banyak orang yang takut untuk naik kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat, hingga kapal laut. 

Tetapi, kamu tidak usah takut, kita sudah menyiapkan beberapa trik menggunakan transportasi umum saat kamu traveling

 

Berikut Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Di Masa Pandemi:

 

 1. Menggunakan Transportasi Online

Menggunakan Transportasi Online

Saat ini sudah banyak sekali negara yang memiliki akses transportasi online seperti uber maupun grab. Aplikasi ini sangat membantu kamu karena bisa melacak pengemudi jika terjadi sesuatu hal yang tidak kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau dengan metode pembayaran lainnya. Sehingga uang tunai yang kamu bawa tidak perlu banyak.

(Baca Juga: Destinasi Kuliner Di Bandung Yang Wajib Kamu Cobain!)

2. Mencari Tahu Tentang Transportasi Apa Yang Ingin Digunakan

Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengenali transportasi apa yang akan kamu gunakan. Karena ini sangat penting, setiap negara tentunya memiliki sistem transportasi yang berbeda-beda walaupun jenis kendaraannya tidak memiliki perbedaan dan signifikan. Jangan menaiki kendaraan umum jika kamu tidak memiliki informasi sedikitpun. Karena saat kamu tidak mempunyai informasi kamu bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang ingin berniat jahat. Jika kamu diharuskan bertanya, kamu bisa pergi ke bagian informasi yang ada di setiap terminal bus atau stasiun kereta api yang akan kamu naiki.

 

3. Selalu Bawa Alat Kebersihan

Selalu Bawa Alat Kebersihan

Penyebaran Virus corona bisa melalui cairan yang keluar dari mulut seseorang yang sudah terinfeksi saat berbicara. Cairan tersebut dapat menempel pada benda-benda tertentu yang mungkin kamu pegang selama berada di angkutan umum. Hand sanitizer yang menggunakan bahan alkohol mempunyai fungsi untuk membunuh kuman atau bakteri yang menempel di tangan kamu. Jadi kamu harus memastikan untuk membawanya setiap bepergian menggunakan transportasi umum. Kamu bisa menggunakan hand sanitizer seperlunya, karena penggunaan yang berlebihan bisa memberikan efek samping seperti tangan kering, terasa panas ataupun gatal-gatal.

 

4. Bawa Mobil Pribadi

Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Jika kamu mempunyai mobil pribadi, sangat disarankan untuk kamu menggunakan mobil pribadi. Karena mobil pribadi dianggap jauh lebih aman dibandingkan dengan moda transportasi umum lainnya di masa pandemi. Bukan tanpa alasan, transportasi umum dinilai memungkinkan banyak orang di dalam satu tempat. Banyaknya orang di dalam satu tempat secara bersamaan dapat menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan virus. Liburan menggunakan mobil pribadi merupakan cara yang paling aman untuk berwisata di masa pandemi.

 

5. Gunakan Transportasi Umum Yang Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Gunakan Transportasi Umum Yang Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Sebenarnya boleh saja liburan menggunakan angkutan umum. Tetapi, pastikan transportasi umum itu sudah memiliki protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, kamu juga harus memastikan diri kamu sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan. Kamu harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau membawa hand sanitizer. Seperti yang sudah di ketahui, semua penumpang transportasi baik darat, udara , maupun laut, hingga kini masih diwajibkan menunjukan bukti surat keterangan bebas covid-19 yaitu rapid test atau swab test.

 

6. Batasi Berbicara Dengan Orang Lain

Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Kamu tidak akan pernah tahu benda yang kamu sentuh selama menggunakan transportasi umum bersih dari virus atau tidak. Tidak ada salahnya jika kamu menyemprotkan disinfektan dan mengelap permukaan yang akan kamu pegang terlebih dahulu seperti pada pegangan tangan atau kursi yang akan kamu duduki. Bedanya dengan hand sanitizer, desinfektan mempunyai fungsi untuk membunuh kuman dan virus pada permukaan benda, bukan pada tubuh manusia. 

(Baca Juga: 7 Cara Membuat Budgeting Pribadi Secara Praktis Dan Mudah)

7. Selalu Menggunakan Masker

Selalu Menggunakan Masker

Selama menggunakan transportasi publik seperti bus, pesawat, kereta api, hingga ojek online, kamu wajib menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung. Tak ada keharusan menggunakan masker medis, gunakan saja masker kain yang memadai. WHO merekomendasikan masker non medis berbahan kain minimal sebanyak 3 lapis. Masker kain dipercaya aman untuk mencegah penyebaran virus tapi tetap nyaman digunakan dan tidak menghambat pernafasan.

 

8. Bayar Secara Non Tunai

Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Tidak bisa dirasakan jika virus bisa menempel pada uang tunai yang telah berpindah-pindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Jadi sebisa mungkin untuk kamu menghindari pembayaran secara tunai untuk membayar apapun. Melakukan pembayaran non tunai akan menjadi pilihan yang sangat bijak di era new-normal.

 

9. Pastikan Kondisimu Sehat

Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi

Sebelum bepergian menggunakan transportasi umum, pastikan kamu tidak memiliki gejala Covid-19. Beberapa gejala umum tersebut diantaranya  adalah panas tinggi, batuk kering, nyeri tenggorokan dan sesak nafas. Sejumlah fasilitas transportasi publik juga mewajibkan pengecekan suhu para penumpangnya. jika panas kamu berada di atas 38 derajat celcius, kamu tidak akan diperbolehkan masuk. Bahkan untuk kamu yang ingin bepergian menggunakan pesawat, maka kamu wajib menunjukan hasil rapid tes bebas covid-19.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat traveling nanti. Tetapi jangan sampai lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya. Dan untuk kamu yang sedang mencari referensi menabung untuk traveling atau yang lainnya tentang keuangan kamu bisa mengunjungi https://noodol-cafe.com/

Selamat Liburan dan Stay Safe!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Transportasi

2 Comments

  1. […] (Baca Juga: Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi) […]

  2. […] (Baca Juga: Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi) […]

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *