thumbnail transport - manfaat menggunakan transportasi umum

Bepergian merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh kita. Hal tersebut juga tidak dapat dipisahkan dengan peran alat transportasi. Alat transportasi memudahkan kita untuk dapat mencapai tempat tujuan.

Baca Juga : Jenis Transportasi Umum Para Traveller Ini Harus dicoba Untuk Menemani Masa Liburan Anda

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah transportasi umum. Dilansir dari wikipedia, transportasi umum adalah atau transportasi publik adalah layanan angkutan penumpang yang digunakan oleh masyarakat umum, terjadwal, dan ada biaya untuk setiap pelayanan tersebut.

Berikut Manfaat Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi umum juga dapat diartikan sebagai alat transportasi yang digunakan saat anda tidak pergi menggunakan kendaraan pribadi. Beberapa contohnya seperti bus, kereta, KRL, kapal, pesawat, dan sebagainya. Ada beragam manfaat saat anda memilih menggunakan transportasi umum, yuk intip 7 diantaranya dalam artikel berikut ini.

1. Menghemat Pengeluaran

hmt pengeluaran - manfaat menggunakan transportasi umum

Manfaat menggunakan transportasi umum adalah bisa untuk menghemat pengeluaran. Misalkan, setiap hari perjalanan anda ke kantor adalah 15 km dan anda menggunakan kendaraan pribadi, pasti akan menghabiskan bensin yang cukup banyak untuk sekali perjalanan. Tidak hanya menghabiskan bensin, tetapi dengan anda menggunakan kendaraan pribadi maka juga butuh biaya perawatan untuk kendaraan tersebut dan mengeluarkan biaya lain seperti biaya parkir. 

Memilih untuk menggunakan transportasi umum dapat menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi karena biaya transportasi umum lebih murah dan juga terjangkau. Anggap saja dalam satu kali perjalanan anda menghabiskan uang sebesar Rp20.000 untuk membeli bensin. Jika dalam sebulan, kira-kira pengeluaran untuk transportasi adalah Rp400.000. Jika memilih menggunakan transportasi umum seperti bus dengan harga per tiket Rp3.000 per sekali jalan. Biaya yang akan anda keluarkan dalam sebulan hanya sebesar Rp120.000 rupiah saja. Terlihat sekali ya perbedaannya?

2. Menghemat Waktu

hmt waktu - manfaat menggunakan transportasi umum

Dengan memilih menggunakan transportasi umum, anda juga dapat menghemat waktu anda ketika sedang berada di perjalanan. Karena pada umumnya jalur untuk transportasi umum dan jalur untuk pribadi dibuat terpisah. Contohnya adalah jalur busway yang dibuat terpisah di Jakarta. anda tidak perlu menghabiskan waktu anda dengan macet di jalan. Ketika waktu anda tidak habis di jalan, anda masih bisa melakukan hal-hal lain yang lebih produktif. Dengan menggunakan transportasi umum, anda juga dapat menghemat waktu jika anda sedang melakukan perjalanan jauh. Tentunya waktu yang dihemat banyak sekali ya. Bayangkan jika anda sedang memiliki agenda ke Papua dan dari Jakarta, tentu akan memilih menggunakan transportasi umum dengan menggunakan pesawat daripada menyetir menggunakan mobil, bukan? 

3. Melatih Disiplin

mlth disiplin - manfaat menggunakan transportasi umum

Tak hanya menghemat waktu saja, transportasi umum juga bermanfaat untuk melatih disiplin yang baik untuk diri anda. Hal tersebut karena saat memilih menggunakan transportasi umum, anda harus menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan. Transportasi umum tidak menyesuaikan dengan jadwal anda atau menunggu anda untuk berangkat dan pulang. Semisal setiap hari anda bekerja dengan menggunakan kereta KRL. Waktu untuk berangkat harus dipikirkan sehingga anda tidak terlambat dan ketinggalan kereta. Karena sekali saja terlambat atau tidak tepat waktu, maka harus menunggu lebih lama lagi. Keren ya, dengan menggunakan transportasi umum juga bermanfaat untuk mengembangkan diri sendiri.

4. Membuat Badan Menjadi Lebih Sehat

lebih sehat - manfaat menggunakan transportasi umum

Salah satu manfaat lain transportasi umum adalah bisa untuk membuat badan lebih sehat karena anda lebih banyak bergerak. Hal ini karena titik penjemputan transportasi umum tidak dekat dengan tempat tinggal sehingga anda perlu untuk mengakses ke titik penjemputan terlebih dahulu. anda bisa berjalan ke Halte Bus atau menggunakan sepeda untuk menuju ke stasiun kereta. Hal-hal tersebut membuat anda lebih banyak bergerak dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain membuat badan lebih sehat karena lebih aktif bergerak, manfaat lainnya anda bisa membuat anda menghemat biaya untuk aktivitas gym karena gerak harian anda sudah cukup.

5. Mengurangi Stress

kurangi stress - manfaat menggunakan transportasi umum

Manfaat kelima menggunakan transportasi umum atau transportasi publik adalah bisa untuk mengurangi stress. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, kemacetan dan kelelahan saat menyetir menjadi hal yang tidak dapat untuk dihindari. Salah satu penelitian tentang kemacetan di Jakarta menyatakan jika rata-rata kemacetan yang dialami dapat membuang waktu selama 68 menit. Hal tersebut berarti setiap tahun, terdapat 22 hari per tahun yang dihabiskan untuk mengalami kemacetan. Sangat menghabiskan waktu sekali, ya.

Dengan memilih untuk menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta KRL, anda tidak perlu memikirkan kemacetan yang terjadi di jalan karena anda hanya perlu duduk dan menunggu untuk mencapai tujuan. Sehingga, tingkat stress karena mengalami kemacetan di jalan pun menjadi berkurang. 

Anda juga menghemat tenaga anda untuk menyetir sehingga anda dapat mengurangi stress. Jika anda memilih untuk menyetir, maka akan cukup mengeluarkan tenaga dan melelahkan karena anda harus selalu fokus dalam mengemudi. Jika menggunakan transportasi umum, sudah ada supir bis atau masinis kereta yang mengemudikan kendaraan sehingga anda tidak perlu lelah untuk memikirkan rute mana yang paling cepat untuk sampai ke tujuan atau akankah anda akan terkena kemacetan atau tidak.

6. Mengurangi Polusi

polusi - manfaat menggunakan transportasi umum

Manfaat jangka panjang yang dapat anda rasakan saat anda memilih menggunakan transportasi umum adalah mengurangi polusi. Secara tidak langsung, anda sudah berpartisipasi dalam program Go Green yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Hal tersebut karena kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang polusi udara. Kendaraan bermotor dapat menjadi penyumbang polusi udara karena kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Sebuah studi menunjukkan jika jumlah kendaraan pribadi di Indonesia telah mencapai lebih dari 20 juta. Jumlah tersebut dengan persentase sebesar 60% dari kendaraan sepeda motor. Untuk pertumbuhan kendaraan pribadi mobil sekitar 3-4% dan sepeda motor lebih dari 4% setiap tahun. Dengan jumlah tersebut, penelitian lain menunjukkan jika per tahun 2016, Jumlah emisi karbondioksida dari kendaraan pribadi mencapai 3.285.241 ton / tahun.

Menggunakan transportasi umum bermanfaat untuk mengurangi polusi karena angkutan umum saat ini juga dioptimalkan untuk menjadi bebas emisi. Contohnya adalah Moda Raya Terpadu atau MRT di Jakarta yang menghasilkan 76% lebih sedikit emisi daripada kendaraan pribadi. Sehingga, tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, memilih menggunakan transportasi umum juga bermanfaat untuk anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan bumi di masa depan.

7. Meningkatkan Hubungan Bersosialisasi

hubungan sosial - manfaat menggunakan transportasi umum

Manfaat terakhir menggunakan transportasi umum adalah dapat meningkatkan hubungan bersosialisasi. Hal ini karena transportasi umum digunakan oleh banyak orang dan tidak hanya anda saja. Ketika menunggu sampai ke tempat tujuan, anda dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anda dengan mengobrol dengan orang lain. Hal ini tidak dapat anda dapatkan jika anda menggunakan kendaraan pribadi dan menyetir sendiri.

Dengan bersosialisasi kepada orang lain, hal ini dapat memberikan beberapa manfaat untuk anda. Beberapa di antaranya adalah bisa untuk mencegah depresi, mengurangi resiko demensia, dan mencegah penurunan kesehatan mental. Bersosialisasi juga dapat menambah wawasan dan relasi anda. anda dapat bertemu dengan orang baru dan bertukar pikiran. Siapa tahu anda bisa bertemu dengan calon klien, pelanggan baru, atau bahkan jodoh anda. Tak hanya hal-hal tersebut saja, dengan bersosialisasi anda juga dapat melihat hal-hal baru atau tren terbaru yang sedang hype saat ini.

Ternyata ada banyak sekali ya manfaat menggunakan transportasi umum. Transportasi umum bisa untuk menghemat waktu dan pengeluaran, melatih disiplin, membuat badan menjadi lebih sehat, mengurangi stress, mengurangi polusi, dan meningkatkan hubungan bersosialisasi. Di Indonesia sendiri sudah banyak berbagai pilihan transportasi umum baik untuk perjalanan dalam kota atau antar kota. Ada pilihan bus, MRT, LRT, dan yang lainnya untuk perjalanan dalam kota. Pilihan-pilihan tersebut dapat anda gunakan sehari-hari untuk pergi bekerja. Jika anda sedang melakukan perjalanan jauh, ada pesawat, kereta jarak jauh, dan kapal yang bisa dijadikan pilihan untuk dapat menghemat waktu anda. 

Baca Juga : 7 Tips Merencanakan Road Trip yang Aman dan Menyenangkan

Apakah Anda Tertarik untuk Menggunakan Transportasi Umum Mulai Hari ini?

Pemerintah pun terus meningkatkan fasilitas dan layanan berbagai transportasi umum di Indonesia yang pastinya membuat anda akan semakin nyaman untuk mencapai tempat tujuan anda. Jadi dengan memilih menggunakan transportasi umum, anda dapat merasakan berbagai manfaat yang baik untuk diri anda sendiri, untuk alam, maupun untuk orang lain. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Transportasi

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *