generasi milenial - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Untuk kebanyakan orang, traveling merupakan sebuah kebutuhan. Bisa melepaskan penat dan mencari suasana baru merupakan salah satu alasannya. Terutama bagi generasi milenial, traveling sudah seperti kebutuhan wajib yang perlu dilakukan dengan waktu berkala. Itulah mengapa tips dan trik traveling untuk generasi milenial banyak dicari.

Baca Juga : 7 Tempat Makan di Jogja yang Kekinian dan Cocok Untuk Kaum Milenial

Traveling memang membutuhkan persiapan yang tidak sembarangan. Segala sesuatunya harus disiapkan agar perjalanan menjadi menyenangkan. Generasi milenial juga biasanya tidak mau melakukan traveling ke tempat yang itu-itu saja. Mereka memiliki banyak tempat referensi sehingga tempat liburan pun menjadi beragam.

Tips dan Trik Traveling untuk Generasi Milenial

Agar perjalanan menjadi semakin menyenangkan, berikut adalah tips dan trik traveling untuk generasi milenial yang bisa dicoba.

Memanfaatkan Promo

newsletter - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

 

Traveling tidak selalu identik dengan harga mahal. Banyak cara untuk melakukan traveling dengan harga murah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan harga promo. Generasi sekarang tentu sudah tidak asing dengan banyaknya aplikasi yang menyediakan kebutuhan liburan.

Aplikasi-aplikasi ini tentu akan sering memberikan promo. Dari mulai harga tiket sampai tarif hotel. Rajin-rajinlah untuk mengecek aplikasi tersebut, promo yang diberikan akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Rajin Datang ke Travel Fair

travel fair - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Selain membeli lewat aplikasi, tiket murah juga banyak diberikan lewat travel fair. Selain masalah tiket, travel fair juga bisa menyediakan paket liburan murah. Untuk Anda yang malas membuat itinerary maka paket perjalanan mungkin menjadi sesuatu yang pas.

Selain itu, dengan rajin datang ke travel fair juga Anda akan banyak mendapatkan referensi tempat wisata yang baru. Itulah mengapa travel fair bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan traveling murah.

Berlangganan Newsletter dari Maskapai

newsletter - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Masih berkaitan dengan mencari liburan murah sebagai tips dan trik traveling untuk generasi milenial. Satu cara yang bisa dicoba juga adalah berlangganan newsletter dari maskapai. Newsletter adalah email atau surat elektronik sebuah perusahaan untuk memberitahu suatu berita dan informasi kepada pelanggannya.

Manfaatnya adalah Anda akan lebih cepat tahu ketika maskapai tersebut memberikan promosi. Bahkan biasanya mereka yang berlangganan diberikan harga khusus ketika membeli tiket maskapai tersebut.

Tidak Perlu Menggunakan Jasa Tour Guide

tourguide - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Tren yang sering dilakukan milenial sekarang adalah berliburan tanpa guide. Internet bisa Anda manfaatkan dalam hal ini. Anda bisa mencari tempat – tempat menarik di Internet. Semua referensi tempat menarik ada di sana.

Internet menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan ketika melakukan traveling. Tidak sekedar masalah review namun juga hal seperti harga tiket masuk, fasilitas pendukung, dan lainnya. Tidak menggunakan jasa tour guide juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran.

Sesuaikan Destinasi dengan Budget

budget - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

 

Tidak perlu memaksakan pergi ke tempat mahal. Ada banyak tempat yang bagus yang bisa dijangkau dengan biaya murah. Ini juga merupakan salah satu tips dan trik traveling untuk generasi milenial. Kuncinya adalah rajin mencari di internet. Sudah banyak orang yang membagikan cara liburan murah namun tetap menyenangkan.

Buat Budgeting

budgeting - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Anda tentu tidak ingin sepulang dari traveling malah dipusingkan dengan kondisi keuangan yang kosong. Untuk menghindari hal tersebut maka salah satu caranya adalah dengan membuat perencanaan biaya. Buatlah sedetail dan serinci mungkin.

Mungkin nanti perencanaan ini akan sedikit meleset, namun setidaknya Anda sudah memiliki patokan berapa biaya yang dibutuhkan. Dengan membuat perencanaan ini juga akan menghindarkan Anda dari membeli hal yang tidak penting saat liburan.

Bergabung dengan Komunitas Traveler

komunitas travel - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Hal yang juga bisa dilakukan untuk Anda yang hobi traveling adalah bergabung dengan komunitas. Banyak manfaat yang bisa didapatkan di sini. Dari mulai info tentang tempat wisata, promo harga, dan lainnya. Bahkan di sini juga Anda bisa ikut jika mereka melakukan open trip.

Membuka Jasa Titip

jastip - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Bagi Anda yang ingin liburan tidak sekedar senang tapi juga menguntungkan, maka cobalah untuk membuka jasa titip. Anda bisa mencari tahu tentang apa saja oleh-oleh atau ciri khas dari daerah tersebut. Tawarkan kepada teman-teman Anda. Semakin banyak yang memesan maka Anda akan semakin untung.

Rajin Mencari Referensi

referensi - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Hal yang tidak bisa dipisahkan dari generasi milenial adalah internet. Termasuk ketika akan melakukan traveling. Anda bisa mencari referensi tentang tempat yang menyenangkan dari internet. Tidak hanya tempat, Anda juga bisa membuat rencana biaya yang dibutuhkan hanya dengan modal mencari di internet.

Dengan memperbanyak referensi maka banyak manfaat yang bisa didapatkan. Dari mulai tempat wisata yang sedang ramai, tempat menarik dengan harga yang murah, promo, dan lainnya. Semakin banyak referensi maka akan semakin banyak pilihan tempat yang Anda miliki untuk melakukan traveling.

Mengapa Perlu Traveling?

Setelah membaca tips dan trik traveling untuk generasi milenial di atas maka mungkin akan muncul sebuah pertanyaan mengapa perlu traveling? Sepenting apa traveling untuk anak muda? Apa ada manfaatnya atau hanya sekedar jalan-jalan?

Mungkin sebagian orang akan melakukan traveling untuk melepas stress. Memang itu adalah salah satu manfaatnya. Namun masih banyak alasan dan manfaat dari melakukan traveling. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah :

Mempelajari Hal Baru

hal baru - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Ada banyak hal baru yang akan didapatkan ketika melakukan traveling. Anda akan belajar mandiri karena semua urusan ketika traveling akan dikerjakan sendiri. Jika Anda pergi dengan teman maka Anda juga akan belajar bekerja sama dan saling memahami.

Selain itu, dengan traveling juga Anda akan mengenal tentang kebudayaan baru. Hal ini akan banyak membuka pikiran Anda. Dari sinilah biasanya ide-ide baru akan muncul. Hal baru lainnya yang juga bisa Anda dapatkan dari traveling adalah pertemanan. Dengan banyak bertemu orang tentu akan menambah koneksi Anda, dan ingin mungkin akan menguntungkan untuk Anda di masa depan.

Mendapatkan Pengalaman

pengalaman - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Dengan melakukan traveling juga akan menambah banyak pengalaman yang Anda miliki. Pengalaman-pengalaman ini tentu tidak akan ternilai harganya. Semua pengalaman ini akan menjadi cerita menarik yang bisa diceritakan di kemudian hari.

Pengalaman tersebut juga banyak macamnya. Dari mulai bertemu teman baru, mengunjungi tempat baru, mendapatkan suasana baru, dan lain sebagainya. Pengalaman ini juga bisa mendatangkan keuntungan lain. Banyak orang yang mendapatkan uang hanya dengan bercerita tentang pengalamannya.

Menemukan Ide Baru

ide - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Untuk Anda yang bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Maka traveling bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan datang ke tempat baru maka Anda akan mendapatkan suasana baru juga. Suasana baru inilah yang bisa mendatangkan banyak ide untuk Anda. Setidaknya suasana tersebut bisa melepaskan kejenuhan Anda sebelumnya.

Mendapatkan Keuntungan

keuntungan - tips dan trik traveling untuk generasi milenial

Tidak sekedar mengeluarkan uang, Anda juga bisa mendatangkan uang dari traveling. Ini juga salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan. Salah satu tips dan trik traveling untuk generasi milenial adalah traveling juga tidak sekedar jalan-jalan namun bisa menambah uang jajan.

Salah satu caranya adalah dengan membuka jasa titip seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Selain itu, masih banyak hal lain yang juga bisa dilakukan. Beberapa contohnya adalah :

  • Menjual Foto dan Video Hasil Traveling

Bukan hal aneh seorang traveler membawa kamera saat jalan-jalan. Sebagian menggunakannya hanya untuk kebutuhan sosial media. Namun jika dibuat serius, Anda bisa menjual foto atau video yang dibuat saat traveling ke media.

Sudah banyak orang yang melakukan hal ini. hasil yang didapat pun sangatlah lumayan. Itulah mengapa saat ini orang menjadikan traveling bukan hanya hobi tapi juga sebagai pekerjaan dan sumber penghasilan.

  • Menjadi Tour Guide

Semakin sering traveling maka semakin banyak tempat yang Anda ketahui. Dengan modal ini maka Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi seorang tour guide. Cara ini tentu akan menyenangkan. Anda bisa jalan-jalan sekaligus dibayar atas jasa menjadi tour guide.

  • Menjadi Penulis Khusus Topik Pariwisata

Hal lain yang juga bisa menghasilkan uang dari traveling adalah menjual pengalaman Anda dalam bentuk tulisan ke media. Sama dengan menjual foto dan video, bedanya dengan cara ini Anda bisa menceritakan lebih banyak hal dan juga lebih detail.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Dieng yang Begitu Memanjakan Mata

Itulah beberapa tips dan trik traveling untuk generasi milenial yang bisa dicoba. Setidaknya, luangkan satu waktu dalam satu tahun untuk melakukan traveling. Tidak perlu mencari tempat yang mahal, banyak tempat murah dengan suasana bagus yang bisa Anda kunjungi.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *