thumb packing - tips dan trik packing untuk traveller

Sebelum melakukan travelling Anda tentu harus melakukan persiapan dengan matang agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan tersebut adalah melakukan packing barang-barang kebutuhan travelling.

Baca Juga : 11 Tips dan Trik Solo Travelling Terbaik Untuk Pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali merencanakan travelling ada baiknya untuk menyimak tips dan trik packing untuk traveller dibawah ini. Agar perjalanan yang Anda idamkan menjadi pengalaman yang aman, nyaman dan menyenangkan!

Berikut Tips Dan Trik Packing Untuk Traveller

Ada banyak tips dan trik packing untuk traveller dengan tujuan agar meringankan beban tas dan bagasi anda. Berikut 10 tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk mengemas, Anda juga bisa berkreasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

1. Memilih Tas

Tips dan trik packing untuk traveller yang pertama adalah memilih tas. Ada banyak pilihan tas travelling yang dapat Anda temukan di internet. Anda menyesuaikan tas dengan jenis perjalanan dan tujuan anda. Sebelum membeli Anda harus memeriksa kualitas tas, bahan yang digunakan, daya tahan dan kelengkapannya.

Jika tujuan Anda jauh dan travelling akan memakan waktu yang lumayan lama Anda harus memilih tas yang bisa menampung semua keperluan anda. Jika tujuan Anda dekat maka cukup dengan tas kecil yang membawa alat-alat esensial dapat Anda bawa.

Perhatikan juga tempat tujuan dan medan yang akan Anda lalui dalam travelling. Apakah tujuan Anda daerah yang sedang mengalami musim tertentu. Apakah medan yang Anda lalui jalan yang terjal atau mulus. Anda akan memilih ransel daripada koper jika medan tujuan Anda adalah jalan yang terjal dan butuh tenaga berjalan untuk mencapainya.

2. Menyusun Daftar Barang

Tips dan trik packing untuk traveller selanjutnya adalah menyusun daftar barang apa saja yang akan dibawa. Hal ini memang terkesan sepele namun ternyata sangat penting untuk dilakukan sebagai antisipasi Anda lupa sesuatu.

Melupakan sesuatu barang yang sangat Anda butuhkan dan baru menyadarinya di tengah perjalanan tentu sangat merepotkan. Meminjam mungkin bisa jadi pilihan, namun Anda kemungkinan Anda tidak akan mendapatkannya dengan mudah. Sebab setiap orang memiliki barang pribadi masing-masing.

Maka mau tak mau jika Anda sangat membutuhkannya dan tidak ada yang bisa meminjami, Anda harus membeli. Sangat disayangkan Anda membuang-buang uang untuk membeli barang lagi di tempat liburan padahal Anda sudah memilikinya dirumah. Jadi buatlah catatan daftar barang apa saja yang akan Anda bawa dalam perjalanan.

3. Memilah Barang Yang Dibutuhkan

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda termasuk benda yang dibutuhkan dalam perjalanan. Tips dan trik packing untuk traveller yang satu ini adalah memilah barang yang benar-benar Anda butuhkan.

Tas yang berjejal dengan barang tidak berguna hanya akan memberatkan Anda dan menambah biaya bagasi. Perhitungkanlah barang apa saja yang Anda butuhkan dengan sebuah pertanyaan, “apakah jika benda ini tidak ada di tempat liburan Anda harus segera membelinya?”

Contohnya kipas angin portable, apakah Anda membutuhkan benda ini saat berada di tempat tujuan? Apakah jika tidak ada benda ini di sana, Anda akan segera membelinya? Umumnya penginapan dan wisata indoor telah dilengkapi dengan AC sehingga Anda tidak perlu membawa benda ini.

4. Pilih Barang Multifungsi

Tips dan trik packing untuk traveller berikutnya adalah memilih barang multifungsi atau memiliki fungsi yang banyak. Dengan membawa benda macam ini, Anda dapat mengurangi berat tas dan bagasi anda.

Anda pun bebas bergerak kesana kemari tanpa kelelahan karena membawa bawaan yang banyak. Contohnya Anda tidak perlu membawa kamera karena smartphone Anda telah memiliki kamera. Anda bisa berkreasi sesukanya dengan barang-barang multifungsi ini sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman travelling yang menyenangkan.

5. Membuat Kategori

Setelah Anda menyusun daftar dan memilih barang mana yang akan Anda bawa maka saatnya membuat kategori. Trik ini akan memudahkan Anda untuk menemukan barang yang Anda butuhkan dengan mudah. Tidak hanya menemukan, tapi juga agar barang tersebut tidak tercampur dan memeriksa telah dipacking atau belum.

Anda dapat menggunakan kantong plastik atau tas kecil untuk memisahkannya, agar bertambah jelas gunakan tas transparan atau berilah label. Kategori ini bisa Anda mulai dari alat mandi, skincare, makeup, obat-obatan, barang elektronik, kabel dan dokumen penting. Maka isi tas Anda akan tampil terorganisir dengan rapi dan efisien.

6. Packing Pakaian

Pakaian adalah barang nomor satu yang akan masuk dalam tas. Ada banyak cara dalam packing pakaian untuk travelling. Pertama Anda harus memutuskan berapa jumlah pakaian yang akan dibawa. Ada baiknya Anda memilih pakaian yang dapat Anda gunakan untuk banyak hal sehingga Anda tidak perlu ganti kostum setiap saat.

Pertimbangkan model dan bahan pakaian yang cocok dengan tempat tujuan. Serta pilihlah warna-warna netral agar Anda tetap fashionable dan perhatikan jika ada larangan pakaian tertentu di tempat liburan anda.

Kedua, cara menyimpan pakaian yang telah Anda pilih ke dalam tas. Ada sebuah trik jitu agar pakaian Anda tidak mudah kusut yaitu menggulungnya. Dengan menggulung pula akan memaksimalkan penggunaan ruang dalam tas.

7. Packing Toiletries

Toiletries adalah barang-barang yang Anda gunakan untuk membersihkan dan merawat diri. Seperti alat mandi, skincare, make up dan obat-obatan. Anda bisa memisahkan 4 esensial ini pada masing-masing kantong plastik atau tas kecil khusus.

Untuk alat mandi bisa Anda jadikan opsional karena jika Anda menginap di hotel biasanya telah disiapkan peralatan mandi. Namun jika Anda harus membawa sendiri, pastikan Anda hanya membawa alat mandi yang penting saja seperti sabun, sampo, odol dan sikat gigi. Anda tidak perlu membawa masker rambut, luluran dan sebagainya.

Bagi traveller perempuan skincare dan makeup sangat penting dibawa. Ada trik yang menyarankan untuk membeli wadah travel size kit. Bahkan beberapa brand telah menyediakan special travel kit sehingga Anda tidak repot memindahkan produk.

Keduanya membutuhkan uang karena Anda harus membeli kit-kit tersebut. Untuk menghemat, Anda bisa membawa skincare dan makeup Anda seperti biasa namun pilihlah yang penting dan akan Anda pakai saja.

Terakhir obat-obatan, untuk Anda yang memiliki penyakit khusus membawa obat-obatan sudah tidak bisa ditawar kembali. Bawalah semuanya karena Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tempat liburan.

8. Susunan Prioritas

Setelah memilih dan packing, saatnya Anda untuk menyusun barang-barang ke dalam tas. Susunlah sesuai dengan prioritas barang mana yang akan dibutuhkan lebih dahulu. Penyusunan ini berdasar seberapa sering benda tersebut akan dikeluarkan. Anda bisa memilih tas yang memiliki banyak saku sehingga Anda tidak perlu membuka kantong utama.

9. Maksimalkan Semua Saku Tas

Tips dan trik packing untuk traveller berikutnya adalah memaksimalkan semua saku tas. Anda bisa menyimpan barang yang akan sering Anda keluarkan di dalam saku. Contohnya charger, power bank, kabel, headset, pelembab, kacamata gelap dan minyak angin. Anda juga bisa memanfaatkan ruang kosong dalam sepatu untuk menyimpan kaos kaki sehingga tidak ada yang sia-sia.

Anda juga bisa mengisi saku tersebut dengan kantong plastik dan karet gelang sebagai alat darurat. Kadang di perjalanan benda kecil seperti ini menjadi benda yang sangat dibutuhkan dalam kondisi tertentu. Contohnya kantong plastik bisa dijadikan pelindung dompet dan smartphone Anda saat hujan.

10. Gunakan Tas Kecil Untuk Benda Utama

Tips dan trik packing untuk traveller yang terakhir adalah menggunakan tas kecil untuk benda utama. Tas kecil ini akan Anda kalungkan di depan atau di dada anda, sehingga mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Isi tas kecil ini dengan benda penting yang akan selalu Anda keluarkan selama perjalan seperti smartphone, dompet, kunci dan tiket.

Baca Juga : Manfaat Menghemat Uang Saat Traveling Ini Harus Anda Ketahui!

Ternyata Tips dan Trik Packing untuk Traveller Sangat Mudah!

Demikian Tips dan trik packing untuk traveller yang telah diulas secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda mempersiapkan perjalanan Anda dengan aman dan nyaman.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *