thumb bahaya travel - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Travelling adalah kegiatan menyenangkan yang dinanti-nanti setiap orang. Dari travelling mewah ke tempat wisata mahal hingga travelling murah dengan backpackeran. Dari travelling kelompok dengan orang-orang terkasih hingga travelling sendirian. Tentu anda menginginkan pengalaman travelling yang nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga : 12 Trik Menghindari Bahaya Solo Travelling, Penting Banget!

Namun seperti hidup, dalam travelling tidak semua hal akan berjalan sesuai dengan rencana anda. Meski telah melakukan persiapan, situasi tidak terduga akan menyapa anda. Bahkan hal-hal tidak diinginkan yang memberikan kerugian materil hingga membahayakan nyawa. Maka untuk menanggulangi hal tersebut ada baiknya anda menyimak tips dan trik menghindari bahaya travelling dibawah ini.

Berikut Tips dan Trik Menghindari Bahaya Travelling

Ada banyak cara untuk menghindari bahaya saat travelling yang dapat anda gunakan demi keamanan Anda. Berikut beberapa tips dan trik menghindari bahaya travelling yang telah kami rangkum.

1. Riset Tempat Tujuan

riset tjan - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Tips dan trik menghindari bahaya travelling yang pertama adalah melakukan riset tempat tujuan. Anda harus memeriksa keadaan daerah atau negara yang anda kunjungi. Seperti iklim atau cuaca yang sedang berlangsung, adakah pandemik yang merebak, konflik dan tingkat kriminalitas disana. Jadi anda bisa mempersiapkan antisipasi untuk menghadapi hal-hal tersebut atau pindah tujuan.

Ada baiknya pula anda mengumpulkan informasi penting tentang nomor darurat, email dan alamat yang bisa anda hubungi jika anda kesulitan disana. Contohnya nomor dan alamat kedutaan besar, polisi dan rumah sakit yang ada disekitar tempat tujuan anda, tidak lupa nomor tempat anda menginap.

2. Double Check Persiapan Anda

double check - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Tips dan trik menghindari bahaya travelling yang kedua adalah melakukan double check pada persiapan anda. Periksa ulang barang-barang yang anda bawa dan semua yang anda butuhkan selama perjalanan. Terutama benda vital seperti hp dan kartu atm atau kartu kredit.

Pastikan bahwa hp anda dalam kondisi yang prima dan tidak eror. Anda bisa mengunduh aplikasi yang dapat membantu anda selama di perjalanan seperti. Pastikan anda mengisi paket internet sebagai cadangan jika anda tidak dapat menemukan Wi-Fi. Anda juga harus mengisi pulsa jika di tempat tujuan tidak menunjang koneksi internet.

Periksa juga ketersediaan kartu atm di tempat tujuan dan kartu kredit anda. Hal ini untuk menghindari anda kekurangan uang dalam perjalanan. Uang sangat vital, namun sangat direkomendasikan agar anda membawa uang secukupnya saja agar tidak boros dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Backup Dokumen Penting

backup doc - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Tips dan trik menghindari bahaya travelling yang selanjutnya adalah melakukan backup dokumen penting seperti KTP, SIM dan Paspor. Fotokopi dan simpan di tas, tambahan untuk berjaga-jaga pencurian anda juga bisa menyimpannya di rumah teman. Lebih praktis lagi, anda bisa scan dokumen ini dan menyimpan filenya di USB atau cloud secara online.

Jika anda kepepet dan tidak sempat melakukan keduanya, anda bisa mengambil foto dokumen tersebut dan menyimpannya di smartphone anda. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan anda masih punya salinan data tersebut.

4. Rahasiakan Informasi Sensitif

rahasia informasi - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Jika anda melakukan travelling khususnya solo travelling ada baiknya anda merahasiakan informasi sensitif. Dengan cara tidak mengupload informasi travelling di sosial media. Contohnya nomor hotel anda dan nomor tiket anda sebab kejahatan ada dimana-mana termasuk sosial media. Bagi anda yang senang berbagi pengalaman travelling sangat direkomendasikan untuk mempublikasikannya setelah pulang.

5. Selipkan Stopan Pintu

stopan pintu - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Tips dan trik menghindari bahaya travelling berikutnya adalah anda bisa menyelipkan stopan pintu di kamar anda saat tidur. Akan lebih baik lagi jika selipan ini memiliki fitur alarm yang nyaring dan keras. Dengan selipan pintu ini dapat membantu anda waspada jika ada orang masuk ke dalam kamar anda tanpa izin.

6. Membawa “Senjata” Untuk Menjaga Diri

senjata - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Senjata yang dimaksud dalam tips dan trik ini tentu bukan senjata sebenarnya seperti yang anda bayangkan. Bukan senjata api atau senjata tajam karena sudah pasti anda akan ditahan pihak keamanan. Anda bisa membawa senjata untuk menjaga diri seperti semprotan merica atau cabai. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan botol semprotan bekas dan larutan bubuk merica atau bubuk cabai. Dengan semprotan ini Anda bisa melumpuhkan orang jahat di hadapan anda.

Senjata kedua yang sangat direkomendasikan adalah peluit. Anda dapat membawa peluit sebagai senjata menjaga diri. Anda bisa mengulanginya di leher agar mudah dipakai saat keadaan darurat. Peluit ini berfungsi sebagai alarm untuk meminta bantuan saat anda sudah tidak kuat berteriak misal anda terjebak dalam bencana alam di tempat tujuan.

7. Waspada Penipuan

Wspd penipuan - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Banyak sekali tidak penipuan dalam perjalanan yang dikemas dalam kesopanan dan iming-iming perlindungan. Maka sebelum anda melakukan perjalanan anda harus melakukan persiapan yang matang.

Tidak hanya persiapan perjalanan namun analisis apa saja yang mungkin terjadi dan cara mengatasinya di tempat tujuan. Serta jangan mudah percaya dengan orang yang baru anda temui dan baru anda kenal. Jadi saat anda mengalami kesulitan, anda tidak akan jatuh ke tangan penipu. Contohnya para penipu biasanya menyamar sebagai polisi yang meminta denda dan lain-lain.

8. Berhati-hati dengan Pencurian

pencurian - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Selain penipuan, anda juga harus berhati-hati dengan penipuan. Tips dan trik menghindari bahaya travelling berikutnya yakni menghindari pencurian. Biasanya pencurian terjadi saat anda dalam perjalanan berangkat, di tempat wisata dan perjalanan pulang. Traveller merupakan target yang paling banyak diincar. Pencuri akan mengikuti anda dan menunggu kesempatan untuk melancarkan aksinya.

Cara untuk menghindari pencurian ini adalah anda harus memegang erat barang berharga anda saat ada di tempat ramai. Anda juga bisa menggunakan peralatan keamanan seperti tas atau sabuk untuk menyimpan barang berharga. Sangat direkomendasikan pula untuk tidak mengenakan dan membawa perhiasan secara berlebihan.

9. Gunakan Transportasi Umum

trans umum - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Tips dan trik menghindari bahaya travelling selanjutnya adalah menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan transportasi umum seperti bus anda bisa berkeliling dengan aman dan nyaman dan terhindar modus penipuan taksi.

Naik transportasi umum juga akan membantu anda terhindar dari kondisi jalan dan lalu lintas yang masih asing. Namun anda harus tetap mempelajari panduan untuk menaiki transportasi umum di tempat liburan anda. Serta membaca informasi keselamatan yang diberikan oleh otoritas transportasi setempat. Demi menghindari kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

10. Hindari Pesta dan Hiburan Malam

night party - tips dan trik menghindari bahaya travelling

Menghindari pesta dan hiburan malam adalah tips dan trik menghindari bahaya travelling yang wajib anda lakukan. Sebab tidak ada yang menjamin keamanan anda dalam pesta dan hiburan malam tersebut, apalagi di tempat asing yang belum pernah anda kunjungi.

Jika anda terpaksa harus pergi kesana maka anda harus memperhatikan keselamatan anda dengan cara tidak menerima minum dan makan dari orang asing. Sangat disarankan untuk anda tidak minum alkohol berlebihan yang membuat anda mabuk berat hingga tidak sadarkan diri. Kondisi ini tentu akan membuat anda menjadi mangsa empuk orang jahat.

Baca Juga : 9 Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Tubuh yang Bisa Diri Anda Rasakan

Apakah Anda Sudah Siap Travelling?

Demikian tips dan trik menghindari bahaya travelling yang telah diulas secara lengkap. Anda juga bisa menambahkan dan memodifikasi tips dan trik tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Semoga tulisan ini dapat membantu anda yang tengah mempersiapkan perjalanan untuk meningkatkan keamanan anda. Selamat mencoba!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *