Travelling merupakan kegiatan yang sangat dinanti dan diagendakan semua orang untuk melepas penat dan stress kehidupan sehari-hari. Sebelum perjalanan dimulai tentu anda harus melakukan persiapan yang matang agar travelling anda berjalan dengan aman, nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga : 9 Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Tubuh yang Bisa Diri Anda Rasakan

Termasuk menyiapkan kesehatan tubuh sebelum dan selama perjalanan yang anda tempuh. Mari simak cara menjaga kesehatan traveller dibawah ini agar anda persiapan anda semakin matang.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Traveller

Ada banyak cara menjaga kesehatan traveller selama perjalanan. Berikut beberapa cara yang bisa anda praktikan dalam persiapan dan perjalanan anda.

1. Check Up ke Dokter Sebelum Perjalanan

checkup - cara menjaga kesehatan traveller

Cara menjaga kesehatan traveller yang pertama bersifat preventif yakni melakukan check up ke dokter sebelum perjalanan. Hal ini sangat penting untuk memastikan anda dalam kondisi prima. Jika kesehatan anda menurun tentu akan sangat mengganggu liburan anda.

Dengan check up, anda dapat mendeteksi adanya potensi penyakit yang mungkin akan kambuh. Jadi anda bisa mempersiapkan obat apa saja yang harus anda bawa dalam perjalanan. Anda juga bisa bersiap mengumpulkan data dokter atau klinik di tempat tujuan sewaktu-waktu penyakit khusus anda kambuh di tengah perjalanan.

2. Memilih Tujuan yang Aman

tujuan aman - cara menjaga kesehatan traveller

Setelah memastikan kondisi anda prima, cara menjaga kesehatan traveller yang kedua adalah memilih tujuan yang aman. Anda harus mempertimbangkan tempat tujuan travelling anda tidak hanya dari keindahan objek wisata. Anda bisa memeriksa bagaimana iklim dan cuaca disana. Apakah musim dinginnya sangat ekstrim, adakah potensi badai dan angin topan atau musim panas yang membakar.

Selain itu anda harus up to date dengan berita kesehatan yang ada dalam daerah atau negara tersebut. Anda harus memeriksa keadaan disana, apakah ada pandemik yang sedang merebak. Apakah jenis penyakit menular sering muncul disana sehingga anda bisa melakukan imunisasi yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah daerah atau negara yang aman untuk kesehatan anda agar anda dapat kembali dengan keadaan baik dan membawa pengalaman yang menyenangkan.

3. Imunisasi

imunisasi - cara menjaga kesehatan traveller

Masih bersifat preventif, cara menjaga kesehatan traveller selanjutnya adalah imunisasi. Imunisasi sangat penting untuk mencegah penyakit menular yang ada di tempat tujuan. Contoh di Afrika atau Amerika Selatan mewajibkan wisatawan mendapat vaksin demam kuning atau obat pencegah malaria setidaknya tujuh hingga sepuluh hari sebelum mereka pergi.

Maka sangat penting bagi anda memeriksa status kesehatan di daerah atau tempat tujuan. Apakah ada pandemik yang sedang merebak atau pandemik lokal yang biasa muncul di tempat tersebut. Jadi anda bisa melakukan imunisasi dengan tepat.

4. Olahraga

olahraga - cara menjaga kesehatan traveller

Cara menjaga kesehatan traveller berikutnya adalah olahraga. Bagi anda yang telah menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas tentu anda tidak akan asing melakukan olahraga setiap hari. Namun bagi anda yang jarang berolahraga maka sangat disarankan untuk anda memulai olahraga jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Olahraga akan membantu meningkatkan stamina anda sehingga anda tidak akan mudah lelah dalam perjalanan. Apalagi jika perjalanan anda membutuhkan waktu yang lama dan medan yang sulit dilalui. Sesampainya di tempat tujuan anda juga bisa melakukan olahraga kecil untuk menjaga stamina anda. Semua hotel pada umumnya telah menyediakan gym untuk anda berolahraga selama liburan. Anda dapat memanfaatkan fasilitas gym ini untuk mempertahankan stamina anda atau jogging di sekitar hotel.

5. Membawa Obat-Obatan

medicine - cara menjaga kesehatan traveller

Anda sangat direkomendasikan untuk membawa obat-obatan sendiri terutama jika anda memiliki penyakit khusus. Selama perjalanan anda mungkin tidak akan menemui kotak p3k atau toko obat. Apalagi jika rute yang anda tempuh jauh dari pusat kota dan jalan raya. Maka anda harus bersiap dengan obat-obatan sebagai langkah preventif untuk kesehatan dan keamanan anda.

6. Siapkan Alas Kaki yang Nyaman

alas kaki - cara menjaga kesehatan traveller

Memilih alas kaki yang nyaman mungkin terlihat sepele namun ternyata ini sangat penting dan masuk dalam jajaran cara menjaga kesehatan traveller. Alas kaki yang nyaman akan melindungi kaki anda selama perjalanan dari benda-benda asing, lecet dan pegal. Maka anda harus menyiapkan alas kaki yang nyaman sesuai dengan medan travelling anda.

Anda juga sangat disarankan untuk selalu menggunakan alas kaki atau sepatu dimanapun anda berada. Hal ini untuk mencegah anda terluka dan terkontaminasi bakteri.

7. Rajin Cuci Tangan

cuci tangan - cara menjaga kesehatan traveller

Cara menjaga kesehatan traveller berikutnya adalah rajin mencuci tangan. Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat rawan membawa virus dan bakteri karena kita menggunakan tangan untuk menyentuh apapun. Tanpa sadar kita menyentuh semua benda yang tanpa tahu kebersihannya terutama fasilitas umum yang digunakan semua orang.

Maka sangat diwajibkan bagi anda traveller untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah menyentuh fasilitas umum dan saat kembali ke penginapan. Anda juga disarankan untuk tidak menyentuh area wajah seperti mulut, hidung dan mata jika anda belum mencuci tangan.

Anda juga bisa membawa sabun kemanapun anda pergi untuk berjaga-jaga jika anda tidak dapat menemukan sabun untuk mencuci tangan. Agar lebih praktis anda bisa membawa hand sanitizer di dalam tas sehingga anda bisa membersihkan tangan anda setiap saat.

8. Minum Air Mineral

minum air - cara menjaga kesehatan traveller

Cara menjaga kesehatan traveller selanjutnya yakni, stay hydrated, anda harus banyak minum agar tidak dehidrasi. Minum air mineral atau air putih sangat penting bagi kesehatan kita. Anda sangat disarankan untuk tidak minum minuman bersoda, berkafein atau beralkohol selama perjalanan.

Masing-masing minuman tersebut memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh anda. Contohnya minuman bersoda. Saat anda berada dalam pesawat, terjadi perubahan tekanan udara yang bisa membuat jumlah gas dalam tubuh meningkat 25%. Jika anda minum minuman bersoda sebelum atau selama di pesawat maka anda akan merasa pusing, mual, dan terus bersendawa.

Anda cukup membutuhkan air mineral untuk stay hydrated dan melepas dahaga. Akan lebih baik lagi jika anda minum air hangat yang akan melegakan tenggorokan anda.

9. Menjaga Asupan Makanan

asupan makanan - cara menjaga kesehatan traveller

Makanan adalah bagian penting dalam cara menjaga kesehatan traveller. Sebelum maupun saat dalam perjalanan anda harus bisa menjaga asupan makanan anda. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi dan serat seperti sayuran dan buah serta terjamin kebersihannya.

Saat dalam perjalanan pastikan anda tidak jajan makanan sembarangan di pinggir jalan. Anda harus bisa menahan diri untuk tidak menyantap makanan yang menjadi alergi dan pemicu penyakit anda jika ada. Sangat direkomendasikan untuk menghindari makanan yang sangat pedas atau sangat asam untuk kebaikan pencernaan anda.

Anda juga harus makan tepat waktu untuk menghindari maag dan lemas saat perjalanan. Bawalah makanan kecil di dalam tas sebagai cadangan dalam perjalanan saat anda kelaparan dan tidak menemukan penjual makanan. Jika diperlukan anda bisa menambah konsumsi multivitamin untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh anda.

10. Istirahat

istirahat - cara menjaga kesehatan traveller

Tak jarang banyak orang yang menyepelekan istirahat. Padahal istirahat adalah hal vital dalam hidup manusia. Sebagian besar waktu kita dihabiskan dalam tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan melakukan fungsi-fungsi metabolisme yang hanya bisa dilakukan saat tertidur.

Cara menjaga kesehatan traveller yang satu ini harus anda perhatikan dengan baik karena saat anda tidak mendapat istirahat yang cukup, anda akan kelelahan. Anda bisa kolaps dalam perjalanan dan liburan anda tidak menjadi memori yang menyenangkan. Anda harus disiplin pada waktu tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam selama perjalanan.

Baca Juga : 6 Bahaya Saat Solo Travelling yang Wajib Anda Hindari

Sudahkan Anda Melakukan Tips Cara Menjaga Kesehatan Traveller diatas?

Demikian 10 cara menjaga kesehatan traveller yang telah diulas secara lengkap. Anda bisa menambah cara dari hasil konsultasi dokter bagi anda yang memiliki kondisi khusus. Anda juga dapat melakukan cara lain yang sesuai dengan kesehatan anda sendiri. Semoga tulisan ini dapat membantu anda yang akan melakukan perjalanan ataupun tengah mempersiapkan perjalanan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Health

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *