thumb kul semarang - wisata kuliner terlaku di semarang

Ketika Anda berkunjung ke kota Semarang, jangan pernah melewatkan untuk mencoba berbagai kuliner khas Semarang. Semarang memiliki beragam kuliner bercita rasa enak dan juga terlaku di pasaran.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Kuliner Bogor Yang Wajib Kamu Cobain

Wisata kuliner Semarang mungkin bisa Anda temukan di kota lain, namun olahan dan rasanya pasti berbeda. Oleh sebab itu, Anda wajib cobain 10 kuliner Semarang di bawah ini.

Berikut Wisata Kuliner Terlaku di Semarang

1. Lunpia Gang Lombok

Kuliner tradisional Semarang yang satu ini pasti akan masuk ke dalam list teratas untuk Anda yang ingin berkunjung ke Semarang. Kota Semarang dan Lumpia takkan bisa terpisahkan dan seperti sahabat karib. Oleh karena itu, Semarang memiliki julukan Kota Lumpia.

Loenpia Gang Lombok merupakan gerai tertua yang menjual kuliner lumpia terlaku di Semarang. Di gerai ini, tersedia 2 jenis lumpia, yaitu lumpia goreng dan lumpia basah. 

Lumpia mempunyai isian yang terdiri dari saus petis dan rebung, sehingga menghasilkan rasa khas Semarang yang cukup melekat. Namun, di gerai ini tersedia variasi isian lumpia seperti ayam dan udang.

Bagi Anda yang ingin membawa kuliner lumpia terlaku di Semarang ini sebagai oleh-oleh. Anda bisa membeli lumpia goreng yang bisa bertahan selama 3 hari. Sedangkan lumpia basah hanya dapat bertahan dalam 24 jam saja.

Semua lumpia di gerai ini terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet serta diolah secara tradisional. Sehingga menghasilkan lumpia dengan cita rasa khas dan terjaga keasliannya.

Kuliner lumpia terlaku di kota Semarang ini berlokasi di Jalan Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Semarang Tengah. Buka dari pukul 08.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

2. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah soto ayam kampung khas kota Semarang. Nama rumah makan ini terinspirasi dari lokasi perempatan jalan area warung soto ini berada. Konon, dahulu di perempatan ini ada banyak kodok, sehingga para pelanggan menyebutnya Soto Bangkong yang berarti kodok dalam bahasa Jawa.

Kuliner soto terlaku di Semarang ini mempunyai rasa yang autentik dari kecap produksi langsung si pemilik warung. Selain itu, bahan daging ayam kampung membuat rasa soto semakin enak dan gurih.

Soto Bangkong mempunyai tampilan yang bening. Isian soto terdiri dari mi soun, tomat, tauge, dan suwiran daging ayam kampung yang lembut dan juga melimpah. Anda akan merasakan cita rasa segar dan gurih yang sangat pas berpadu dengan semua bahan isiannya.

Awalnya warung kuliner soto terlaku ini hanya ada di Semarang, namun saat ini sudah memiliki cabang di Jakarta. Tepatnya berlokasi di kawasan Kelapa Gading dan Pakubuwono.

Sedangkan warung Soto Ayam Bangkong di Semarang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso Nomor 1, Karang tempel, Kecamatan Semarang Timur. Mulai buka pukul 07.00 sampai 22.00 WIB.

3. Nasi Gandul Pak Memet

Kuliner terlaku di Semarang selanjutnya adalah Nasi Gandul. Sebenarnya kuliner ini adalah kuliner khas Pati, provinsi Jawa Tengah. Namun juga banyak tersedia di Semarang dan warung makan yang paling terkenal adalah Nasi Gandul Pak Memet.

Olahan nasi hangat bersama sajian lauk seperti jeroan dan daging sapi serta kuah santan yang sangat khas. Penyajian Nasi Gandul biasanya menggunakan daun pisang untuk alasnya. Daun pisang tersebut menjadi ciri khas dari kuliner Nasi Gandul dan menambah aroma yang harum.

Sebagian besar pelanggan kuliner terlaku di Semarang ini akan menambah sampai 2 atau tiga porsi. Walaupun hanya berlokasi di sebuah tenda sederhana, namun warung makan ini tidak pernah sepi pelanggan. Oleh sebab itu, Anda harus bersiap untuk mengantre bersama pelanggan lainnya.

Nasi Gandul Pak Memet berada di Jalan Dokter Cipto Nomor 12, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur. Buka sejak pukul 04.30 WIB dan tutup pukul 21.30 WIB.

4. Es Puter Cong Lik

Kuliner di Semarang dengan harga murah dan terlaku ini bernama Es Puter Cong Lik. Tersedia berbagai varian rasa seperti alpukat, kelapa, coklat, dan durian. Ketika menjelang bulan Ramadhan tersedia varian rasa lain seperti sirsak, blewah, nangka, kacang hijau, dan juga leci.

Awal mula nama kuliner ini berasal dari singkatan dari julukan penjual oleh para pelanggannya. Cong Lik adalah singkatan dari Kacung Cilik. 

Selain itu kuliner es puter terlaku di Semarang ini juga dinamakan es dung dung, karena terbuat dari santan. Kuliner legendaris ini mempunyai tekstur yang agak kasar serta perpaduan sensasi rasa asin dan juga manis.

Warung Es Puter Cong Lik berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Dahlan Nomor 11, Karangkidul, Kecamatan Semarang Tengah. Mulai buka pukul 18.00 sampai pukul 23.30 WIB.

5. Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu gimbal merupakan salah satu kuliner terlaku di Semarang yang menggunakan bakwan udang dan tahu goreng sebagai bahan utamanya. Kata gimbal berasal dari istilah udang bagi warga Semarang. Satu porsi tahu gimbal yang lezat ini dapat Anda pesan dengan tingkat rasa pedas yang berbeda.

Adonan bakwan bercampur dengan udang, kemudian bakwan dan tahu goreng dipotong dengan ukuran yang kecil. Selanjutnya ada tambahan irisan kol, telur, lontong dan kubis serta siraman saus kacang yang lezat. Itulah penyajian seporsi tahu gimbal.

Warung kuliner tahu gimbal terlaku di Semarang ini beralamat di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kota Semarang. Buka dari pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 23.00 WIB.

6. Mie Siang Kie

Kuliner legendaris Semarang Mie Siang Kie berada di Gang Lombok. Khusus untuk Anda yang hobi menyantap varian hidangan mie dapat langsung ke lokasi kedai ini. Kedai ini telah berdiri sejak zaman kolonial.

Kuliner mie terlaku di Semarang ini memiliki banyak pelanggan setia. Menu andalan di kedai ini adalah Mie Godog atau Mie rebus. Dalam seporsi Mie Godog terdiri dari mie, kekian, dan potongan kecil telur dadar. Semua bahan tersebut disajikan dengan kuah hangat yang sangat nikmat.

7. Gulai Kambing Bustaman

Kota Semarang juga memiliki sajian gulai yang legendaris, yaitu Gulai Kambing Bustaman yang buka sejak tahun 1969. Sebelum Anda menikmati sajian ini, Anda dapat berjalan-jalan sejenak di kawasan Kota Lama. Warung makan ini berlokasi di belakang Gereja Blenduk.

Kuliner gulai kambing terlaku di Semarang ini memiliki ciri khas kuah yang encer, tetapi pasangan tetap gurih. Bagi Anda yang gemar dengan masakan berbahan dasar kambing pasti puas dengan sajian ini lengkap dengan potongan jeroannya.

Satu porsi gulai kambing ini cukup besar, sehingga bisa Anda santap bersama pasangan jika tidak terlalu lapar. Selain itu, Anda wajib menambahkan potongan bawang merah mentah dan air perasan jeruk nipis supaya rasa gulainya semakin lezat.

8. Bakmi Jawa Pak Ateng

Kuliner terlaku di Semarang berikutnya adalah Bakmi Jawa Pak Ateng yang selalu ramai pelanggan. Sehingga, Anda harus siap mengantre saat ingin menikmati kuliner legendaris yang satu ini.

Bakmi Jawa Pak Ateng mampu menjaga konsistensi rasa selama bertahun-tahun. Rasa khas bakmi Jawa ini berasal dari kuah kaldu ayam kampung yang dimasak menggunakan kompor tradisional atau anglo. Satu porsi bakmi lengkap dengan suwiran daging ayam kampung, sayuran, dan telur.

9. Lekker Paimo

Kuliner Kue Lekker terlaku di Semarang ini mempunyai rasa dan bentuk yang unik. Berlokasi di Jalan Karanganyar Nomor 37 atau di seberang gedung SMA Kolese Loyola.

Kue Lekker yang tersedia disini bercita rasa asin dengan isian telur, sosis, dan juga keju. Kuliner unik ini mempunyai banyak pelanggan yang rela mengantre untuk menikmati kue Lekker Paimo.

10. Soto Kudus Mbak Lien

Kuliner terlaku di Semarang yang terakhir adalah Soto Kudus Mbak Lien. Warung soto ini beralamat di Jalan Ki Mangunsarkoro dan sudah buka sejak pukul 07.00 WIB. 

Sajian soto Kudus ini mempunyai cita rasa yang khas. Anda bisa menikmatinya bersama sate kerang, tempe, atau sate paru. Satu porsi soto Kudus harganya hanya Rp8.500,- saja. Sangat murah bukan?

Baca Juga : Destinasi Kuliner Di Bandung Yang Wajib Kamu Cobain!

Semakin Penasaran dengan Kuliner Terlaku di Semarang?

Kota Semarang memang kaya dengan beragam kuliner yang memiliki rasa yang lezat dan bercita rasa khas. Semoga 10 rekomendasi kuliner terlaku di Semarang tersebut bisa menjadi referensi Anda saat berkunjung ke Semarang.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Kuliner

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *