Hai, sobat travellers! Saat travelling tak lengkap rasanya kalau tak icip-icip kulinernya, kan? Selain pengalaman akan suasana baru, makanan selalu jadi buruan para travellers, mulai dari yang kekinian hingga yang melegenda. Dengan pergi ke kota lain, kamu bisa cari dan mencoba sensasi rasa kuliner baru yang belum pernah kamu temukan dan rasakan di kota asalmu.

Baca Juga : Destinasi Wisata Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Cobain 

Nah, kota yang sering jadi incaran para travellers salah satunya adalah Bandung. Kota ini merupakan salah satu surganya kuliner Indonesia. Banyak sekali tempat kuliner legendaris di Bandung yang patut jadi daftar kunjungan kamu saat singgah di Paris Van Java ini. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Sumber Hidangan

sumber hidangan - kuliner legendaris di bandung

Tempat kuliner legendaris di Bandung ini lokasinya di Jalan Braga No. 20-22. Para pecinta kuliner jadul wajib jajal menu makanan di tempat yang sudah berdiri sejak 1929 ini. Apalagi setelah lelah seharian menikmati tempat wisata di Bandung, tempat ini sangat cocok untuk mengobati rasa lapar dan dahaga para karena menyajikan berbagai hidangan yang bercita rasa manis. 

Dulunya, nama tempat ini adalah Het Snoephuis yang artinya toko makanan manis. Konsep bangunannya pun masih original dan belum diubah sejak awal berdirinya. Namun, itulah yang menjadikannya bernuansa klasik bak zaman pemerintahan Belanda dan hingga sekarang pun masih terbilang eksis. Terbukti masih banyaknya wisatawan dan muda-mudi milenial yang mampir ke tempat legendaris ini untuk kulineran.

  • Ragam Roti Jadul yang Lezat

Di sini, banyak tersaji aneka macam roti jadul yang membuat penikmatnya merasakan sensasi nostalgia. Roti suiker bol adalah primadonanya. Roti sejenis cinnamon roll ini teksturnya sangat lembut disertai aroma kayu manis yang khas. Ada pula minuman dan ice cream dalam berbagai varian rasa yang enak dan balance manisnya. 

  • Aneka Kue Kering

Selain itu, kamu juga bisa membawa pulang aneka kue toples. Untuk menu kue, andalannya bokkepoot. Kue tersebut dijual per ons dan rasanya yang manis, teksturnya yang renyah, lelehan coklat dan selai stroberinya dijamin bikin nagih.

  • Bistik

Tak hanya makanan ringan dan manis, di Sumber Hidangan juga disediakan banyak menu makanan berat. Menu makanan berat yang populer dan paling digemari ialah Bistik. Pasalnya, rasa yang masih sangat otentik dari saus dan cita rasa dagingnya yang tender mampu membuat pengunjung terpikat. Bagi yang pengen mampir kesini, harga per porsinya cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp5.000-Rp50.000 per porsinya. Jam buka operasionalnya mulai jam 09.00 – 15.30 WIB pada hari Senin – Sabtu. 

2. Ronde Alkateri

ronde alkateri - kuliner legendaris di bandung

Pecinta ronde si minuman jadul mari ngumpul! Kuliner legendaris di Bandung yang satu ini sudah berusia 37 tahun jika dihitung dari awal berdirinya yakni pada tahun 1984. Dinamakan Ronde Alkateri karena berlokasi di Jalan Alkateri Nomor 8, dekat dengan alun-alun kota Bandung. 

Sebagaimana dikutip dari Grab, cita rasa Ronde Alkateri yang khas mampu menarik minat banyak orang sehingga tiap hari selalu ramai oleh pengunjung. Meskipun ukuran warung terbilang kecil namun pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan kursi. Sebab bagian dapur dan tempat makannya terpisah oleh gang kecil. 

Perpaduan antara kuah jahe, pemanis alami dari gula merah, dan ronde warna-warni yang kenyal sangat pas. Apalagi jika dinikmati malam hari saat udara dingin bikin tubuh terasa lebih hangat. Ukuran ronde juga bisa menyesuaikan pesanan apakah ingin yang ukuran kecil saja, atau besar saja, atau pun campur. Selain nikmat, minuman ronde memang menyehatkan karena kandungan jahenya yang berkhasiat bagi tubuh.

Bagi kamu yang ingin minuman tradisional yang legendaris ini, harga seporsinya Rp 12.000, bisa dinikmati di tempat atau dibawa pulang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 18.00 – 00.00 WIB. Sudah banyak yang membuktikan nikmatnya Ronde Alkateri, apakah kamu salah satunya?

3. Mie Naripan

mie naripan - kuliner legendaris di bandung

Sejak awal berdirinya pada tahun 1965 hingga kini, cita rasa Mie Naripan memang sudah tidak diragukan lagu. Pasalnya resep mie yang dipakai sudah turun-temurun hingga generasi sekarang dan masih sangat digemari. Oleh karena itu, jika kamu sedang singgah di Kota Kembang, wajib coba mampir ke warung Mie Naripan.

Dekorasi, properti, dan interiornya pun masih tetap mempertahankan konsep yang sederhana. Sehingga nuansa ‘jadoel’ sangat terasa saat kamu memasuki bagian dalam warung. Tapi kalau soal rasa jangan ditanya, tidak mungkin tidak enak jika antrian pengunjungnya panjang. Mie Naripan memiliki cita rasa yang berbeda dengan mie pada umumnya. Ragam menu Mie Yamin yang jadi idola di warung ini banyak variasinya dan jumbo porsinya. Ada varian mie bakso, mie pangsit, mie babat, hingga toping keju yang melimpah. 

Bagi kamu yang ingin menu lain selain mie, kamu juga bisa coba nasi goreng, bakso, bubur ayam, bihun, dan yahun. Sedangkan pilihan minumannya hanya ada dua, yaitu soda dan jus. Eits, tapi Mie Yamin ini tidak diperuntukkan bagi orang muslim ya, karena terdapat bahan non-halal di dalamnya. Harga per porsinya sekarang mulai dari Rp 35.000. Lokasinya berada di Jalan Naripan, Kabupaten Pisang, Kota Bandung. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 22.00 WIB.

4. Lotek Kalipah Apo 42

lotek - kuliner legendaris di bandung

Dengan bangunan model lawas yang tetap terjaga keasriannya. Makin menarik minat pengunjung yang rela antre di depan loket kasir. Selain muda-mudi generasi Z, masih banyak orang lanjut usia yang setia menjadi pelanggan warung ini. Kelezatan lotek masih terjaga dan tidak berubah sejak awal didirikannya pada kisaran tahun 1953 lalu, dari olahan dapur rumahan hingga kini sudah turun temurun dari generasi ke generasi. Maka dari itu, tak heran jika Lotek Kalipah Apo 42 masuk dalam nominasi tempat kuliner legendaris di Bandung yang masih banyak digandrungi.

Ternyata, tak hanya lotek yang jadi menu andalan, warung legendaris ini juga memiliki banyak pilihan menu lain yang akan memanjakan lidah kamu. Aneka menu seperti gado-gado, laksa ayam, lontong kari ayam, bihun, aneka rujak dan beberapa camilan seperti tahu goreng, kolak, aneka bubur dan minuman segar dengan berbagai varian rasa dan toping isiannya. Harga yang ditawarkan juga tak banyak menguras isi dompet, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 36.000.

Walau restorannya terbilang tidak terlalu besar, rasa kulinernya masih luar biasa dan masih terjaga, apalagi tempatnya bersih dan dekat pusat kota. Tepatnya di Jl. Kalipah Apo No. 42, Astana Anyar, Bandung. Untuk kamu yang mager keluar rumah untuk mampir langsung ke Lotek Kalipah Apo 42 bisa tetap merasakan sensasi kulinernya, melalui aplikasi ojol favorit di smartphone kesayangannya. 

5. BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

bmc - kuliner legendaris di bandung

Pusat susu masa kolonial ini masih eksis sampai sekarang dan telah menjadi salah satu tempat kuliner legendaris di Bandung, si Kota Wisata. BMC (Bandoengsche Melk Centrale) atau yang sering dikenal dengan Pusat Susu Bandung berdiri sejak tahun 1928 yang didirikan oleh The Dutch Boers dari Afrika Selatan. The Boers juga terkenal karena telah membuka perkebunan di Pangalengan, Lembang. Kala itu, BMC adalah pusat susu pertama di Bandung.

Hingga kini, BMC masih eksis di tengah kota Bandung dengan menu-menu andalannya. Beberapa pilihan minumannya antara lain seperti Susu murni, Milkshake, Aneka olahan yogurt, Tiramisu, Teh masala, Es krim, Aneka kue, Susu kambing, Aneka varian jus, Pina Colada, dan Shalimar. Disini juga tersedia aneka menu makanan yaitu Sup buntut, Gado-gado, Nasi bakar, Nasi pepes, Gulai, Nasi liwet, Kentang goreng, Risoles, Makaroni panggang, dan Crepes

Mulai dari Rp 5.000–Rp 50.000, kamu bisa menikmati aneka santapan lezat di salah satu tempat kuliner legendaris di Bandung ini. Kamu juga bisa datang kesini dari pukul 08:00 – 23:00 setiap harinya. Beralamat di BMC (Bandoengsche Melk Centrale) Jln. Aceh No.30, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung. BMC juga membuka beberapa cabang, salah satunya ada di Paris van Java (PVJ).

Baca Juga : 7 Tempat Makan di Jogja yang Kekinian dan Cocok untuk Kaum Milenial

Nah, itu dia 5 rekomendasi tempat kuliner legendaris di Bandung yang patut kamu masukkan daftar kunjungan kalau mampir ke Kota Kembang. Sudah tidak diragukan lagi kan, kalau kota metropolitan terbesar di Jawa Barat ini menjadi destinasi paling favorit. Terutama bagi penikmat kuliner. Yang memburu bermacam jenis kuliner dari makanan berat, makanan tradisional khas Kota Bandung, sampai jajanan kekinian yang tersebar di seluruh pelosok. Dari food court, mall, rumah makan, sampai pinggiran jalan menjadi titik penyebaran kuliner di Bandung. Kota ini juga kaya akan kuliner yang melegenda dan jadi incaran para turis luar negeri sampai turis domestik. Mungkin salah satu dari 5 rekomendasi di atas dapat menjadi daya tarik kamu untuk mencobanya. Have a nice holiday!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Kuliner

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *