thumbnail makanan khas korea - makanan khas korea

Korea Selatan telah berhasil menjadi salah satu negara yang memiliki banyak fans terutama di kalangan anak muda. Selain karena hiburan musik, film, dan drama Korea, banyaknya makanan khas Korea yang lezat adalah alasan lain mengapa Negara Gingseng ini sangat populer.

Baca Juga : 9 Jajanan Enak Khas Bandung yang Paling Digemari

Bahkan, ada sejumlah makanan Korea yang sudah terkenal dan dipasarkan di berbagai negara termasuk Indonesia lho, misalnya saja kimchi dan tteokbokki. Tapi bukan dua makanan ini saja, masih ada banyak lagi makanan lezat Korea yang sayang untuk dilewatkan. Coba cek daftar di bawah ini yuk!

Berikut Daftar Makanan Khas Korea

Berbagai makanan Korea yang lezat dalam daftar di bawah ini bisa dengan mudah kamu temukan di hampir seluruh sudut Korea terutama di wilayah Seoul, mulai dari pedagang kaki lima di sepanjang gang sempit hingga restoran berkelas di dalam hotel bintang 5.

1. Kimchi

Salah satu hidangan khas paling tua dan termasuk terpenting dalam sejarah masakan Korea adalah kimchi, yang memiliki cita rasa pedas dan asam dengan bahan baku sayuran yang difermentasi.

Hidangan ini sebenarnya bisa dibuat dari berbagai macam sayuran segar, seperti lobak, sawi, dan timun, tapi bahan yang paling umum digunakan adalah kubis. Sedangkan bumbu yang diberikan biasanya berupa bawang bombay, pasta udang, jahe, cabai, bawang putih, dan saus ikan.

Sejumlah alasan mengapa kimchi cukup populer di kalangan orang asing adalah rasanya yang unik dan dianggap memiliki nilai gizi dan serat yang tinggi serta rendah kalori.

2. Japchae

Sering sekali disebut dalam drama Korea, japchae adalah hidangan berbahan dasar mie tradisional Korea (mie dari tepung ubi jalar) yang dicampur dengan sejumlah sayuran seperti jamur, lobak, mentimun, dan jamur shiitake, kemudian ditambah potongan daging sapi dan disiram dengan sedikit kecap berbumbu.

Makanan ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur mie yang kenyal namun lembut. Tergantung pada si koki, hidangan ini kadang juga diberi taburan wijen. Biasanya, orang Korea menjadikan japchae sebagai salah satu lauk saat makan malam atau makan siang terutama saat musim panas.

3. Kimbab

Jika di Jepang, hidangan yang satu ini lebih akrab dengan nama Sushi. Sedangkan orang asli Korea biasa menyebutnya kimbab dengan Yachae Kimbap, yang berarti kimbap isi sayuran dan merupakan kimbap paling dasar di Korea.

Meskipun namanya mengarah pada sayuran, tapi isinya ternyata bukan 100 persen sayuran lho. Selain nasi putih dan sejumlah jenis sayuran seperti wortel, daun bayam, dan timun, Yachae Kimbap juga berisi potongan daging, ikan, dan telur, yang kemudian digulung dengan rumput laut kering.

Orang Korea biasa memakan kimbap bersama dengan irisan acar lobak kuning, bukan dicelup ke saus seperti sushi gulung. Tapi ada juga yang menyantapnya hanya dengan kecap asin. Jika kamu perhatikan, nasi gulung yang satu ini menjadi salah satu hidangan yang wajib dibawa saat orang Korea pergi piknik.

4. Bibimbap

Makanan khas Korea lain yang menarik untuk dicoba adalah bibimbap. Hidangan yang satu ini mengenyangkan dan bergizi serta dapat disajikan sebagai hidangan vegetarian atau berbasis daging.

Bibimbap yang paling umum terdiri dari nasi hangat yang ditata rapi dengan sejumlah sayuran di atasnya, diberi potongan daging ayam atau sapi, telur mata sapi setengah matang, dan menggunakan pasta cabai serta kecap asin sebagai bumbu.

Sedangkan untuk pecinta seafood bisa memesan bibimbap dengan variasi daging tuna, salmon, atau gurita. Jika di Indonesia, penataan bibimbap mirip seperti bubur ayam, tapi orang Korea wajib untuk mengaduknya sebelum dimakan, tidak seperti bubur ayam yang bisa diaduk ataupun tidak.

5. Jjajangmyeon

Makanan yang terlihat seperti mie tapi berwarna sangat hitam yang biasa kamu lihat di drama Korea ini disebut dengan Jjajangmyeon. Banyak yang mengira bahwa warna hitam ini berasal dari tinta cumi, padahal bahan aslinya hanyalah saus kedelai hitam lho.

Sedangkan bahan dari mie Jjajangmyeon adalah tepung terigu putih yang direbus, memiliki tekstur kental, dan rasa yang tidak pedas. Lauk yang biasa disajikan bersama Jjajangmyeon adalah acar lobak kuning dan irisan daging sapi atau ayam.

6. Tteokbokki

Sudah sering dengar namanya tapi belum pernah makan? Sebagai gambaran, tteokbokki adalah camilan tradisional Korea yang dibuat dari bahan dasar kue beras yang direbus dalam bentuk silinder kemudian dicampur dengan kue ikan, bawang bombay, bawang putih, dan dilumuri dengan saus cabai pedas manis.

Ada juga yang menambahkan taburan keju, diberi mie, atau pun telur rebus setengah porsi. Camilan populer ini paling banyak dijual oleh pedagang kaki lima dan kebanyakan peminatnya adalah anak sekolah.

7. Bulgogi

Bulgogi adalah makanan khas Korea yang terdiri dari irisan tipis sirloin daging sapi yang sudah dimarinasi (diasinkan), kemudian dimasak bersama potongan paprika hijau, irisan bawang merah, dan bawang putih menggunakan kompor arang, sehingga menghasilkan rasa berasap yang sangat khas.

Tapi sebelum dipanggang, daging akan direndam dulu selama sekitar 2-4 jam dalam campuran saus kecap, lada hitam, minyak wijen, gula, bawang putih, jahe, serta bawang merah yang sudah dihaluskan.

Saat sudah matang, hidangan bercita rasa manis ini biasa disajikan bersama sayuran berdaun hijau segar seperti bayam atau selada yang berfungsi pembungkus daging kemudian dicelupkan ke kimchi atau ssamjang (pasta pedas) untuk menambah cita rasa pedas.

8. Sundubu-jjigae

Ada banyak jenis jjigae di Korea Selatan, dan salah satu yang paling terkenal adalah sundubu-jjigae. Orang asli Korea biasa memakan sundubu-jjigae sebagai hidangan penutup setelah menyantap hidangan yang lebih berat.

Sundubu-jjigae adalah hidangan sup panas yang biasa disajikan dalam wadah mangkuk batu besar dengan bahan utama tahu putih rebus bercita rasa pedas yang dicampur dengan potongan jamur, sayuran lain, pasta cabai, dan bisa ditambah dengan daging sapi, babi, atau ikan laut.

Tergantung pada tempat yang menjual dan wilayahnya, ada beberapa bahan dalam sundubu- jjigae yang dihilangkan dan diganti bahan lain. Tapi meskipun ada variasi berbeda, biasanya telur setengah matang atau bahkan mentah selalu hadir sebagai topping di atasnya.

9. Seolleongtang

Sup panas lain yang kerap muncul di drama Korea adalah Seolleongtang alias sup tulang sapi. Selain tulang, sup ini juga berisi potongan daging sapi, daging sapi bagian sandung lamur (brisket) yang dibumbui lada hitam, garam, dan daun bawang atau bawang putih cincang.

Seolleongtang memiliki ciri khas kuah berwarna putih susu dan agak keruh, yang biasa disantap bersama nasi putih hangat. Daging sapi dalam seolleongtang memiliki tekstur yang lembut tapi juga kenyal, dan aroma kaldunya sangat terasa.

10. Miyeok Guk

Miyeok Guk atau lebih akrab dengan nama sup rumput laut adalah salah satu makanan khas Korea yang wajib ada saat orang Korea sedang berulang tahun. Sesuai namanya, bahan dasar hidangan ini adalah rumput laut dan berbagai sayuran laut yang dicampur dengan daging sapi atau kerang.

Namun di sejumlah daerah di Korea, misalnya di Pulau Jeju, campuran daging dalam miyeok guk adalah galchi (ikan sabuk), ikan pipih (gajami), nila, atau ikan biksu (agu).

Alasan mengapa hidangan ini dikenal sebagai sup ulang tahun adalah kebiasaan para ibu Korea pada zaman dulu yang selama berminggu-minggu setelah melahirkan akan memakan sup ini untuk meningkatkan produksi ASI dan membantu pemulihan pasca melahirkan.

Karena secara tradisional dikaitkan dengan kelahiran, akhirnya miyeok guk menjadi makanan khas saat tanggal kelahiran / ulang tahun orang Korea hingga sekarang.

11. Naengmyeon

Pernah mendengar aktor atau aktris dalam drama Korea memesan mie dingin saat makan? Makanan inilah yang secara lokal disebut dengan Naengmyeon. Bahan utamanya berupa mie panjang dan tipis yang dicampur dengan irisan mentimun, buah pir Korea, telur rebus, dan irisan daging sapi.

Bahan mie ini bukan tepung biasa ya, melainkan tepung ubi, kentang, atau soba, tapi di sejumlah daerah ada juga yang membuatnya dari garut dan kudzu, tergantung dari jenis naengmyeon itu sendiri.

Hidangan ini paling sering dibuat saat musim panas, karenanya disajikan dalam keadaan dingin agar bisa mendinginkan diri diantara lembab dan panas teriknya Korea Selatan.

12. Sup Ayam Ginseng

Hidangan khas musim panas lain di Korea adalah sup ayam ginseng, atau dalam bahasa Korea disebut samgyetang. Semangkuk sup ini berisi ayam rebus berwarna putih dan di bagian dalamnya diisi dengan nasi, jujube, ginseng, dan bawang putih.

Warga asli Korea biasa memakan hidangan ini saat musim panas sebagai salah satu cara untuk menjaga energi dan menyeimbangkan panas tubuh dengan cuaca di luar.

Kalau kamu kira-kira lebih suka makanan khas Korea yang mana nih? Jika suka masakan pedas, sepertinya kamu akan doyan dengan kimchi, tteokbokki, dan sundubu-jjigae.

Baca Juga : Jajanan Hits Anak Yogyakarta Ini Wajib Anda Coba Loh! Bikin Nagih!

Sedangkan untuk pecinta daging, kamu bisa coba bibimbap, bulgogi, seolleongtang, dan samgyetang. Sementara untuk kamu yang hobi makan mie atau sup, bisa coba japchae, Jjajangmyeon, miyeok guk, atau naengmyeon.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Kuliner

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *