Hotel adalah bangunan bertingkat yang digunakan untuk tempat tinggal. Perkembangan jaman mulai semakin maju, begitu pula dengan hotel yang kian mewah fasilitasnya. Hotel menjadi pilihan bagi orang yang sedang berlibur maupun orang sedang bekerja jauh dari rumah.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik, Mana Nih yang Menjadi Andalamu ?

Hotel tentu dibangun oleh sebuah perusahaan maupun perorangan. Mereka membangun hotel dengan fasilitas yang mewah tentu tidak dengan biaya yang murah.

Berikut Daftar 9 Pemilik Hotel Terkaya di Dunia

Hotel dengan biaya yang mahal umumnya memiliki fasilitas mewah yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Setiap harinya mereka mendapatkan pemasukan dari orang-orang yang menyewa hotel mereka. Lalu siapa sajakah mereka?

1. Neil Bluhm

neil bluhm - pemilik hotel terkaya

Pemilik hotel terkaya di dunia yang pertama adalah Neil Bluhm. Neil Bluhm adalah seorang bergelar sarjana hukum yang kemudian melayani klien di sebuah perusahaan yang berada di Chicago. Pengalaman Neil menjadi pengacara menyadarkannya bahwa ia kurang cocok dengan pekerjaan ini. Akhirnya Neil memutuskan berhenti sejenak menjadi pengacara dan mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Reality JMB.

Neil Bluhm akhirnya mendirikan hotel di seluruh wilayah AS dan Kanada. Seiring berjalannya waktu Neil memutuskan untuk membeli saham di Ritz-Carlton dan Hotel Drake di Chicago. Pilihan Neil itu membuatnya menjadi sukses dan membuat ia menjadi pemilik hotel sukses di AS dengan kekayaan bersih sebesar US$ 2,1 Miliar atau jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 29 Triliun  rupiah.

 2. Bill dan Richard Marriott

bill - pemilik hotel terkaya

 Pemilik hotel terkaya di dunia selanjutnya ada Richard Marriott. Sebelum ia memasuki dunia industri perhotelan, Ayahnya adalah J.Willard Marriott pendiri yang mengoperasikan perusahaan minuman keras di seluruh wilayah Washington DC tahun 1920. Seiring berjalannya waktu ia memutuskan untuk mendirikan hotel di Arlington yang bernama Twin Bridges Motor Hotel pada tahun 1957.

Kemudian, anak tertua dari JW.Marriott yang bernama Va J. Willard Bill Jr memutuskan untuk bergabung dengan Richard Marriott. Bill menjadi presiden direktur pada tahun 1964. Hotel yang dikembangkan akhirnya memiliki cabang yang lebih dari 3.700 di 73 negara. Bill akhirnya mencapai kekayaan hartanya sebesar US$ 1,6 Miliar dan jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 22 Triliun rupiah.

Sementara itu saudaranya yakni Richard Marriott berhasil menguasai Host Marriott International-Host Hotels dan Resort. Sejak 1993 hingga saat ini, Richard Marriott sudah memiliki cabang yang jumlahnya lebih dari 100 di seluruh dunia, termasuk Ritz-Carlton San Francisco dan Marquis New York. Melalui dari bisnisnya tersebut, Richard mendapatkan kekayaan bersih sebesar US$ 1,9 Miliar dan jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 27 Triliun rupiah. Kemudian 2 Bersaudara ini dinobatkan sebagai pemilik hotel terkaya di dunia.

 3. Thomas Pritzker

thomas pritzker - pemilik hotel terkaya

Thomas Pritzker merupakan pemilik hotel terkaya di dunia berikutnya. Ia memiliki seorang nenek yang bernama AN Pritzker yang merupakan pendiri jaringan hotel Hyatt. Semasa muda, neneknya telah menjadi CEO dan Ketua Eksekutif Corporation Hyatt yang mengawasi 492 perusahaan properti di seluruh dunia, termasuk Hyatt Grand Resort dan Andaz.

Kemudian Thomas Pritzker mengikuti jejak neneknya dalam berkarir. Neneknya membimbingnya hingga layak mewarisi keahlian sebagai investor profesional. Karena neneknya yang lanjut usia, Thomas Pritzker mewarisi harta neneknya sebesar US$ 2,2 Miliar yang jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 31 Triliun rupiah.

4. Steve Wynn

steve wynn - pemilik hotel terkaya

Pemilik hotel terkaya di dunia yang ke 4 adalah Steve Wynn. Ia pendiri hotel yang bernama Golden Nugget Hotel di Las Vegas. Beberapa tahun mengembangkan hotelnya, ia menyadari semakin ketat persaingan bisnis. Agar hotelnya tidak kalah dalam bersaing dengan hotel-hotel yang lain, ia memutuskan untuk merenovasi hotelnya.

Tidak disangka rencana Steve dalam merenovasi hotelnya membuat ia mendapatkan lebih banyak pengunjung setiap harinya. Dari keberhasilannya yang satu ini membuatnya meraup kekayaan sebesar US$ 2,3 Miliar dan jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 32 Triliun rupiah.

Tidak sampai di situ, selang beberapa tahun kemudian, dia memutuskan untuk mendirikan dua mega resort dengan tipe Mirage 3 ribu kamar dan Bellagio 3,9 ribu kamar. Setelah didirikan dia menjualnya ke MGM dan terakhir mengembangkan beberapa properti mewah yang diberi nama Wynn dan berada di Las Vegas.

 5. Ty Warner

ty warner - pemilik hotel terkaya

Pria yang bernama Ty Warner ini awalnya fokus di perusahaan mainan bernama Beany Baby. Dia terus mempelajari bagaimana caranya agar karirnya sukses selain dari perusahaannya tersebut. Beberapa tahun kemudian dia melihat hotel yang dijual bernama Four Seasons New York seharga US$ 257 juta atau dalam bentuk rupiah sekitar 3,6 Triliun rupiah dan membelinya.

Bahkan dia memutuskan untuk membangun beberapa jaringan hotel dan resort dengan konsep yang mewah, seperti Four Seasons Biltmore Resort di Santa Barbara dan San Ysidro Ranch. Berkat usahanya berkarir di industri perhotelan dia meraup kekayaan sebesar US$ 2,4 Miliar dan jika di ubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 34 Triliun rupiah.

6. Phillip Ruffin

phillip ruffin - pemilik hotel terkaya

Pemilik hotel terkaya di dunia yang selanjutnya adalah Phillip Ruffin. Usaha pertamanya adalah pelayanan bensin di 60 lokasi. Usaha bensinnya memberikan keuntungan yang cukup besar, Namun Phillip ingin mengembangkannya lagi agar lebih besar. Phillip memutuskan untuk membeli sumur minyak dan real estate.

Pada tahun 1994, Phillip memutuskan untuk membeli Hotel New Frontier di Las Vegas. Phillip juga bekerja sama dengan sahabatnya untuk mengembangkan hotel Trump milik mantan presiden Amerika Donald Trump di Las Vegas. Dan sampai sekarang telah mengoperasikan dan mempunyai 13 hotel, termasuk Treasure Island di Las Vegas. Karena keputusannya untuk bekerja sama dengan sahabatnya ia meraup kekayaan sebesar US$ 2,5 Miliar dan jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 35 Triliun rupiah

7. William Barron Hilton

william barron - pemilik hotel terkaya

Seorang putra dari pendiri hotel Conrad Hilton yang bernama William Barron Hilton mengawali karirnya sebagai operator lift di EL Paso Hilton. Menjalani kesehariannya di dalam industri perhotelan ia bertekad untuk mengembang karirnya lebih jauh lagi. Pada tahun 1966 berkat usaha William, ia berhasil menduduki posisi presiden direktur dari perusahaan Hilton secara keseluruhan.

William terus bertekad untuk meningkatkan karirnya. Hingga berkat dari kejelian mentransformasi bisnisnya. Hilton dipatenkan sebagai perusahaan penginapan yang terbesar ketiga di dunia. Perusahaan itu memiliki aset yang senilai US$ 8,7 Miliar atau jika dirupiahkan sekitar 123 Triliun rupiah. Sementara itu William berhasil meraup kekayaan bersih sebesar US$ 2,5 Miliar yang jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 35 Triliun rupiah.

 8. Donald Trump

donald trump - pemilik hotel terkaya

Pemilik hotel terkaya di dunia selanjutnya adalah Donald Trump, mantan presiden Amerika. Pria ini dilahirkan di keluarga yang kaya raya sebagai pengusaha real estate, Fred Trump. Donald Trump tidak terlena akan kekayaan yang dimiliki keluarganya.

Pada tahun 1980 Donald Trump mendirikan hotel Commodore yang kemudian berganti nama menjadi Grand Hyatt New York. Ia mengembangkan usaha Trump International Hotel dan Towers di New York , Las Vegas, Chicago, serta hotel di AS, Panama dan Kanada. Usaha dari pengembangan tersebut membuat Ia meraup kekayaan sebesar US$ 3,1 Miliar yang jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 44 Triliun rupiah.

 9. Sheldon Adelson

sheldon adelson - pemilik hotel terkaya

Pemilik hotel terkaya di dunia yang terakhir adalah Sheldon Adelson. Ia mengawali karirnya menjadi kandidat di dunia politik dan gagal dengan kerugian yang ia tanggung sebesar US$ 150 juta, Meski gagal ia tidak menyerah dalam meneruskan karirnya.

Selang Beberapa tahun kemudian, ia membeli hotel yang bernama Sands Hotel di Las Vegas, pada tahun 1819. Ia terus mengembangkan Sands Corporation yang dibelinya dan meningkat karirnya. Bisnis Sands memiliki portofolio yang meliputi usaha properti di Asia, AS dan ekspansi ke EuroVegas di Madrid.

Dari usahanya tersebut ia akhirnya memiliki resort Palazzo dan Venesia di Las Vegas.  Tidak hanya itu ia juga memiliki resort bernama Marina Bay Sands di Singapura. Berkat usahanya dalam berbisnis hotel, ia akhirnya sukses dan meraup kekayaan bersih senilai US$ 9 Miliar atau jika diubah ke dalam bentuk mata uang rupiah sekitar 128 Triliun rupiah.

Baca Juga : 7 Hotel Bintang Tiga Terbaik di Bandung, dijamin Betah!

Demikian ulasan beberapa pemilik hotel terkaya di dunia. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan memberikan inspirasi untuk anda mengenai dunia perhotelan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Hotel

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *